Menu Diet yang Bagus dan Sehat dengan Buah dan Sayur

By On Saturday, November 12th, 2016 Categories : Tips

Menu diet yang bagus dan sehatĀ dengan menggunakan buah dan sayur yang banyak mengandung serat. Jadi, pada saat diet sangat cocok untuk menggantikan menu makan. Karena buah dan sayur yang banyak mengandung serat mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Buah dan sayur dapat dijadikan menu diet yang sehat, juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh. Buah dan sayur memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan sistem imun dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, meningkatkan kesehatan tubuh dan lain sebagainya. Selain itu juga, buah dan sayur dapat menggantikan dan memenuhi kebutuhan tubuh.

Tips diet sehat menggunakan buah dan sayur juga sangat efektif, ini dikarenakan buah dan sayur dapat membantu menurunkan berat badan secara alami dengan kandungan didalamnya. Jenis buah dan sayur yang dapat dijadikan menu diet biasanya yang banyak mengandung serat. Serat dalam buah dan sayur akan membantu membuat perut menjadi terasa kenyang lebih lama. Selain itu juga, buah dan sayur memiliki fungsi yang baik untuk sistem pencernaan tubuh, sehingga dapat membantu proses menurunkan berat badan.

menu diet yang bagus dan sehat

menu diet yang bagus dan sehat dengan buah dan sayur

Jenis buah dan sayur yang bagus untuk diet

Dari sekian banyaknya jenis buah dan sayur, tidak semuanya memiliki kandungan serat yang tinggi, juga tidak semuanya dapat membantu proses menurunkan berat badan. Jadi, tidak semua jenis buah dan sayur dapat dijadikan menu untuk diet. Berikut ini ada beberapa jenis buah dan sayur yang bagus untuk diet, yaitu :

  1. Brokoli

Manfaat sayuran brokoli untuk diet karena kandungan dalam brokoli sangat bermanfaat untuk membantu membakar lemak dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam brokoli mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Kandungan lain brokoli seperti protein, karbohidrat, antioksidan, kalsium, selenium, magnesium, zat besi dan thiamin juga sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, brokoli merupakan jenis sayuran terbaik untuk membantu menurunkan berat badan.

  1. Apel

Buah apel sangat kaya akan kandungan seratnya, namun rendah kalorinya. Apel juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang mana jumlahnya sama tingginya dengan kandungan seratnya. Kandungan tersebut akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat. Jadi, mengkonsumsi buah apel sangat baik dan membantu diet Anda. Manfaat apel untuk pengobatan juga bisa, yaitu manfaat apel untuk obat diare yang alami dan efektif.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk diet karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat dalam bayam bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Oleh karena itu, bayam sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Kandungan lain dalam bayam seperti zat besi, seng dan magnesium juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme, sehingga sangat baik untuk membantu membakar lemak dalam tubuh. Maka dari itu, bayam juga merupakan jenis sayuran yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

  1. Alpukat

Anggapan sebagian banyak orang mengkonsumsi buah alpukat akan menambah berat badan, karena kandungan lemak dalam alpukat. Sebenarnya anggapan tersebut salah, karena kandungan lemak dalam buah alpukat merupakan kandungan lemak baik. Jadi, mengkonsumsi buah alpukat pada saat diet tidak akan menambah berat badan, justru lemak jahat akan tergantikan dengan lemak baik yang terkandung dalam buah alpukat. Selain kandungan lemak baik, buah alpukat juga mengandung banyak serat. Sehingga akan membantu merasa kenyang lebih lama dengan mengkonsumsi buah alpukat pada saat diet.

  1. Wortel

Selain memiliki manfaat untuk mata, wortel juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan dalam wortel seperti beta karoten yang sangat tinggi mampu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak secara cepat. Kandungan serat dalam wortel juga sangat banyak, seperti serat larut kalsium pektat yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan nafsu makan yang berlebihan. Sehingga wortel dapat dijadikan menu makan pada saat diet.

  1. Pear

Kandungan serat buah pear jauh lebih tinggi dibanding dengan jenis buah lainnya. Maka dari itu, buah pear merupakan salah satu fruit super dalam hal menurunkan berat badan. Kandungan serat yang dimiliki buah pear akan membantu perut merasa kenyang lebih lama. Sehingga, dengan mengkonsumsi buah pear dapat menggantikan menu makan pada saat diet. Kandungan potassium dalam buah pear juga bermanfaat untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat.

  1. Kacang-kacangan

Sayuran jenis kacang-kacangan sering disebut sebagai makanan satu-satunya yang memiliki fungsi sebagai pembakar lemak dalam tubuh yang sangat efektif. Ini dikarenakan oleh kandungan serat dalam kacang-kacangan yang tinggi dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Selain itu, zat tepung dalam kacang-kacangan yang dicerna dalam tubuh akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Maka dari itu sayuran jenis kacang-kacangan sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

Baca juga : sayuran yang bagus untuk diet sehat

Itulah beberapa jenis buah dan sayur yang bagus untuk menu diet. Selain mengkonsumsi buah dan sayur pada saat diet, tidak lupa juga harus dibarengi dengan berolahraga, karena dengan dibarengi olahraga pada saat diet akan membantu mempercepat menurunkan berat badan dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Menu Diet yang Bagus dan Sehat dengan Buah dan Sayur | admin | 4.5