Obat Diare Anak Paling Manjur yang Alami dan Aman

By On Monday, July 24th, 2017 Categories : Obat

Obat diare anak paling manjur yaitu dengan menggunakan bahan alami yang aman digunakan. Selain itu juga perlu memperhatikan kondisi anak yang menderita diare juga memperhitungkan efek samping obat tersebut, sehingga menggunakan bahan alami pastinya aman.

Ketika anak Anda mengalami atau menderita diare, sebaiknya cepat mendapatkan penanganan. Meskipun diare bukan termasuk jenis penyakit keras, namun ada beberapa resiko jika anak yang menderita diare. Seperti mengalami dehidrasi karena banyak kekurangan cairan akibat buang air besar secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama.

Pada umumnya juga penyakit diare dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari tanpa melakukan pengobatan. Namun, untuk beberapa kasus diare yang akut bisa memakan waktu cukup lama untuk masa penyembuhannya. Untuk itu, alangkah baiknya mencegah dari pada mengobati, yaitu segera ditangani dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan cara alami yang aman dengan menggunakan bahan alami, seperti buah, sayur maupun tanaman obat.

obat diare anak paling manjur yang alami dan aman

obat diare anak paling manjur yang alami dan aman dengan menggunakan bahan alami

Obat diare anak yang alami dan aman digunakan

Macam-macam obat diare anak yang alami dan aman digunakan bisa dengan memanfaatkan bahan alami disekitar kita. Berikut ini ada beberapa bahan alami untuk obat penyakit diare pada anak yang bisa digunakan, selain alami dan aman juga mudah cara penggunaan atau pengolahannya. Bahan-bahan alami tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Oralit

Oralit merupakan obat diare anak alami yang bisa dibuat sendiri. Caranya dengan mencampurkan garam dan gula pasir ke dalam air hangat, lalu aduk sampai larut. Oralit diberikan pada anak yang menderita diare untuk mengurangi dehidrasi. Karena anak yang menderita diare resiko mengalami dehidrasi sangat mungkin.

  1. Daun jambu biji

Buah maupun daunnya sama-sama bisa digunakan untuk mengobati diare. Selain untuk mengobati diare pada orang dewasa, daun jambu biji juga bisa digunakan untuk mengatasi diare pada anak. Daun jambu biji yang mengandung zat anti diare digunakan untuk mengobati diare pada anak biasanya dengan mencampurkan garam dapur, kemudian dikunyah.

  1. Daun kayu putih

Ternyata bukan hanya minyak kayu putihnya saja yang memiliki manfaat, daun kayu putih juga bisa digunakan untukĀ  mengatasi diare pada anak. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun kayu putih yang sudah dikeringkan. Air rebusan daun kayu putih tersebut yang kemudian digunakan untuk mengobati diare pada anak.

  1. Daun sendok

Daun sendok merupakan jenis tanaman obat yang memiliki manfaat guna mengatasi masalah diare pada anak. Caranya pengolahannya juga mudah, kurang lebih seperti menggunakan daun kayu putih, yaitu dengan merebusnya. Air rebusan daun sendok diberikan kepada anak yang menderita diare dua kali sehari, pagi dan sore. Berikan secara rutin sampai anak yang menderita diare sembuh.

  1. Kunyit

Obat alami diare lainnya dari tanaman obat yaitu menggunakan kunyit. Kunyit merupakan obat tradisional diare yang alami dan cukup ampuh digunakan juga tentunya aman. Dengan cara direbus, air rebusan kunyit bisa dicampur dengan sirih lalu diminum pada anak yang menderita diare.

  1. Pisang

Selain kaya akan kandungan gizi, vitamin dan mineralnya yang baik untuk kesehatan, pisang juga dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi diare pada anak. Pisang juga mengandung pottasium yang dapat menggantian cairan elektrolit yang banyak berkurang ketika anak sering buang air besar saat diare.

  1. Sirsak

Jenis buah lain yang dapat digunakan untuk mengatasi diare pada anak yaitu sirsak. Buah sirsak yang sudah matang diambil sarinya, dengan cara diperas atau dblender. Kemudian blenderan atau sari buah sirsak diberikan kepada anak yang menderita diare.

Beberapa bahan alami di atas aman digunakan untuk mengatasi diare pada anak. Untuk menghindari resiko anak mengalami dehidrasi, sebaiknya sering minum air putih agar cairan dalam tubuh yang berkurang cepat tergantikan. Karena banyak kasusu kelalaian anak mengalami dehidrasi, dan berujung pada kehilangan nyawa.

Cara mencegah diare pada anak

Diare merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak, jika tidak cepat diatasi maka akibatnya bisa berbahaya. Oleh karena itu, perlu mengetahui ciri maupun penyebab dan mengatasi atau mengobati, bahkan harus melakukan pencegahan. Pencegahan dilakukan karena diare merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menular dan menyebar.

Berikut ini ada beberapa upaya yang harus dilakukan untuk mencegah diare pada anak, sehingga resiko menular maupun menyebar tidak terjadi. Diare umumnya ditularkan melalui tinja, makanan, udara, dan kontak langsung. Cara pencegahan dengan upaya yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut :

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat, bergizi dan bersih
  • Air minum yang dikonsumsi harus bersih
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah makan
  • Mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet
  • Jaga kebersihan anak maupun diri kita sendiri
  • Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal

Dengan upaya di atas, maka kemungkinan kecil resiko untuk diare menular atau menyebar sangat kecil. Lingkungan yang sehat pasti akan memberikan hidup yang sehat juga. Sebaiknya juga untuk selalu memperhatikan kebersihan diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Karena diare disebabkan oleh bakteri dimana bakteri tersebut akan hidup dan berkembang pada tempat yang kotor dan kumuh.

Diare pada anak dapat menyebabkan kurang gizi pada penderitanya, bahkan yang lebih parah dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu, dengan mencegah senantiasa terhindar dari bahaya diare tersebut. Seperti anak mengalami dehidrasi, dapat dicegah dengan pemberian oralit. Gizi pada anak yang berkurang bisa dicegah dengan pemberian asupan makanan yang memadai selama menderita diare. Peran obat-obatan tidak begitu penting dalam menangani anak yang mengalami diare, pencegahanlah yang memiliki peran penting, dan dimulai sedini mungkin.

Baca juga : obat diare anak yang ampuh

Tips mengatasi diare anak di rumah

Bila anak Anda menderita diare, Anda bisa menangani sendiri di rumah. Selain dengan melakukan upaya pencegahan seperti di atas, Anda juga bisa melakukan tindakan penanganan yang harus dilakukan. Seperti memberikan minum minimal sebanyak 10 mililiter per kilogram berat badan anak. Hal itu dilakukan untuk mencegah anak mengalami dehidrasi.

Pemberian minum atau cairan elektrolit untuk menggantikan cairan dalam tubuh anak yang berkurang akibat diare. Melakukan hal tersebut setiap kali anak mencret agar cairan tubuh yang hilang bersama fases dapat cepat digantikan, sehingga resiko dehidrasi dapat dicegah. Untuk pemberian oralit, pastikan dosis yang diberikan sesuai dengan berat badan anak.

Jika keadaan anak membaik, maka tidak perlu dibawa ke dokter. Bagaimana cara mengetahui bahwa keadaan anak sudah membaik? Dengan melihat adanya perbaikan dari gejala-gejala yang dialami anak selama diare, misalnya kesadaran anak membaik, rasa haus menghilang, mulut dan bibir membasah, dan kencingnya sudah banyak. Jadi, dengan keadaan seperti itu anak yang mengalami diare sudah membaik dan tidak perlu dirujuk ke dokter.

Namun, jika anak yang mengalami diare tidak kunjung membaik setelah mendapatkan penangan seperti di atas, maka perlu segera dibawa ke dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Biasanya dengan keadaan yang semakin parah seperti ditandai muntah terus menerus setelah pemberian oralit, mencret dan buang air besar secara terus menerus dan terdapat tanda-tanda dehidrasi pada anak, maka segera untuk membawa ke puskesmas atau ke dokter.

Obat Diare Anak Paling Manjur yang Alami dan Aman | admin | 4.5