Obat Diare Paling Mujarab dengan Menggunakan Bahan Alami

By On Tuesday, June 13th, 2017 Categories : Obat

Obat diare paling mujarab bisa didapatkan dari bahan alami yang ada disekitar kita. Bahan alami digunakan untuk mengobati diare pastinya efektif, karena aman tanpa efek samping. Namun, perlu dengan cara mengolah yang benar juga.

Diare sendiri merupakan jenis penyakit yang dapat menyebar dan beresiko menular, karena diare disebabkan oleh adanya bakteri yang menginfeksi saluran pencernaan seperti usus. Jenis bakteri yang menyebabkan diare tersebut biasanya masuk lewat makanan atau minuman yang dikonsumsi, kemudian menyebabkan diare dengan ditandai seringnya buang air besar.

Untuk itu, guna mengatasi diare perlu adanya langkah yang tepat dan efektif, yaitu dengan menggunakan bahan alami sehingga tanpa efek samping. Bahan alami digunakan dalam mengobati diare dipercaya dari dulu sangat mujarab dan ampuh, seperti menggunakan jambu biji dan daunnya. Obat diare yang alami menggunakan jambu biji maupun daunnya sudah dikenal akan kemujarabannya sejak dulu, karena mengandung zat anti diare.

obat diare paling mujarab

obat diare paling mujarab dengan menggunakan bahan alami

Bahan alami untuk mengobati diare yang mujarab

Ada banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati diare, seperti dari buah-buahan, sayuran, dan tanaman obat. Bahan alami digunakan karena aman dan efektif tanpa efek samping. Berikut ini ada beberapa bahan alami untuk mengobati diare yang bisa digunakan, yaitu :

  1. Jambu biji

Buah yang dikenal sejak dulu untuk mengatasi masalah diare sudah tidak diragukan lagi akan khasiatnya. Selain alami, tentunya aman dan efektif mengatasi diare. Jambu biji memiliki kandungan yang dapat meningkatkan penyerapan air didalam saluran pencernaan, sehingga ketika menderita diare fases atau tinja tidak akan encer lagi. Untuk mengobati diare menggunakan jambu biji juga hanya dengan mengkonsumsinya secara langsung, bisa juga dengan di olah dalam bentuk jus.

  1. Daun jambu biji

Selain buahnya, daun jambu biji juga dapat digunakan untuk mengobati diare. Kandungan flavonoid dalam daun jambu biji dipercaya dapat mengatasi diare dan menghambat juga mengurangi diare. selain itu juga daun jambu biji mudah digunakan untuk mengobati diare, yaitu dengan cara mengunyahnya, biasanya dicampur dengan garam dapur. Bisa juga dengan cara direbus, seduh dan tumbuk.

  1. Buah pisang

Buah yang kaya kandungan gizi, vitamin dan mineral selain baik untuk kesehatan, juga dapat digunakan untuk mengobati diare. Kandungan zat potasium yang tinggi dalam buah pisang dapat menggantikan cairan elektrolit yang banyak berkurang ketika menderita diare. Buah pisang juga memiliki tekstur lunak yang baik untuk sistem pencernaan, sehingga baik dikonsumsi pada saat diare.

  1. Teh chamomile

Teh chamomile mengandung zat flavonoid yang mampu mengurangi cairan dalam fases, sehingga diare dapat diatasi dengan mengkonsumsinya. Teh chamomile dapat dikonsumsi dengan cara diseduh untuk mengobati diare. Minumlah teh chamomile secara rutin selama diare setiap harinya.

  1. Wortel

Salah satu jenis sayuran yang dapat digunakan untuk mengatasi diare yaitu wortel. Wortel kaya akan vitamin A yang sudah dikenal baik untuk kesehatan mata. Namun, bukan Cuma itu saja, ternyata kandungan kalium dalam wortel baik untuk pencernaan dan bisa digunakan untuk mengobati diare. Wortel digunakan untuk mengobati diare bisa dengan di olah dalam bentuk jus maupun sup. Jus wortel juga dapat mengatasi sakit perut karena diare, manfaat jus wortel untuk mengobati sakit perut tidak lepas kerena adanya kandungan kalium yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

  1. Yogurt

Mengkonsumsi yogurt ketika menderita diare sangat baik dan dapat menyehatkan sistem pencernaan. Yogurt mengandung bakteri baik (probiotik) yang dapat melawan bakteri jahat penyebab diare. Konsumsilah yogurt dua gelas kecil perhari untuk membantu mengatasi diare.

  1. Jahe

Tanaman obat jahe dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya diare. Jahe mampu membantu menyingkirkan kram dan nyeri perut. Selain banyak diolah untuk minuman penghangat badan, olahan jahe juga digunakan untuk mengobati diare.

Selain menggunakan bahan alami di atas untuk mengatasi diare, masih banyak lagi bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai obat diare. Seperti menggunakan daun kayu putih, daun sendok, daun prasman, daun kesumba keling, dan bahan alami lainnya.

Jika gejala diare tidak membaik setelah beberapa hari mendapatkan pengobatan dengan bahan alami di atas, maka segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Bahkan jika sampai mengalami dehidrasi pada penderita diare, jangan tunggu lama-lama untuk membawanya ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan penanganan yang lebih terhadap penderita diare.

Baca juga : obat diare paling manjur

Cara mencegah penyakit diare

Diare merupakan jenis penuyakit yang beresiko menyebar dan menular, maka dari itu perlu penanganan seperti mencegahnya. Selain mengobati, langkah pencegahan terhadap diare memang sangat penting. Berikut ini ada beberapa langkah pencegahan terhadap diare yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan sabun
  • Jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang kebersihannya diragukan
  • Pisahkan makanan yang mentah dengan makanan yang sudah matang
  • Utamakan bahan makanan yang akan dikonsumsi yang masih segar
  • Jangan mengkonsumsi air mentah dan menjaga kebersihan air yang akan digunakan
  • Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar tempat tinggal

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit diare. Alangkah baiknya mencegah terlebih dahulu sebelum semuanya terjadi. Dengan mengetahui obat diare dengan menggunakan bahan alami dan juga cara mencegahnya, semoga senantiasa bisa sembuh dan juga terhindar dari terserang penyakit diare.

Obat Diare Paling Mujarab dengan Menggunakan Bahan Alami | admin | 4.5