Manfaat Sayuran dan Jenisnya yang Baik untuk Membantu Mengobati Diare

By On Friday, February 10th, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat sayuran untuk obat diare yaitu dilihat dari jenisnya, seperti jenis sayuran yang mudah dicerna. Jenis sayuran yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan tubuh sangat baik dan dapat membantu menyembuhkan diare. Selain itu juga, sayuran yang tinggi seratnya baik dikonsumsi ketika menderita diare.

Penyakit diare merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Ada beberapa jenis bakteri yang menyebabkan diare seperti bakteri Campylobacter, Salmonella, Shigella dan E. Coli. Selain disebabkan oleh bakteri, diare juga dapat disebabkan oleh parasit dan virus. Penyebab diare seperti bakteri tersebut biasanya akan masuk lewat makanan dan menginfeksi saluran pencernaan seperti usus.

Pada saat menderita penyakit diare biasanya ditandai dengan gejala sakit perut, buang air besar secara terus menerus dengan encernya tinja yang dikeluarkan, perut juga menjadi kram bahkan sampai mual dan muntah. Jika sudah demikian maka segera melakukan tindakan pengobatan agar diare tidak bertambah parah dan berkepanjangan. Untuk membantu mengobati penyakit diare salah satunya bisa mengkonsumsi jenis sayuran yang mudah dicerna, seperti wortel, kentang dan seledri.

manfaat sayuran untuk obat diare

manfaat sayuran dan jenisnya yang baik untuk membantu mengobati diare

Jenis sayuran yang baik untuk penderita diare

Ada banyak jenis sayuran yang bermanfaat dan membantu mengobati diare, namun beberapa jenis sayuran yang tepat dan baik dikonsumsi pada saat menderita diare yaitu jenis sayuran yang mudah dicerna. Berikut ini ada beberapa jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi penderita diare, yaitu :

  1. Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi pada saat menderita diare. kandungan nutrisi dalam wortel seperti serat, antioksidan dan mineral sangat membantu mengobati diare dan aman untuk sistem pencernaan. Selain dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan mata, manfaat lain dari wortel yang tidak kalah penting yaitu untuk kesehatan pencernaan. Jadi, cara mengobati penyakit diare dengan mengkonsumsi wortel akan sangat membantu dan baik untuk sistem pencernaan.

  1. Kentang

Berikutnya yaitu sayuran kentang yang kaya akan vitamin dan mineral, kentang juga sumber serat larut dan tak larut yang baik. Kentang dapat membantu sistem pencernaan, sehingga sangat baik dikonsumsi pada saat menderita diare. Serat kentang yang terdapat pada pati membantu penyerapan gula sederhana dalam usus. Dengan demikian, kentang dapat membantu mengobati diare.

  1. Seledri

Sayuran yang baik dikonsumsi pada saat diare berikutnya yaitu seledri. Daun seledri yang kaya akan kandungan vitaminnya dapat mencegah diare, sehingga sangat baik mengkonsumsi seledri pada saat menderita diare. Selain itu juga daun seledri memiliki manfaat untuk menambah kekebalan tubuh.

Itulah beberpa jenis sayuran yang baik dikonsumsi pada saat menderita diare. Selain jenis sayuran di atas, bisa juga mengkonsumsi makanan lain yang baik untuk membantu menyembuhkan penyakit diare, seperti BRAT (Banana, Rice, Applesuace, and Toast).

Selain jenis sayuran yang baik dikonsumsi pada saat menderita diare dan jenis makanan seperti BRAT (Banana, Rice, Applesuace and Toast), bisa juga mengkonsumsi buah-buahan yang yang dapat membantu mengatasi diare. Ada beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi pada saat menderita diare, diantaranya yaitu :

  • Pisang

Jenis buah yang baik dikonsumsi dan dapat membantu mengatasi diare yaitu pisang, karena pisang memiliki tekstur yang lembut dan lunak. Pada saat mengkonsumsi pisang, perut akan merasa tenang dan membantu memperlancar sistem penceranaan yang terganggu ketika proses pembentukan fases. Kandungan potasium yang tinggi pada pisang juga dapat mengganti cairan elektrolit yang banyak dikeluarkan bersama fases ketika diare. Kandungan lain dalam pisang seperti pactin dan inulin juga sangat membantu terserapnya cairan dalam usus dan merangsang gerak isi perut. Inulin juga merupakan zat prebiotik yang dapat membantu berkembangnya bakteri baik didalam usus.

  • Apel

Buah yang baik dikonsumsi pada saat diare yang berikutnya yaitu apel. Namun apel merupakan buah yang berserat dan padat jadi susah dicerna lebih lanjut. Untuk memperoleh manfaat guna membantu penyembuhan diare, biasanya apel diolah menjadi saus apel. Kandungan pactin dalam buah apel bermanfaat untuk mengurangi gejala diare. Selain itu juga kandungan lainnya seperti antioksidan dalam apel mampu mengusir partikel jahat dalam tubuh. Sehingga dengen mengkonsumsi buah apel pada saat diare yang diolah menjadi saus apel akan membantu proses penyembuhan diare. Itulah manfaat apel untuk obat diare yang alami.

  • Blueberry

Jenis buah yang berikutnya yaitu blueberry, karena blueberry merupakan buah yang memiliki manfaat untuk mengatasi gejala diare. Jadi, mengkonsumsi blueberry pada saat menderita diare akan membantu proses penyembuhan diare, karena pada saat menderita diare akan banyak kekurangan cairan yang dikarenakan seringnya buang air besar. Dengan mengkonsumsi blueberry yang mengandung tannins, anthocyanosides dan pactin diare akan segera reda. Untuk memperoleh manfaatnya, biasanya blueberry harus dikeringkan dahulu untuk dikonsumsi.

Baca juga : makanan untuk penderita penyakit diare

Itulah beberapa jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi pada saat menderita diare. Mungkin masih banyak lagi jenis buah-buahan yang dapat membantu proses penyembuhan dan mengobati diare, namun jenis buah-buahan di atas merupakan dari beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi pada saat menderita diare.

Diare merupakan jenis penyakit yang mungkin mengganggu bagi yang memiliki aktifitas lebih, karena penyakit diare akan menyebabkan sering mengalami buang air besar yang berlebihan atau terus menerus. Maka dari itu, jenis sayuran maupun buah dan makanan yang dapat membantu mengatasi dan mengobati penyakit diare sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat mengalami diare.

Selain itu juga perlu adanya tindakan pengobatan dan pencegahan guna menghinadari bertambah parahnya penyakit diare yang dialami. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menghindari makanan yang menyebabkan diare, menjaga kondisi kesehatan tubuh juga penting dilakukan seperti rutin dan rajin berolahraga. Hal yang paling penting untuk selalu menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan sekitar tempat tinggal.

Manfaat Sayuran dan Jenisnya yang Baik untuk Membantu Mengobati Diare | admin | 4.5