Obat Herbal Sakit Perut Menggunakan Bahan yang Alami

By On Monday, May 15th, 2017 Categories : Obat

Obat herbal sakit perut yang aman bisa dengan menggunakan bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut, seperti menggunakan buah dan sayuran serta tanaman obat. Semua bahan tersebut efektif untuk mengatasi sakit perut dan aman.

Sakit perut merupakan kondisi dimana hampir setiap orang pernah mengalaminya dan umum terjadi dikalangan masyarakat, dengan penyebab yang berbeda-beda. Biasanya sakit perut terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti makanan, gangguan sistem pencernaan, keracunan, infeksi, bahkan disebabkan oleh suatu jenis penyakit yang sifatnya berat dan serius.

Dilihat dari penyebab sakit perut yang berbeda-beda, jenis sakit perut juga tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya, sesuai dengan kondisi dan penyebabnya. Namun, jika sakit perut yang diderita karena disebabkan oleh suatu jenis penyakit yang sifatnya berat dan serius, biasanya sakit perut secara mendadak datangnya. Maka dari itu perlu diwaspadai dan sebaiknya menghubungi dokter. Oleh karena itu, sebaiknya setelah mengetahui penyebab dari sakit perut segera mengatasi dengan mengobatinya.

obat herbal sakit perut

obat herbal sakit perut menggunakan bahan yang alami

Bahan alami untuk obat herbal sakit perut

Salah satu tindakan setelah mengetahui penyebab jika menderita sakit perut yaitu dengan melakukan pengobatan. Untuk mengobati sakit perut bisa dengan obat herbal yaitu menggunakan bahan alami. Obat sakit perut yang alami bisa menggunakan bahan seperti berikut ini :

  1. Buah pepaya

Buah yang kaya akan manfaatnya untuk kesehatan karena kandungannya, tidak asing lagi dikalangan masyarakat yang dikenal sebagai buah yang baik untuk sistem pencernaan. Ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan, salah satunya dapat membantu mengobati masalah sakit perut. Buah pepaya memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan, maka dari itu dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut yang disebabkan oleh masalah gangguan sistem pencernaan.

  1. Buah pisang

Kandungan potasium, kalium dan elektrolit dalam buah pisang dapat membantu memelihara sistem pencernaan dan dapat mencegah dehidrasi bahkan mampu membuang racun berbahaya dari dalam tubuh. Buah pisang yang memiliki tekstur lembut sangat baik untuk sistem pencernaan dan nyaman di perut jika mengkonsumsinya. Maka dari itu, buah pisang baik dikonsumsi dan dapat mengatasi masalah sakit perut. Semua jenis pisang baik digunakan untuk mengobati sakit perut.

  1. Jambu biji

Buah yang dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi masalah diare karena kandungannya, bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut. Sakit perut yang disebabkan oleh diare dapat diatasi dengan mengkonsumsi jambu biji, karena kandungan jambu biji mampu meningkatkan penyerapan air pada usus.

  1. Kunyit

Bahan alami untuk mengatasi masalah sakit perut yaitu dengan menggunakan tanaman obat kunyit. Kunyit mengandung antibiotik yang berguna untuk meringankan sakit perut yang disebabkan oleh bakteri. Minumlah air rebusan kunyit 2 kali sehari untuk mengobati sakit perut. Bisa juga untuk meringankan sakit perut pada wanita yang sedang haid.

  1. Jahe

Jenis tanaman obat yang satu ini memang banyak khasiatnya. Selain bermanfaat sebagai minuman untuk penghangat tubuh, jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut. Kandungan zat zingiberin dan gingerol dalam jahe berkhasiat meringankan sakit perut yang disebabkan oleh bakteri. Jahe yang diolah menjadi minuman juga dapat digunakan untuk mengatasi mual dan kembung.

  1. Kencur

Tanaman obat kencur selain memiliki khasiat untuk mengatasi masalah bau badan juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut. Kencur yang diolah dalam bentuk minuman beras kencur bisa diminum minimal satu kali sehari untuk mengatasi sakit perut.

  1. Wortel

Sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A dan baik untuk kesehatan mata, wortel juga ternyata dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut. Kandungan kalium dalam wortel dapat memperlancar sistem pencernaan, jadi masalah sakit perut akibat gangguan sistem pencernaan bisa diatasi menggunakan wortel. Wortel dapat diolah dalam bentuk jus wortel kemudian diminum ketika mengalami sakit perut.

  1. Daun cermai

Daun cermai juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut. Daun cermai memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit perut. Caranya dengan mengeringkan daun cermai terlebih dahulu, kemudian tumbuk daun cermai yang sudah kering. Seduhlah tumbukan daun cermai tersebut dengan air hangat dan minum sehari 1-2 kali.

  1. Air kelapa

Selain dikenal untuk membantu mengatasi keracunan, air kelapa juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut. Air kelapa memiliki kandungan zat dan enzim yang dapat menenangkan perut jika meminumnya. Maka, dengan meminum air kelapa ketika mengalami sakit perut akan bisa diatasi.

Baca juga : obat sakit perut melilit yang efektif

Itulah beberapa obat herbal dengan bahan alami untuk mengatasi masalah sakit perut. Namun, jika mengalami sakit perut yang datangnya secara tiba-tiba atau mendadak, segera pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisinya. Karena sakit perut yang mendadak biasanya disebabkan oleh suatu penyakit yang sifatnya berat dan serius.

Alangkah baiknya untuk selalu menjaga kondisi kesehatan dengan rutin berolahraga. Selain itu juga untuk selalu hati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Perhatikan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi, karena makanan merupakan sumber penyakit. Semoga dengan mengetahui obat herbal untuk mengatasi sakit perut dengan bahan alami dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi Anda yang membacanya.

Obat Herbal Sakit Perut Menggunakan Bahan yang Alami | admin | 4.5