Obat Asam Lambung yang Alami, Ampuh dan Cepat

By On Friday, November 4th, 2016 Categories : Obat

Obat asam lambung yang biasa digunakan untuk mengurangi iritasi dan naiknya kadar asam pada lambung seperti antasida, anti-histamin, anti-kolinergik dan demulcent. Obat-obatan tersebut digunakan untuk mengatasi rasa sakit ketika kadar asam dalam lambung naik.

Asam lambung merupakan penyakit yang disebabkan karena naiknya kadar asam dalam lambung. Biasanya disebabkan oleh tidak berfungsinya lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. Gejala yang dirasakan ketika asam lambung akan merasakan sensasi seperti terbakar dan rasa panas pada bagian dada, akibatnya akan tidak nyaman pada saat mengkonsumsi makanan.

Gejala asam lambung lainnya seperti mual, batuk dan mulut terasa pahit akibat asam lambung naik ke tenggorokan hingga sampai ke mulut. Meningkatnya kadar asam dalam lambung disebabkan sering mengkonsumsi makanan pedas dan asam, sehingga menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Bahkan bisa berakibat adanya luka pada dinding lambung. Jika sudah demikian, maka segera untuk melakukan tindakan pengobatan. Jika tidak, maka penyakit asam lambung bisa beresiko lebih parah menjadi tukak lambung bahkan kanker lambung.

obat asam lambung yang alami

obat asam lambung yang alami, ampuh dan cepat

Pengobatan asam lambung

Ketika kadar asam dalam lambung meningkat, maka segera melakukan tindakan pengobatan. Pengobatan dilakukan untuk menurunkan kadar asam dalam lambung sehingga tidak akan menyebabkan rasa sakit dan panas pada bagian dada bagi penderitanya. Berikut ini ada beberapa pengobatan asam lambung yang dapat dilakukan, yaitu :

  1. Menggunakan baking soda

Baking soda bukan hanya untuk membuat kue saja, tetapi mampu menurunkan kadar asam lambung. Caranya dengan mencampurkan setengah sendok makan baking soda kedalam segelas air lalu meminumnya.

  1. Menggunakan cuka apel

Cara membuat cuka apel hampir sama dengan menggunakan baking soda. Dengan memanfaatkan buah apel dengan dibuat cuka lalu dicampur dengan air dan diminum untuk mengatasi asam lambung.

  1. Menggunakan madu

Manfaat madu memang sangat banyak untuk kesehatan, salah satunya dapat mengatasi asam lambung. Dengan mengkonsumsi madu secara langsung atau bisa dengan mencampurkan dengan minuman, akan membantu menurunkan kadar asam lambung yang naik.

  1. Menggunakan air jahe

Air jahe bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam lambung, karena air jahe bisa menghangatkan tubuh dan menurunkan kadar asam lambung. Dengan merebus jahe lalu saring airnya dan diminum, bisa ditambah dengan sedikit madu.

  1. Menggunakan apel merah

Apel merah memiliki kandungan yang mampu menurunkan asam lambung, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi bahkan mengobati asam lambung.

  1. Menggunakan bawang putih

Bawang putih selain sebagai bumbu masakan juga mampu mengatasi asam lambung. Caranya dengan dikunyah kemudian air sari bawang putih ditelan, sedangkan ampasnya bisa dibuang. Air sari bawang putih mampu menurunkan kadar asam lambung. Walaupun bau dan rasanya kurang enak, tapi manfaatnya ampuh menurunkan kadar asam lambung.

Baca juga : obat tukak lambung

Obat asam lambung

Selain dengan cara pengobatan menggunakan bahan alami diatas, ada juga obat-obatan yang dapat mengatasi asam lambung. Obat yang sering digunakan untuk mengatasi asam lambung tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Prokinetik

Prokinetik diberikan ketika asam lambung naik dan obat ini akan berfungsi mempercepat proses pengosongan perut. Sehingga makanan dan asam lambung akan cepat masuk kedalam usus halus sehingga mengurangi kesempatan asam lambung untuk naik ke esofagus. Prokinetik tidak disarankan untuk penderita asam lambung dengan usia di bawah 20 tahun. Contoh obat prokinetik yaitu domperidone dan bethanecol. Obat ini umumnya memerlukan resep dokter.

  • Alginat

Alginat berfungsi melindungi dinding perut dan esofagus atau kerongkongan dari iritasi asam lambung yang berlebihan. Konsumsilah obat alginat tepat setelah makan.

  • Penghambat reseptor H2

Penghambat reseptor H2 akan mengurangi asam lambung dengan cara menghambat efek histamin. Histamin diperlukan tubuh untuk menghasilkan asam lambung. Obat ini biasanya memerlukan resep dokter.

  • Penghambat pompa proton

Obat ini memiliki fungsi mengurangi produksi asam lambung dalam perut. Contoh obat penghambat pompa proton adalah omeprazole, lansoprazole dan esomeprazole. Obat ini biasanya membutuhkan resep dokter.

  • Antasida

Antasida akan menetralisir asam lambung, sehingga produksi asam lambung yang berlebihan dapat dinetralkan. Antasida tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat lain karena dapat berdampak pada penyerapan obat lain. Antasida juga dapat meredakan rasa sakit akibat tukak lambung.

Cara alami mengobati asam lambung

Seiring berkembangnya zaman, cara pengobatan suatu penyakit dengan cara alami memang masih digunakan dan menjadi alternatif juga terbukti ampuh dan aman. Berikut ini ada beberapa cara pengobatan asam lambung secara alami, yaitu :

  • Menggunakan kunyit

Kunyit merupakan tanaman obat yang banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya mampu mengobati asam lambung. Karena kunyit memiliki kandungan yang mampu menurunkan kadar asam lambung. Caranya dengan memarut kunyit kemudian rebus, lalu air rebusan kunyit diminum untuk mengobati asam lambung.

  • Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya selain bermanfaat untuk rambut, juga dapat mengobati asam lambung. Jel lidah buaya dikonsumsi dapat menetralkan asam lambung. Manfaat lidah buaya memang sangat banyak sebagai tanaman, bermanfaat juga untuk kesehatan dan kecantikan.

  • Menggunakan kencur

Tanaman obat yang satu ini mampu mengobati asam lambung. Dengan cara ditumbuk lalu diperas, kemudian air perasannya dicampur dengan air hangat lalu diminum

  • Menggunakan jahe

Selain dapat menghangatkan badan, jahe juga dapat mengobati asam lambung. Jahe mampu menetralisir asam lambung jika dikonsumsi tidak lebih dari 2 – 4 gram saja. Air rebusan jahe yang diminum secara rutin akan mengobati asam lambung.

Itulah beberapa obat asam lambung dan cara pengobatannya yang bisa digunakan. Semoga dengan cara mengobati asam lambung di atas, penderita asam lambung akan kunjung membaik dan sembuh. Mungkin masih banyak lagi cara dan obat untuk asam lambung seperti di atas. Selain mengobati, untuk mengatasi asam lambung juga bisa dengan melakukan pencegahan. Salah satunya dengan mengatur pola makan dan hidup sehat.

Obat Asam Lambung yang Alami, Ampuh dan Cepat | admin | 4.5