Manfaat Wortel untuk Mengatasi Diare yang Alami

By On Saturday, June 17th, 2017 Categories : Manfaat

Manfaat wortel untuk mengatasi diare karena memiliki kandungan kalium yang tinggi dan baik untuk pencernaan. Selain kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, wortel juga memiliki khasiat lain untuk pengobatan, seperti mengatasi diare.

Diare merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi saluran pencernaan, dan biasanya bakteri tersebut masuk lewat makanan atau minuman yang dikonsumsi. Sehingga sistem pencernaan akan terganggu dan terinfeksi dan mengalami diare dengan ditandai seringnya buang air besar dengan kondisi tinja atau fases yang encer.

Untuk itu, sebaiknya dalam mengkonsumsi makanan atau minuman sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kebersihannya agar terhindar dari bakteri yang menyebabkan diare. Namun, jika sudah menderita diare maka perlu penanganan dan pengobatan, salah satunya bisa menggunakan wortel untuk mengatasi diare. Dengan menggunakan wortel sebagai bahan obat tradisional diare yang alami untuk mengatasi diare, juga mudah mendapatkan dan tentunya tanpa efektif.

manfaat wortel untuk mengatasi diare

manfaat wortel untuk mengatasi diare yang alami

Cara mudah mengatasi diare dengan wortel

Ketika menderita diare biasanya langsung minum obat diare untuk mengurangi buang air besar yang terus menerus. Namun, sebaiknya untuk mengatasi diare menggunakan bahan yang alami sehingga efektif dan aman. Salah satunya bisa menggunakan wortel untuk mengatasinya, yaitu dengan cara sebagai berikut :

  1. Siapkan 2-3 buah wortel
  2. 8 gelas air
  3. Cuci wortel dengan air bersih
  4. Iris tipis-tipis wortel
  5. Masak wortel dengan air
  6. Tambahkan garam

Setelah melakukan cara di atas dan menjadi sup wortel, kemudian konsumsi sup wortel tersebut 2 kali sehari. Selain mengatasi diare, wortel juga dapat menyehatkan mata, menghaluskan kulit, dan menyehatkan sistem pencernaan. Ada yang manfaat lain dari mengkonsumsi wortel, yaitu dapat menurunkan resiko kanker dalam tubuh.

Wortel selain dikonsumsi dengan cara di bikin sup, bisa juga dengan di olah dalam bentuk jus wortel. Manfaat jus wortel untuk mengobati sakit perut juga bisa selain digunakan untuk mengatasi diare. Diare yang dialami akan kunjung membaik selama mengkonsumsi sup wortel maupun jus wortel dalam beberapa hari. Namun, jika diare tak kunjung membaik setelah diobati dengan wortel maka segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

Cara mencegah penyakit diare

Selain mengatasi diare dengan mengobatinya menggunakan wortel, ada hal penting lainnya yaitu dengan mencegahnya. Karena diare merupakan salah satu jenis penyakit yang beresiko dapat menular dan menyebar. Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk mencegah diare, yaitu :

  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan sabun
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang kebersihannya diragukan
  • Jangan mengkonsumsi air yang belum dimasak atau air keran
  • Usahakan selalu menjaga kebersihan kamar mandi dan dapur
  • Memisahkan makanan yang mentah dengan yang matang
  • Usahakan selalu memilih bahan makanan yang masih segar
  • Hindari menyimpan makanan dan minuman dari paparan sinar matahari
  • Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar tempat tinggal

Itulah beberapa cara untuk mencegah penyakit diare, baik penyebaran maupun penularannya. Pada dasarnya pencegahan terhadap diare tergantung pada kedisiplinan diri sendiri dalam menjaga kebersihan, baik kebersihan makanan, minuman maupun lingkungan tempat tinggal.

Dalam mengelola makanan dan minuman sebaiknya diperhatikan dengan benar, dari cara memasak sampai pada proses penyimpanannya. Dengan demikian maka dapat terhindar dari berkembangnya mikroorganisme seperti bakteri yang dapat menyebabkan diare. Maka dari itu, semakin tinggi standar kebersihan yang dilakukan maka semakin kecil resiko terkena diare.

Baca juga : manfaat apel merah untuk mengatasi diare

Manfaat wortel untuk kesehatan

Sayuran yang dikenal untuk kesehatan mata karena kandungan vitamin A yang tinggi, juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah diare. Selain itu juga tentunya masih banyak manfaat lain dari wortel untuk kesehatan. Berikut ini ada beberapa manfaat dari wortel untuk kesehatan, yaitu :

  • Menjaga kesehatan mata
  • Mengurangi resiko kanker
  • Menekan resiko penyakit jantung
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan ginjal
  • Mencegah penuaan dini
  • Mencegah penyakit stroke

Dari beberapa manfaat wortel untuk kesehatan, tidak lepas karena wortel banyak mengandung kandungan yang bermanfaat untuk memenuhi kesehatan tubuh. Kandungan gizi wortel yang kaya akan vitamin A dan antioksidan juga mineral, menjadikan wortel salah satu jenis sayuran yang dapat memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh.

Kandungan gizi dalam wortel seperti kalori, karbohidrat, gula dan protein. Selain kandungan vitamin A yang tinggi dalam wortel, kandungan vitamin lainnya seperti vitamin C. Antioksidan seperti beta-karoten yang menjadikan wortel memiliki warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten dapat diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

Wortel juga mengandung vitamin lainnya dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng. Jadi, dengan mengkonsumsi wortel kebutuhan kesehatan tubuh akan terpenuhi, baik diolah dalam bentuk jus maupun olahan dalam masakan. Itulah manfaat wortel untuk mengatasi diare dan untuk kesehatan tubuh. Dengan demikian, masalah diare dapat diatasi dan kesehatan tubuh juga terpenuhi dengan mengkonsumsi wortel.

Manfaat Wortel untuk Mengatasi Diare yang Alami | admin | 4.5