Obat Diare yang Alami untuk Bayi dan Cara Pencegahannya

By On Thursday, April 28th, 2016 Categories : Obat

Obat diare untuk bayi pastinya yang aman dan tanpa efek samping juga yang alami. Lain halnya jika menggunakan obat-obatan dari dokter, tentunya mengandung bahan kimia. Pada saat bayi Anda terkena diare, lakukan pengobatan secara tepat dan alami.

Mungkin banyak obat diare yang sudah tersedia di apotek, namun jika ada obat dari bahan alami yang tentunya aman, Anda bisa mencobanya. Pada saat Anda mengobati diare bayi Anda, sebaiknya memperhitungkan banyak hal, terutama efek samping yang akan terjadi jika obat tersebut  dikonsumsi, karena bayi masih sangat rentan terhadap sesuatu hal yang baru.

Meskipun diare bukan penyakit yang tergolong keras dan membutuhkan waktu penyembuhan yang lama, namun untuk beberapa kasus penyakit diare yang sudah akut, memakan waktu lama untuk penyembuhannya. Pada umumnya, diare juga penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus diobati. Akan tetapi, pada bayi yang terkena diare sebaiknya Anda harus tetap waspada, karena daya tahan tubuh bayi yang masih dalam masa perkembangan masih sangat beresiko.

obat diare alami untuk bayi

obat diare yang alami untuk bayi dan cara pencegahannya

Macam-macam obat diare alami untuk bayi

Umumnya penyebab diare tidak sama antara penderita satu dengan lainnya, karena banyak hal yang menyebabkan penyakit diare. Apabila bayi Anda terkena diare, sebagai pertolongan dan pengobatan yang harus Anda lakukan, buatlah beberapa macam obat alami berikut ini :

  1. Daun jambu biji

Daun jambu biji mungkin sudah terkenal sebagai obat alami untuk diare. Selain untuk orang dewasa, daun jambu biji juga bisa digunakan untuk mengobati diare untuk bayi. Caranya juga cukup mudah, dengan 5 lembar daun jambu biji dan 1 buah jambu bijinya yang masih muda. Kemudian tumbuk bahan-bahan tersebut sampai halus, lalu ambil sarinya. Peras hasil tumbukan dan tambahkan sedikit garam. minumkan ramuan tersebut pada bayi Anda kurang lebih 1 sendok makan.

  1. Bawang merah

Bawang merah ternyata selain sebagai bumbu dapur, juga bisa digunakan untuk mengurangi diare pada bayi. Caranya juga mudah, hancurkan beberapa siung bawang merah dan tambahkan sedikit minyak kelapa. Kemudian oleskan pada perut bayi Anda. Lakukan secara rutin sampai diare bayi Anda sembuh. Akan tetapi Anda juga harus tetap memberikan ASI untuk bayi Anda, agar tidak dehidrasi. Bisa juga dengan memberikan teh yang ditambah sedikit madu. Berikan sebanyak 3 kali sehari cukup 1 sendok saja.

  1. Oralit

Oralit salah satu obat diare yang sudah lama diketahui manfaat untuk mengobati diare. Anda tak perlu membeli oralit di apotek, karena Anda bisa membuatnya sendiri. Caranya adalah dengan menyiapakan sekitar 200 ml air hangat, 2 sendok teh gula pasir dan ½ sendok teh garam dapur. Larutkan ketiga bahan tersebut dengan air hangat. Berikan secukupnya pada bayi Anda, kurang lebih ½ gelas.

  1. Daun kayu putih

Daun kayu putih selain digunakan untuk membuat minyak kayu putih, perlu Anda ketahui ternyata bisa juga mengobati diare. Caranya dengan mengeringkan daun kayu putih, sekitar 6-10 gram. Rebus dengan air sekitar 2 gelas, tunggu sampai mendidih dan kira – kira sampai air sisa 1 gelas. Berikan pada bayi Anda 1 kali sehari sampai sembuh.

  1. Daun sendok

Daun sendok juga bermanfaat untuk mengobati diare. Sediakan kurang lebih 30 gram daun sendok yang masih segar, siapkan juga 3 gelas air untuk merebusnya. Caranya kurang lebih sama dengan menggunakan daun kayu putih. Rebus daun sendok dengan air sampai mendidih, kemudian ambil air rebusannya. Berikan ½ gelas pada bayi Anda 2 kali sehari.

  1. Buah sirsak

Ternyata buah sirsak juga bisa Anda gunakan untuk mengobati diare. Yang perlu Anda siapkan buah sirsak yang sudah matang, kemudian peras airnya. Berikan pada bayi Anda 2-3 sendok makan setiap hari sampai diare bayi Anda sembuh.

Pencegahan penyakit diare pada bayi

Sebaiknya untuk Anda para orang tua lebih berhati-hati dalam memberikan makanan kepada bayi Anda. Makanan yang masih diragukan kebersihannya, sebaiknya tidak perlu diberikan. Karena salah satu penyebab bayi Anda terkena diare adalah bakteri, bakteri penyebab penyakit diare yang masuk melalui makanan. Sebagai langkah pencegahan yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Cuci tangan bayi Anda setelah bermain atau memegang benda-benda yang kotor
  • Sebagai orang tua, Anda juga tentunya harus menjaga kebersihan diri Anda
  • Pastikan lingkungan disekitar Anda juga bersih, terutama toilet
  • Rebuslah air yang akan dikonsumsi hingga mendidih dan benar-benar matang
  • Bayi yang mengkonsumsi susu formula, cek kebersihan botol susu formula bayi Anda sebeum digunakan
  • Berikan bayi Anda ASI selama mungkin
  • Jangan memberikan minuman yang mengandung karbonasi pada bayi Anda
  • Berikan oralit secara teratur bersamaan dengan makanan bayi
  • Jauhkan bayi Anda dari paparan sinar matahari selama diare agar tidak berkeringat secar berlebihan
  • Perhatikan kebersihan makanan dan minuman yang akan diberikan pada bayi Anda dan hindari memberikan makanan yang biasa dikonsumsi orang dewasa

Baca juga : diare pada bayi dan balita

Kita sebagai orang tua sebaiknya selalu memperhatikan kondisi kesehatan buah hati kita. Karena buah hati kita masih sangat rentan terserang penyakit. Sebagai orang tua juga harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, agar buah hati kita tidak mudah terserang penyakit.

Obat Diare yang Alami untuk Bayi dan Cara Pencegahannya | admin | 4.5