Obat Diare Paling Ampuh yang Alami dan Aman

By On Thursday, March 30th, 2017 Categories : Obat

Obat diare paling ampuh bisa dengan menggunakan bahan yang alami sehingga aman. Bahan yang alami selain aman juga tanpa efek samping dan mudah untuk mendapatkannya. Seperti dari buah-buahan, sayuran maupun tanaman obat dapat dijadikan obat diare.

Diare merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi saluran pencernaan seperti usus. Bakteri yang masuk lewat makanan atau minuman yang terkontaminasi kemudian didalam perut akan menginfeksi saluran pencernaan, kemudian mengakibatkan diare dengan ditandai seringnya buang air besar dengan kondisi tinja atau fases yang encer.

Secara umum penyebab diare memang disebabkan karena bakteri, jenis bakteri yang menyebabkan diare juga ada banyak macamnya. Bakteri yang menyebabkan diare akan mengkontaminasi makanan atau minuman juga bisa lewat air maupun lingkungan yang kemudian masuk kedalam tubuh manusia. Maka dari itu, untuk mengatasinya bisa dengan melakukan pengobatan dengan bahan alami dan juga melakukan pencegahan, karena diare jenis penyakit yang dapat menular dan menyebar.

obat diare paling ampuh

obat diare paling ampuh yang alami dan aman

Obat diare alami yang ampuh dan aman digunakan

Ada beberapa jenis bahan alami yang dapat mengobati masalah diare, bisa dengan menggunakan buah-buahan, sayuran dan tanaman obat. Jenis bahan alami tersebut dapat membantu penyembuhan sekaligus mengobatinya. Berikut ini merupakan obat diare yang alami dengan bahan-bahan yang bisa digunakan, yaitu :

  1. Jambu biji

Untuk mengobati diare dengan menggunakan jambu biji bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi langsung, bisa juga dibuat jus jambu biji. Manfaat jambu biji untuk mengobati diare sudah umum didengar, karena jambu biji mampu meningkatkan penyerapan air didalam usus. Sehingga baik dikonsumsi pada saat menderita diare dan akan membantu proses penyembuhan penyakit diare.

  1. Daun jambu biji

Bukan hanya buahnya saja yang dapat mengatasi diare, namun daun jambu biji juga memiliki khasiat untuk mengobati diare. Manfaat daun jambu biji untuk obat diare biasanya menggunakan daun jambu biji yang masih muda. Secara tradisional masyarakat menggunakan daun jambu biji untuk mengobati diare biasanya dicampur dengan garam dapur, kemudian dikunyah langsung atau bisa juga dengan merebusnya.

  1. Wortel

Wortel yang dikenal sebagai jenis sayuran yang kaya akan vitamin A guna kesehatan mata, ternyata dapat digunakan untuk mengatasi diare. Wortel yang memiliki kandungan kalium sangat tinggi bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, jadi mengkonsumsi wortel juga dapat mengatasi diare, konsumsilah dengan cara dibuat jus.

  1. Buah pisang

Buah yang kaya akan kandungan gizi, vitamin dan mineral, selain banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, juga dapat digunakan untuk membantu mengobati diare. Kandungan zat potasium yang tinggi dalam buah pisang dapat menggantikan cairan elektrolit yang berkurang pada saat diare. Jadi, mengkonsumsi buah pisang pada saat menderita diare akan dapat membantu proses penyembuhan diare.

  1. Buah apel

Buah apel sangat kaya akan kandungan seratnya yang bermanfaat untuk mengobati diare. Selain itu, kandungan lain dalam buah apel seperti pactin dan glukosa juga berfungsi untuk penyembuhan diare. Namun, untuk mengobati diare dengan buah apel sebaiknya dibuat saus apel terlebih dahulu, karena saus apel akan dapat dengan mudah dicerna.

  1. Teh chamomile

Teh chamomile juga mengandung zat flavonoid yang bisa mengurangi cairan didalam fases. Anda bisa mengkonsumsinya dengan menyeduh teh atau menggunakan kantong teh chamomile yang bisa didapatka dimana saja.

  1. Biji fenugreek

Biji fenugreek telah diteliti dan ternyata bermanfaat bisa mengobati diare. Namun pengobatan diare menggunakan biji fenugreek hanya untuk orang dewasa saja, anak-anak sebaiknya jangan.

Itulah beberapa obat diare alami yang dapat digunakan untuk mengatasi diare. Selain dengan melakukan pengobatan cara alami, melakukan tindakan pencegahan juga penting. Jika dengan menggunakan bahan alami di atas diare yang diderita tak kunjung sembuh dan membaik, maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga : obat diare untuk ibu hamil

Cara mencegah diare yang bisa dilakukan

Setelah mengetahui penyebab dari diare, maka segera untuk mengobatinya. Selain itu juga penting melakukan tindakan pencegahan, karena diare merupakan jenis penyakit yang beresiko menular dan menyebar. Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah diare yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang kebersihannya diragukan
  • Usahakan untuk memilih bahan makanan yang masih segar
  • Selama diare, jangan mengkonsumsi makanan yang pedas
  • Jangan mengkonsumsi air mentah atau air keran
  • Menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri
  • Menjaga kebersihan air yang setiap harinya dipakai

Beberapa cara mencegah diare di atas dapat dilakukan ketika menderita diare. Karena diare disebabkan oleh adanya bakteri, maka rajin-rajinlah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kondisi tubuh. Selain terhindar dari terkena penyakit diare, juga untuk mencegah terserang penyakit lainnya.

Dengan memanfaatkan bahan alami untuk mengobati penyakit diare, senantiasa akan aman dan terhindar dari efek samping pengobatan. Hindarilah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan kebersihannya diragukan, juga makanan yang dikonsumsi secara mentah. Selalu menjaga kebersihan diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar tempat tinggal Anda.

Obat Diare Paling Ampuh yang Alami dan Aman | admin | 4.5