Berikut Obat Diare untuk Balita dan Anak yang Ampuh dan Aman

By On Tuesday, November 29th, 2016 Categories : Obat

Obat diare untuk balita dan anak harus diberikan dengan memperhatikan kondisi penderitanya, karena balita dan anak ketika mengalami diare kondisinya sangat lemah. Ini disebabkan karena banyak kekurangan cairan akibat sering buang air besar. Langkah pertama biasanya dengan memberikan oralit dan cairan elektrolit.

Penyakit diare merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi usus hingga perubahan pola makan. Diare juga diakibatkan karena bakteri, parasit dan virus. Biasanya bakteri penyebab penyakit diare maupun parasit dan virus akan masuk kedalam tubuh dan akan menginfeksi usus melalui makanan yang dikonsumsi, sehingga mengakibatkan sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer.

Jika sudah demikian, penderita diare harus segera mendapat penanganan dan pencegahan agar tidak beresiko menular. Penanganan yang pertama yaitu untuk segera mengobati, cara pengobatan untuk penyakit diare pada anak dan balita sebaiknya dengan cara yang aman dan juga segera dilakukan, karena jika balita dan anak terkena diare resiko untuk mengalami dehidrasi sangat mungkin. Apabila sampai mengalami dehidrasi, resiko terparah pada balita dan anak yang mengalami dehidrasi bisa berujung pada kematian.

obat diare untuk balita dan anak

berikut obat diare untuk balita dan anak yang ampuh dan aman

Cara mengobati penyakit diare pada balita dan anak

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit diare pada balita dan anak. Dengan menggunakan obat yang aman dan ampuh untuk balita dan anak Anda. Berikut ini obat diare pada balita dan anak yang umum digunakan, yaitu :

  1. Oralit

Pemberian oralit ketika balita dan anak mengalami diare berfungsi untuk mengurangi resiko dehidrasi. Oralit bisa Anda buat sendiri dengan cara mencampurkan garam dan gula pasir ke dalam air hangat, kemudian aduk sampai larut. Setelah itu berikan pada balita dan anak Anda yang menderita diare dengan porsi yang cukup. Untuk balita berikan dengan porsi setengah gelas saja.

  1. Antibiotik

Pada saat balita dan anak mengalami diare, pengobatan dengan memberikan antibiotik sangat membantu untuk mengobati diare yang dideritanya. Namun, pemberian antibiotik jangan terlalu rutin, antibiotik biasanya hanya diberikan secara rutin untuk yang sedang mengalami disentri.

  1. Penggantian cairan elektrolit dan pemberian obat diare

Pentingnya memberikan pengganti cairan dan elekrolit ketika balita dan anak mengalami diare yaitu untuk menghindari resiko terjadinya dehidrasi. Penggantian cairan dan elektrolit bisa dilakukan dengan cara memberikan minuman pengganti cairan elektrolit untuk balita dan anak. Obat diare juga dapat diberikan untuk mengobati diare balita dan anak Anda. Pemberian obat biasanya untuk mereka yang memiliki aktivitas bepergian jauh.

Jika diare yang dialami balita dan anak tak kunjung sembuh, bahkan berkepanjangan setelah mendapatkan pengobatan, maka segera mungkin bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Diare berkepanjangan pada balita dan anak biasanya berlangsung lama, dalam waktu satu atau dua minggu bahkan lebih.

Obat diare balita dan anak yang alami dan efektif

Selain cara pengobatan di atas, bisa juga menggunakan obat diare yang alami dan efektif. Obat diare yang alami dan efektif dapat menggunakan bahan dari tanaman obat maupun buah dan sayuran. Tanaman obat seperti daun kayu putih, daun sendok dan daun jambu biji dapat digunakan untuk mengobati diare.

Selain itu, ada juga jenis buah dan sayuran yang bermanfaat untuk membantu mengobati diare, seperti sayur yang mengandung banyak serat dan jenis buah-buahan juga yang banyak mengandung serat tinggi. Seperti buah apel, pisang, jambu biji dan lain-lain. Cara yang alami dengan menggunakan bahan tersebut tentunya aman bagi penderita diare. Selain bahan-bahan alami tersebut, juga masih banyak bahan alami untuk mengobati penyakit diare pada balita dan anak.

Baca juga : obat diare alami untuk bayi

Cara mencegah penyakit diare pada balita dan anak

Selain melakukan tindakan pengobatan, ada langkah yang tidak kalah penting untuk mengatasi masalah diare, yaitu melakukan tindakan pencegahan. Pencegahan dilakukan untuk mengurangi resiko penularan dan juga untuk mencegah resiko yang lebih parah seperti mengalami dehidrasi. Berikut ini beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Biasakan anak Anda untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
  • Cuci peralatan makanan dan minuman dengan sabun agar bakteri mati
  • Bersihkan dan cuci mainan balita dan anak Anda setelah selesai digunakan
  • Jaga kebersihan diri Anda, keluarga dan lingkungan untuk mengurangi resiko penularan
  • Orang tua atau keluarga yang mengurus balita atau bayi juga perlu menjaga kebersihannya
  • Simpan peralatan makanan dan minuman buat balita dan anak Anda juga keluarga di wadah yang bersih dan tertutup
  • Jika balita atau bayi Anda mengkonsumsi ASI perah atau susu formula, selalu memastikan kebersihan dan kesterilan botol yang digunakan

Itulah beberapa langkah pencegahan untuk mencegah diare pada balita dan anak yang dapat dilakukan. Sebaiknya jika balita dan anak Anda menderita diare tidak kunjung membaik dan sembuh setelah beberapa hari mendapatkan pengobatan, maka perlu segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan penanganan lebih lanjut. Jika terlambat maka bisa berakibat fatal.

Berikut Obat Diare untuk Balita dan Anak yang Ampuh dan Aman | admin | 4.5