Manfaat Teh Hijau untuk Mengatasi Masalah Bau Mulut

By On Friday, March 31st, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat teh hijau untuk bau mulut karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengatasi penyebab bau mulut. Seperti bau mulut yang disebabkan oleh bakteri, dengan mengkonsumsi teh hijau maka bakteri penyebab bau mulut akan dapat diatasi.

Teh hijau mengandung antioksidan Epigallocatechin 3 gallate (EGCG) atau polefenol yang dapat mengatasi masalah bau mulut. Dengan adanya kandungan tersebut, manfaat teh hijau untuk mengatasi bau mulut bisa digunakan dengan cara menyeduhnya dan diminum rutin setiap hari, maka masalah bau mulut berangsur-angsur akan segera hilang.

Secara umum bau mulut memang disebabkan karena adanya bakteri dalam mulut. Bakteri ini biasanya akan berkembang jika kondisi dalam mulut kurang dijaga kebersihannya. Seperti sisa-sisa makanan yang menyelip pada gigi, maka akan menyebabkan bakteri berkembang dan mengakibatkan masalah bau mulut. Bukan hanya bau mulut saja, kondisi gigi juga akan rusak dan terdapat karang pada gigi. Jika sudah demikian maka perlu cara untuk mengatasinya.

manfaat teh hijau untuk bau mulut

manfaat teh hijau untuk mengatasi masalah bau mulut

Cara mengatasi bau mulut dengan teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu bahan alami yang memiliki manfaat untuk mengatasi bau mulut. Manfaat tersebut karena kandungan antioksidannya yang berfungsi mengatasi beberapa penyebab bau mulut. Untuk itu, dengan cara menghilangkan bau mulut secara alami menggunakan teh hijau, maka bau mulut dapat diatasi.

Menyeduh teh hijau dengan air panas atau hangat tanpa gula bisa mengatasi bau mulut, bisa juga dengan menambahkan madu. Konsumsilah teh hijau setiap hari pagi dan sebelum tidur maka masalah bau mulut akan dapat diatasi. Bukan hanya itu saja, teh hijau juga baik untuk kesehatan dan mencegah beberapa penyakit seperti kanker dan melindungi kerusakan pada jantung.

Menurut penelitian, teh hijau yang mengandung antioksidan sudah sejak dulu digunakan masyarakat untuk kesehatan tubuh termasuk mengatasi masalah bau mulut. Gangguan pada saluran pernapasan dan pencernaan yang mengakibatkan bau mulut juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi teh hijau. Selain alami dan aman juga sangat efektif karena tanpa efek samping. Namun, jika bau mulut yang disebabkan karena penyakit, maka segera hubungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Selain digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut, teh hijau juga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini ada beberapa manfaat dari teh hijau untuk kesehatan yang perlu diketahui, yaitu :

  1. Mengontrol berat badan
  2. Mengurangi kolesterol
  3. Menyehatkan kulit
  4. Mencegah diabetes
  5. Mencegah arthritis
  6. Mengurangi stress
  7. Meningkatkan imunitas
  8. Menyegarkan nafas
  9. Menurunkan tekanan darah

Beberapa manfaat dari teh hijau di atas bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi teh hijau setiap harinya. Bukan hanya untuk mengatasi bau mulut dan untuk kesehatan saja, teh hijau juga bermanfaat untuk kecantikan seperti menyehatkan rambut, kulit dan kuku.

Baca juga : manfaat lemon untuk mengatasi bau mulut

Cara mencegah masalah bau mulut

Bau mulut selain diobati dan diatasi juga perlu dicegah, karena jika tidak bau mulut akan kambuh lagi bahkan jika sampai membiarkannya akan mengakibatkan bau mulut menjadi kronis. Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah bau mulut yaitu sebagai berikut :

  • Menjaga kebersihan dalam mulut

Kebersihan dalam mulut jika tidak diperhatikan maka akan menimbulkan masalah bau mulut. Seperti malas menggosok gigi, maka sisa-sisa makanan akan memicu berkembangnya bakteri dalam mulut sehingga mengakibatkan bau mulut. Rutin menggosok gigi dua kali sehari pagi dan sore dapat mencegah timbulnya bau mulut.

  • Banyak minum air

Jika tubuh kekurangan banyak cairan maka akan beresiko mengalami dehidrasi. Pada saat dehidrasi kondisi mulut juga akan kering, sehingga menyebabkan bau mulut. Perbanyaklah minum air putih setiap harinya untuk mencegah tubuh dari kekurangan cairan.

  • Mengkonsumsi buah

Buah yang kaya akan vitamin dapat memenuhi kebutuhan vitamin didalam tubuh, sehingga akan dapat membantu menghilangkan bau mulut, apabila vitamin didalam tubuh kita terpenuhi. Buah yang banyak mengandung kadar air juga dapat memenuhi cairan didalam tubuh, sehingga mulut tidak akan kekurangan kadar air liur, karena jika kadar air liur didalam mulut berkurang atau bahkan mulut kering, akan menyebabkan masalah bau mulut.

  • Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet akan merangsang produksi air liur didalam mulut. Bakteri penyebab bau mulut akan mati apabila air liur didalam mulut tidak kering. Karena air liur didalam mulut memiliki fungsi membunuh bakteri didalam mulut. Kunyahlah permen karet yang tidak mengandung gula.

Itulah beberapa cara untuk mencegah masalah bau mulut. Selain dengan cara di atas, juga masih bayak lagi cara untuk mencegahnya. Intinya harus selalu memperhatikan kebersihan kondisi dalam mulut seperti gigi dan organ dalam mulut lainnya.

Salah satunya bisa menggunakan teh hijau untuk mengatasi masalah bau mulut. Teh hijau memiliki kandungan yang berfungsi untuk mengatasi bau mulut. Bukan hanya itu saja manfaat dari teh hijau, bermanfaat juga untuk memenuhi kesehatan tubuh, kecantikan dan lain-lain. Jagalah kondisi kebersihan dalam mulut, bila perlu rutin memeriksakan kondisi dalam mulut ke dokter.

 

Manfaat Teh Hijau untuk Mengatasi Masalah Bau Mulut | admin | 4.5