Obat Diare Herbal dengan Bahan Alami yang Aman dan Efektif

By On Monday, June 19th, 2017 Categories : Obat

Obat diare herbal bisa dengan menggunakan bahan alami, sehingga aman tanpa efek samping. Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati diare seperti dari buah-buahan, sayuran dan tanaman obat. Bahan-bahan alami tersebut efektif digunakan untuk mengatasi masalah diare.

Ada juga bahan alami lain yang dapat digunakan selain menggunakan buah-buahan, sayuran dan tanman obat, yaitu seperti olahan susu yogurt, nasi putih dan air mineral. Bahan tersebut dapat membantu proses penyembuhan ketika mengalami diare. Itu semua merupakan obat tradisional diare yang alami dan sudah sejak dulu masyarakan menggunakannya.

Karena diare merupakan jenis penyakit yang dapat menular dan menyebar, jadi tidak cukup hanya dengan mengobatinya saja, juga perlu dicegah. Diare yang disebabkan oleh adanya bakteri yang menginfeksi saluran pencernaan, biasanya masuk lewat makanan atau minuman yang kebersihannya diragukan. Maka dari itu, diare juga menular lewat bakteri yang terbawa oleh kotoran yang dikeluarkan pada saat buang air besar. Sehingga penting juga melakukan pencegahan.

obat diare herbal

obat diare herbal menggunakan jambu biji dan daunnya

Obat diare herbal dengan bahan yang alami

Ada banyak obat untuk mengatasi diare, namun yang aman dan efektif dengan menggunakan bahan alami. Karena bahan alami pastinya tidak memiliki resiko atau efek samping terhadap diare yang diderita. Berikut ini obat diare herbal dengan bahan alami yang dapat digunakan, yaitu :

  1. Jambu biji

Jambu biji dapat digunakan sebagai obat herbal diare karena memiliki kandungan yang mempu meningkatkan penyerapan air dalam usus. Senyawa astringents dalam jambu biji juga mampu membuat perlindungan terhadap diare dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra pada usus.

  1. Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan gizi, vitamin dan mineral. Selain baik untuk kesehatan tubuh, juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi diare. Kandungan zat potasium dalam buah pisang cukup tinggi dan mampu menggantikan cairan elektrolit yang berkurang akibat diare. Teksturnya yang lunak juga baik untuk sistem pencernaan sehingga baik dikonsumsi ketika mengalami diare. Jadi, manfaat pisang untuk obat diare alami terbukti karena kandungannya.

  1. Wortel

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang dikenal baik untuk kesehatan mata, karena kandungan vitamin A yang tinggi. Selain untuk kesehatan mata, wortel juga sayuran yang bisa membantu mengatasi diare. Kandungan kalium dalam wortel baik untuk sistem pencernaan, sehingga baik dan dapat mengatasi diare. Untuk mengatasi diare wortel dikonsumsi dalam olahan sup wortel.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman obat yang kaya akan manfaat, salah satunya untuk mengatasi masalah diare. Olahan jahe seperti wedang jahe selain dapat menghangatkan badan, juga bisa meringankan kram dan nyeri perut akibat diare.

  1. Daun jambu biji

Jambu biji selain buahnya yang bisa digunakan untuk mengatasi diare, ternyata daunnya juga memiliki khasiat yang sama. Masyarakat bahkan sudah sejak dulu menggunakan daun jambu biji guna mengobati diare, karena mengandung zat alami yaitu zat anti-diare. Selain itu juga kandungan flavonoidnya dapat menghambat dan mengurangi diare.

  1. Apel

Apel juga salah satu jenis buah yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi diare, biasanya apel diolah dalam bentuk saus apel untuk mengobati diare. Kandungan serat, pactin dan glukosa dalam apel berfungsi untuk mengurangi dan menyembuhkan diare.

  1. Teh chamomile

Teh chamomile mengandung zat flavonoid yang dapat mengurangi cairan akibat diare. Biasanya teh chamomile digunakan untuk mengobati diare dengan cara menyeduhnya atau menggunakan kantong teh chamomile yang bisa didapatkan dimana saja.

  1. Biji fenugreek

Biji fenugreek digunakan untuk mengatasi diare hanya untuk orang dewasa saja, balita atau anak-anak sebaiknya jangan. Para peneliti sudah membuktikan bahwa biji fenugreek mampu mengatasi diare.

  1. Air kelapa

Air kelapa muda dikenal untuk mengatasi masalah keracunan, karena zak alami dalam air kelapa mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Bukan hanya itu saja manfaat dari air kelapa, bisa dugunakan juga untuk mengatasi diare. Air kelapa baik untuk sistem pencernaan dan dapat menenangkan perut, juga mampu membunuh bakteri penyebab diare.

Baca juga : 10 obat diare paling aman untuk ibu hamil

Dari bahan alami di atas sebagai obat herbal untuk mengatasi diare, sudah terbukti ampuh dan aman sehingga efektif digunakan. Namun, dalam kasus lain jika mengalami diare tak kunjung membaik atau sembuh dalam beberapa hari setelah diobati dengan bahan alami tersebut, maka perlu di bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

Di atas telah disebutkan bahwa diare merupakan jenis penyakit yang beresiko menular dan menyebar. Maka dari itu, tidak hanya mengobatinya saja namun perlu melakukan pencegahan. Caranya dengan selalu menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Pola makan juga perlu diperhatikan, sebaiknya hindarai mengkonsumsi jenis makanan yang kebersihannya masih diragukan. Dengan itu, diare akan sembuh dan tidak menular atau menyebar pada orang sekitar.

Obat Diare Herbal dengan Bahan Alami yang Aman dan Efektif | admin | 4.5