Obat Diare Ibu Hamil yang Alami dan Efektif

By On Wednesday, June 14th, 2017 Categories : Obat

Obat diare ibu hamil yang alami dapat menggunakan bahan dari buah-buahan, sayuran atau tanaman obat. Karena bukan untuk mengatasi diare pada ibu hamil saja, juga memperhatikan janin yang ada didalam kandungannya. Sehingga menggunakan bahan alami yang aman dan efektif.

Diare saat sedang hamil sering dialami oleh Ibu hamil sepanjang kehamilannya, tidak hanya pada trimester pertama saja, tetapi juga trimester yang kedua dan ketiga. Namun, pada dasarnya penyebab diare pada Ibu hamil berhubungan dengan perubahan hormon dalam tubuh yang mempengaruhi sistem pencernaan dan perubahan hormon ini menjadi tanda kehamilan.

Pada umumnya penyakit diare disebabkan karena infeksi saluran pencernaan seperti usus yang diakibatkan oleh bakteri, virus, dan juga parasit. Makanan tertentu juga dapat mengakibatkan diare, seperti makanan yang kebersihannya diragukan. Pada Ibu hamil bisa juga disebabkan karena efek obat tertentu yang dikonsumsi. Beberapa jenis penyakit juga bisa menyebabkan diare yang terjadi pada Ibu hamil, sehingga dapat meningkatkan resiko diare pada Ibu hamil.

obat diare ibu hamil yang alami

obat diare ibu hamil yang alami dan efektif

Obat diare Ibu hamil yang alami dan aman

Karena sepanjang kehamilan beresiko mengalami diare, maka perawatan diare selama hamil sangat penting dan juga dengan cara yang tepat sehingga aman. Berikut ini ada beberapa obat yang alami untuk Ibu hamil jika mengalami diare, yaitu :

  1. Yogurt

Untuk Ibu hamil yang mengalami diare selama kehamilannya, maka bisa mengkonsumsi yogurt. Selain alami dan aman tanpa pengawet, juga baik untuk sistem pencernaan. Bakteri baik dalam yogurt mampu membunuh bakteri jahat penyebab diare, mengandung lactobacillus acidophilus juga yang membantu membersihkan saluran pencernaan.

  1. Madu

Madu merupakan obat alami untuk berbagai macam jenis penyakit, salah satunya untuk mengatasi diare. Madu bisa dikonsumsi dengan dicampurkan air hangat ketika Ibu hamil mengalami diare. Senyawa antibiotik dalam madu dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Gunakanlah madu murni yang tidak mengandung gula pemanis untuk mengatasi diare.

  1. Air putih

Ketika Ibu hamil mengalami diare, maka resiko mengalami dehidrasi sangat mungkin. Untuk itu, perbanyaklah minum air putih untuk menggantikan cairan yang banyak hilang ketika diare. Usahakan meminum air putih dalam kemasan yang higienis untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama diare.

  1. Sup kaldu ayam

Diare yang dialami Ibu hamil akan menguras banyak cairan dan energi, maka dari itu membutuhkan asupan protein yang tinggi. Protein dapat melawan bakteri yang menyebabkan diare sehingga tidak bertambah parah. Dengan memakan sup kaldu ayam ketika Ibu hamil mengalami diare, maka diare akan dapat sembuh. Karena sup kaldu ayam mengandung protein yang tinggi dan bisa membuat perut menjadi tenang.

  1. Kentang rebus atau sup kentang

Kentang bisa menjadi alternatif sebagai pengganti nasi untuk Ibu hamil saat mengalami diare. Kandungan zat pati putih dalam kentang sangat baik untuk sistem pencernaan, bisa mengkonsumsi kentang dalam bentuk sup.

  1. Sup wortel

Sup wortel juga dapat mengatasi diare ketika Ibu hamil mengalami diare. Pada bagian serat wortel mengandung efek antidiare yang alami dan nutrisi dalam wortel juga sangat baik untuk Ibu dan janinnya. Sup wortel bisa dikonsumsi ketika Ibu hamil mengalami diare dengan dicampur sedikit garam dapur.

  1. Konsumsi sumber karbohidrat

Mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung sumber karbohidrat putih dapat membantu mengatasi diare pada Ibu hamil. Jenis makanan untuk penderita penyakit diare tersebut seperti buah pisang, apel, nasi putih dan roti.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat mengatasi diare pada Ibu hamil. Selain mengatasi diare dengan menggunakan bahan di atas, penting juga menghindari beberapa asupan makanan seperti makanan pedas, makanan yang banyak mengandung minyak, makanan manis dan coklat, juga hindari mengkonsusmsi susu, daging merah, dan rempah-rempah.

Beberapa obat antidiare tanpa resep dokter juga sebaiknya jangan dikonsumsi, karena beresiko dapat menyebabkan gangguan pada janin seperti keguguran bahkan cacat pada janin. Hal ini karena zat kimia dalam obat antidiare tersebut juga diserap oleh janin melalui plasenta. Jika diare bertambah parah dan tidak mendapatkan perubahan setelah mendpatkan pengobatan, sebaiknya secepat mungkin pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga : obat diare paling mujarab

Penyebab diare pada Ibu hamil

Ibu yang sedang hamil kerap mengalami diare selama masa kehamilannya. Mengapa demikian? Ini karena Ibu yang sedang hamil mengalami perubahan pada hormonnya. Namun, ada beberapa penyebab diare pada Ibu hamil, yaitu sebagai berikut :

  • Infeksi bakteri, virus dan parasit
  • Keracunan makanan
  • Perubahan sistem pencernaan
  • Gangguan sistem pencernaan
  • Konsumsi berbagai vitamin
  • Intoleransi laktosa dari susu
  • Perubahan hormon

Jika sudah mengetahui penyebabnya, sebaiknya perlu segera ditangani. Penanganan diare pada Ibu hamil sebaiknya dilakukan secara alami, sehingga aman bagi Ibu hamil maupun janin yang ada didalam kandungannya.

Sebaiknya selama masa kehamilan perlu diperhatikan dan jika mengalami diare juga harus dengan penanganan yang tepat. Apabila diare pada Ibu hamil sudah ditandai dengan tinja yang disertai dengan lendir, darah, mulut juga nampak kering, urin berwarna coklat atau gelap, diare disertai dengan sakit kepala, maka perlu segera mendapat penanganan dan bawa ke dokter.

Obat Diare Ibu Hamil yang Alami dan Efektif | admin | 4.5