Obat Diare Paling Manjur yang Alami dan Efektif

By On Saturday, April 1st, 2017 Categories : Obat

Obat diare paling manjur dapat memanfaatkan bahan alami sehingga tanpa efek samping dan efektif. Bahan alami digunakan karena mudah didapatkan, selain itu juga mudah diolah. Bahan alami tersebut seperti dari buah-buahan, sayuran dan tanaman obat.

Penyakit diare merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya bakteri yang menginfeksi saluran pencernaan seperti usus. Bakteri penyebab diare masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi yang dikonsumsi, kemudian akan menginfeksi saluran pencernaan. Jika sudah demikian maka fases atau tinja akan encer ketika buang air besar.

Jika sudah demikian, maka langkah yang tepat yaitu untuk segera mengatasinya. Diare dapat diatasi dengan cara yang alami sehingga aman. Selain mengatasi dengan mengobati diare menggunakan bahan alami juga perlu melakukan tindakan pencegahan. Pencegahan terhadap diare dilakukan supaya tidak menyebar dan menular. Karena diare merupakan jenis penyakit yang beresiko dapat menyebar dan menular pada orang yang kontak langsung atau lewat air yang terkontaminasi tinja.

obat diare paling manjur

obat diare paling manjur yang alami dan efektif

Bahan alami untuk mengobati diare

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit diare, seperti buah-buahan, sayuran dan tanaman obat. Berikut ini bahan-bahan alami yang perlu diketahui yang dapat digunakan utnuk mengobati diare, yaitu :

  1. Jambu biji

Jambu biji merupakan buah yang dikenal sejak dulu untuk mengatasi diare, karena memilki kandungan yang yang dapat mengatasi diare. Jambu biji mampu meningkatkan penyerapan air didalam saluran pencernaan, sehingga pada saat diare fases atau tinja tidak akan encer lagi. Selain itu juga, cara mengobati penyakit diare dengan jambu biji juga cukup hanya mengkonsumsi secara langsung atau dibikin jus.

  1. Daun jambu biji

Bukan hanya buahnya saja, daun jambu biji juga dipercaya dapat mengatasi diare. Kandungan flavonoid dalam daun jambu biji dapat menghambat dan mengurangi diare. Caranya juga mudah, cukup hanya dengan mengunyah daun jambi biji yang dicampur dengan garam dapur. Bisa juga dengan cara menyeduh atau rebus dan ditumbuk.

  1. Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang kaya akan vitamin A, maka dari itu wortel dikenal untuk kesehatan mata. Namun, ternyata wortel juga dapat mengatasi masalah diare. Kandungan kalium yang tinggi dalam wortel baik untuk pencernaan yang dapat mengatasi masalah diare.

  1. Teh chamomile

Kandungan zat flavonoid dalam teh chamomile dapat mengurangi cairan dalam fases, sehingga dapat mengatasi masalah diare. Konsumsilah teh chamomile dengan cara diseduh kemudian minum rutin setiap hari untuk mengatasi diare.

  1. Sirsak

Buah sirsak selain dikenal untuk mencegah penyakit kanker, juga dapat mengatasi diare. Kandungan senyawa dalam buah sirsak baik untuk pencernaan dan mampu membantu mengobati masalah diare. Mengkonsumsi buah sirsak secara langsung maupun diolah menjadi jus dapat membantu menyembuhkan diare.

  1. Pisang

Buah yang kaya akan kandungan gizi, vitamin dan mineral, selain banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, juga dapat digunakan untuk membantu mengobati diare. Kandungan zat potasium yang tinggi dalam buah pisang dapat menggantikan cairan elektrolit yang berkurang pada saat diare. Jadi, mengkonsumsi buah pisang pada saat menderita diare akan dapat membantu proses penyembuhan diare.

  1. Apel

Buah apel sangat kaya akan kandungan seratnya yang bermanfaat untuk mengobati diare. Selain itu, kandungan lain dalam buah apel seperti pactin dan glukosa juga berfungsi untuk penyembuhan diare. Namun, untuk mengobati diare dengan buah apel sebaiknya dibuat saus apel terlebih dahulu, karena saus apel akan dapat dengan mudah dicerna.

Beberapa bahan alami di atas dipercaya ampuh mengatasi diare, sebagian besar masyarakat sudah membuktikannya. Selain bahan alami di atas, masih banyak lagi bahan alami yang dapat mengatasi diare, seperti blueberry, kentang, nasi putih, seledri, dan lain-lain. Namun, jika diare yang dialami tak kunjung membaik dan bertambah parah, maka segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga : obat diare paling ampuh

Cara mencegah penyakit diare

Selain melakukan pengoban, penyakit diare juga perlu dicegah karena penyakit diare merupakan jenis penyakit yang beresiko menular dan menyebar. Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah penyakit diare yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan
  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang kebersihannya diragukan
  • Memisahkan makanan yang mentah dengan makanan yang matang
  • Usahakan selalu mengutamakan bahan makanan yang masih segar
  • Jangan minum air keran atau air mentah yang belum dimasak
  • Menjaga kebersihan air juga yang akan dipakai untuk kebutuhan
  • Selalu menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar

Cara mencegah diare seperti di atas dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, menjaga kondisi kesehatan tubuh dan menjaga pola makan juga sangat penting. Rutin berolahraga akan menyehatkan badan dan terhindar dari penyakit. Dalam mengkonsumsi makanan atau minuman juga sebaiknya perlu diperhatikan terlebih dahulu, karena penyakit sebagian besar berasal dari makanan.

Obat Diare Paling Manjur yang Alami dan Efektif | admin | 4.5