10 Obat Diare Anak yang Ampuh dengan Cara Alami

By On Monday, July 10th, 2017 Categories : Obat

Obat diare anak yang ampuh secara tradisional dengan menggunakan bahan alami, karena untuk menjaga resiko anak yang menderita diare dari efek samping obat. Sehingga dengan menggunakan cara alami sangat aman tanpa resiko dan juga efektif.

Penyakit diare pada anak terjadi karena infeksi pada saluran pencernaan, yaitu usus. Infeksi usus terjadi ketika anak mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi atau kotor, sehingga bakteri masuk dan menginfeksi saluran pencernaan seperti usus. Biasanya diare pada anak ditandai dengan seringnya buang air besar dengan encernya tinja yang dikeluarkan.

Selain terjadinya infeksi pada usus yang disebabkan oleh bakteri, diare pada anak juga sering disebabkan karena kurang menjaga kebersihan, terutama dalam mengkonsumsi makanan maupun minuman kurang diperhatikan kebersihannya. Gejala yang ditimbulkannya seperti anak menjadi rewel dan sering menangis. Anak yang mengalami diare sebaiknya segera mungkin mendapatkan penanganan, karena sangat beresiko mengalami dehidrasi.

obat diare anak yang ampuh

obat diare anak yang ampuh dengan cara alami

Obat diare anak yang ampuh dan alami

Untuk mengatasi diare pada anak bisa dengan menggunakan bahan alami supaya aman. Karena sistem kekebalan tubuh anak masih sangat rentan, ini untuk mengurangi resiko anak terkena efek samping pengobatan. Berikut ini obat diare anak yang ampuh dan alami, yaitu :

  1. Oralit

Oralit bisa diberikan kepada anak yang menderita diare, berfungsi untuk mengurangi dehidrasi. Oralit juga bisa dibuat sendiri dengan cara mencampurkan garam dan gula pasir kedalam air hangat, kemudian aduk sampai larut. Berikan kepada anak yang menderita diare.

  1. Antibiotik

Antibiotik juga bisa diberikan kepada anak yang menderita diare, fungsinya untuk membunuh bakteri yang ada didalam tubuh anak. Namun jangan terlalu rutin dalam memberikan antibiotik, pemberian antibiotik secara rutin jika mengalami disentri.

  1. Daun kayu putih

Daun kayu putih ternyata dapat mengatasi masalah diare pada anak, bukan hanya minyak kayu putihnya saja yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, daunnya juga bisa digunakan untuk mengobati. Caranya dengan merebus daun kayu putih yang sudah dikeringkan, kemudian air rebusan tersebut minumkan kepada anak yang menderita diare.

  1. Daun sendok

Tanaman obat daun sendok memiliki khasiat untuk mengatasi diare pada anak. Obat tradisional ini cukup efektif dan ampuh mengatasi diare pada anak. Caranya dengan merebus daun sendok tersebut, kemudian air rebusannya diminumkan kepada anak yang menderita diare dua kali sehari, pagi dan sore.

  1. Akar jeruk nipis

Untuk mendapatkan khasiat dari akar jeruk nipis guna mengobati diare pada anak, caranya hampir sama dengan menggunakan daun sendok dan daun kayu putih. Rebuslah akar jeruk nipis kemudian air rebusannya diminumkan pada anak yang menderita diare.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman obat yang banyak manfaat dan khasiatnya, salah satunya sebagai obat diare herbal pada anak. Selain banyak dan mudah didapatkan, kunyit juga mudah cara pengolahannya untuk mengobati diare pada anak, yaitu dengan merebus kunyit yang sudah diparut ditambahkan kapur sirih, lalu air rebusannya bisa diminum untuk mengobati diare pada anak.

  1. Minum air putih

Memberikan air putih kepada anak yang menderita bertujuan untuk menggantikan cairan yang banyak berkurang ketika anak mengalami diare. Minum air putih dengan elektrolit juga mencegah anak mengalami dehidrasi selama diare.

  1. Buah pisang

Buah pisang juga bisa digunakan untuk mengatasi diare dan membantu mengobati diare pada anak. Selain kaya akan kandungan gizi, vitamin dan mineralnya, buah pisang juga baik untuk sistem pencernaan. Kandungan potasium dalam buah pisang dapat menggantikan cairan elektrolit yang berkurang ketika anak menderita diare.

  1. Daun jambu biji

Selain untuk mengatasi diare pada orang dewasa, daun jambu biji juga bisa digunakan untuk mengobati diare pada anak. Daun jambu biji mengandung zat alami antidiare, sehingga aman digunakan untuk anak yang menderita diare. Biasanya daun jambu biji dicampur garam dapur untuk mengatasi diare.

  1. Buah sirsak

Salah satu jenis buah lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi diare pada anak yaitu buah sirsak. Buah sirsak digunakan untuk mengatasi diare dengan cara mengambil air sarinya pada buah sirsak yang matang.

Baca juga : 10 obat diare paling aman untuk ibu hamil

Selain menggunakan cara dan bahan alami di atas untuk mengobati diare pada anak, tindakan pencegahan juga perlu dilakukan. Karena diare merupakan jenis penyakit yang beresiko dapat menular dan menyebar pada orang-orang sekitarnya.

Pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan selalu menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar tempat tinggal. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan anak dengan sabun sebelum dan sesudah mengkonsumsi makanan. Selalu perhatikan kondisi anak yang menderita diare, dan berikan oralit secara teratur untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Itulah 10 obat diare anak yang ampuh dengan cara alami untuk mengatasi diare pada anak. Semoga bermanfaat dan diare yang anak Anda derita cepat sembuh. Namun, jika anak Anda menderita diare dan sudah mendapatkan pengobatan tetapi tidak mengalami perubahan maupun membaik, maka segera hubungi dokter, dokter biasanya akan segera menangani dengan merawat dan mengobati, juga akan memerikasa dan mengambil sampel tinja untuk diteliti lebih lanjut.

10 Obat Diare Anak yang Ampuh dengan Cara Alami | admin | 4.5