Obat Diare yang Alami dan Cara Pengolahannya yang Baik

By On Monday, March 27th, 2017 Categories : Obat

Obat diare yang alami ada berbagai macam, bisa menggunakan bahan alami seperti dari buah-buahan, sayuran mapupun tanaman obat. Karena untuk mencegah resiko efek samping dari pengobatan diare, menggunakan bahan yang alami dan diolah dengan cara yang baik tentunya akan efektif.

Diare merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri yang menginfeksi biasanya masuk lewat makanan yang terkontaminasi yang dikonsumsi dan akan menginfeksi saluran pencernaan seperti usus, sehingga menyebabkan diare. Jenis bakteri yang menyebabkan diare sendiri ada banyak jenisnya, namun yang sering menyebabkan diare yaitu bakteri Campylobacter, Salmonella, Shigella dan E. Coli.

Untuk mengatasi masalah diare, bisa dengan cara alami dengan menggunakan bahan herbal guna pengobatannya. Obat diare yang mengandung bahan kimia biasanya akan menimbulkan efek samping, jadi sebaiknya menggunakan bahan herbal untuk menghindari resiko efek samping pengobatannya. Namun, jika diare yang diderita tidak kunjung membaik dan sembuh setelah beberapa hari melakukan pengobatan, maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

obat diare yang alami

obat diare yang alami dan cara pengolahannya yang baik

Macam-macam obat diare yang alami dan aman

Untuk mengobati penyakit diare, ada berbagai macam bahan pengobatan yang bisa digunakan. Selain menggunakan obat-obatan dari dokter. Menggunakan bahan alami juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati penyakit diare. Berikut ini ada beberapa macam obat diare yang alami, yaitu :

  1. Jambu biji

Untuk mengobati diare dengan menggunakan jambu biji bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi langsung, bisa juga dibuat jus jambu biji. Manfaat jambu biji untuk mengobati diare sudah umum didengar, karena jambu biji mampu meningkatkan penyerapan air didalam usus. Sehingga baik dikonsumsi pada saat menderita diare dan akan membantu proses penyembuhan penyakit diare.

  1. Daun jambu biji

Bukan hanya buahnya saja yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit diare, tetapi daun jambu biji juga berkhasiat untuk mengobati diare. Manfaat daun jambu biji untuk obat diare biasanya yang masih muda yang digunakan untuk mengobati penyakit diare dengan berbagai macam cara, seperti mengunyahnya langsung, direbus, tumbuk dan seduh. Kandungan zat flavonoid dalam daun jambu biji mampu menghambat dan mengurangi diare.

  1. Buah sirsak

Kandungan senyawa dalam buah sirsak mampu mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Buah sirsak merupakan buah yang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, selain itu juga bisa digunakan untuk bahan pengobatan. Penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah sirsak.

  1. Buah apel

Buah apel sangat kaya akan kandungan seratnya yang bermanfaat untuk mengobati diare. Selain itu, kandungan lain dalam buah apel seperti pactin dan glukosa juga berfungsi untuk penyembuhan diare. Namun, untuk mengobati diare dengan buah apel sebaiknya dibuat saus apel terlebih dahulu, karena saus apel akan dapat dengan mudah dicerna.

  1. Buah pisang

Buah yang kaya akan kandungan gizi, vitamin dan mineral, selain banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, juga dapat digunakan untuk membantu mengobati diare. Kandungan zat potasium yang tinggi dalam buah pisang dapat menggantikan cairan elektrolit yang berkurang pada saat diare. Jadi, mengkonsumsi buah pisang pada saat menderita diare akan dapat membantu proses penyembuhan diare.

  1. Wortel

Wortel yang dikenal sebagai jenis sayuran yang kaya akan vitamin A guna kesehatan mata, ternyata dapat digunakan untuk mengatasi diare. Wortel yang memiliki kandungan kalium sangat tinggi bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, jadi mengkonsumsi wortel juga dapat mengatasi diare, konsumsilah dengan cara dibuat jus.

  1. Air kelapa

Kandungan dalam air kelapa dapat mengeluarkan racun dan membunuh bakteri yang ada dalam perut. Sehingga dengan mengkonsumsi air kelapa akan membuat perut merasa nyaman. Masalah sakit perut seperti disebabkan diare dengan mengkonsumsi air kelapa maka akan dapat diatasi.

Itulah beberapa dari bahan alami yang dapat mengobati penyakit diare, selain aman tanpa efek samping juga bahan-bahan alami di atas mudah didapatkan. Untuk cara pengolahannya juga mudah dan masing-masing dari bahan alami di atas.

Cara mengolah bahan alami di atas guna mengatasi masalah diare dengan cara mengkonsumsi langsung. Ada juga yang dengan cara merebusnya, tumbuk, seduh, dibikin jus maupun saus, tergantung dari bahan alami mana yang akan digunakan untuk mengobati diare. Namun, jika mengalami diare setelah diobati menggunakan bahan alami di atas tidak kunjung membaik dan sembuh, maka perlu pergi ke dokter guna diperiksa lebih lanjut dan mendapatkan penanganan.

Baca juga : cara mengobati penyakit diare

Cara mencegah penyakit diare

Penyakit diare yang merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri, biasanya bakteri tersebut masuk lewat makanan maupun minuman terkontaminasi yang masuk kedalam perut, kemudian menginfeksi saluran pencernaan seperti usus. Selain diobati juga harus melakukan tindakan pencegahan. Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah penyakit diare, yaitu :

  • Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan
  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang kebersihannya diragukan
  • Memisahkan makanan yang mentah dengan makanan yang matang
  • Usahakan selalu mengutamakan bahan makanan yang masih segar
  • Jangan minum air keran atau air mentah yang belum dimasak
  • Menjaga kebersihan air juga yang akan dipakai untuk kebutuhan
  • Selalu menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar

Selain mengobati dan mencegah, pola hidup juga harus dirubah. Menjalani pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, mengatur pola makan, dan menjaga kesehatan, dengan itu maka senantiasa akan terhindar dari terjangkit penyakit diare juga jenis penyakit yang lainnya.

Obat Diare yang Alami dan Cara Pengolahannya yang Baik | admin | 4.5