10 Obat Penyakit Kulit Kurap yang Alami

By On Friday, March 2nd, 2018 Categories : Obat

Obat penyakit kulit kurap yang alami ada begitu banyak yang bisa digunakan. Dengan bahan alami maka resiko kulit mengalami iritasi atau bahkan bertambah parah penyakit kulit tersebut sangat kecil, karena bahan alami aman dan tanpa efek samping untuk digunakan.

Mungkin ada banyak juga obat, krim, atau juga salep untuk mengatasi kurap yang di jual di apotek. Namun, untuk mengatasi kurap bisa dengan melakukan sendiri dengan cara yang mudah. Sebelum melakukan pengobatan dengan cara alami untuk mengatasi kurap, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu apa yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit kulit kurap.

Penyakit kulit kurap umumnya disebabkan oleh jamur, yaitu jamur Dermatofit yang mampu bertahan hidup pada kulit manusia. Jamur ini akan berkembang atau hidup pada kulit manusia apabila kurang menjaga kebersihan, biasanya akan tumbuh pada bagian tubuh atau kulit manusia yang lembab. Namun pada penyakit kulit kurap jamur ini akan menyerang dan tumbuh bagian kuku, tubuh bagian atas dan kepala, bisa juga tumbuh pada bagian selangkangan dan kaki.

obat penyakit kulit kurap yang alami

obat penyakit kulit kurap

Obat penyakit kulit kurap yang alami

Gejala penyakit kulit kurap yang ditandai dengan gejala munculnya ruam kemerahan pada bagian kulit, biasanya berbentuk cincin dengan garis luar yang tidak beraturan. Dengan mengetahui penyebab dan gejala kurap, maka kurap akan bisa diatasi. Berikut ini beberapa obat penyakit kulit kurap yang alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kurap, yaitu :

  1. Lidah buaya

Untuk mengobati kurap bisa dengan menggunakan lidah buaya yang diambil bagian gel lidah buayanya. Gel lidah buaya memiliki kandungan alami yang mampu membunuh jamur pada kulit yang mengakibatkan kurap. Selain dapat mengobati kurap, gel lidah buaya juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit bekas kurap. Dengan mengoleskan langsung gel lidah buaya pada bagian kulit yang terserang kurap, rutin setiap hari maka kurap akan sembuh.

  1. Jeruk nipis

Mengatasi kurap juga bisa dengan menggunakan jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi penyakit kulit kurap, karena jeruk nipis memiliki kandungan senyawa yang bisa membunuh jamur penyebab kurap. Dengan mengambil air perasan jeruk nipis yang kemudian dioleskan pada bagian kulit yang terserang kurap, maka kurap akan sembuh. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan belerang dan minyak kelapa secukupnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Lengkuas

Lengkuas merupakan tanaman obat yang banyak khasiatnya, selain bisa dijadikan rempah sebagai penambah bumbu dalam masakan, lengkuas juga bisa digunakan untuk bahan pengobatan salah satunya untuk mengatasi kurap. Lengkuas yang diiris tipis-tipis atau bisa dengan diparut, kemudian tempel atau oleskan pada bagian kulit yang terserang kurap maka kurap akan dapat diatasi. Kandungan senyawa esensial dalam lengkuas mampu membunuh jamur penyebab kurap pada kulit.

  1. Kunyit

Selain lengkuas, tanaman obat lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi kurap yaitu kunyit. Caranya sama dengan lengkuas, yaitu dengan mengoleskannya setelah kunyit diparut atau iris tipis2 pada kulit yang terkena kurap. Kandungan sifat alami kunyit dapat membunuh jamur dan mencegah terjadinya infeksi pada kulit yang terserang kurap. Kunyit juga dapat menghaluskan kulit dan menghilangkan bekas pada kulit akibat kurap.

  1. Minyak kelapa

Penyakit kulit kurap juga dapat disembuhkan dengan menggunakan minyak kelapa. Dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang terdapat kurap, maka kurap akan bisa diatasi. Jamur penyebab kurap akan mati dan selain itu juga kulit akan bersih dari bekas kurap. Oleskan minyak kelapa secara langsung pada kulit yang terserang kurap rutin setiap hari untuk mempercepat penyembuhan kulit dari kurap.

  1. Bawang putih

Selain digunakan dalam bumbu masakan, ternyata bawang putih juga memiliki khasiat untuk mengatasi kurap. Kandungan getah dalam bawang putih mampu membunuh jamur yang mengakibatkan kurap dan mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Dengan mengoleskan atau digosok ke bagian kulit yang terserang kurap, maka penyakit kulit kurap akan segera sembuh. Selain itu juga kulit bekas kurap akan kembali halus dan tidak membekas.

  1. Minyak zaitun

Manfaat dari minyak zaitu memang banyak sekali, dan salah satunya untuk mengatasi penyakit kulit kurap. Minyak zaitun juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit dan mampu membunuh jamur yang menyebabkan kurap maupun penyakit kulit lainnya. Oleskan minyak zaitun secara langsung pada bagian kulit yang terserang kurap, diamkan beberapa saat kemudia bilas dengan air hangat.

  1. Daun tembakau

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kulit kurap ialah daun tembakau. Daun tembakau memiliki khasiat menyembuhkan kurap dengan cepat dalam waktu singkat, dan juga dapat membunuh jamur yang mengakibatkan kurap. Daun tembakau yang ditumbuk bisa dioleskan secara langsung pada bagian kulit yang terserang kurap.

  1. Cuka apel

Mengatasi penyakit kulit kurap juga bisa dengan menggunakan cuka apel. Dengan mengoleskan cuka apel dengan media kapas, kemudian gosok-gosokan pada kulit yang terdapat kurap maka kurap akan bisa diatasi dan juga bekas kurap pada kulit akan hilang. Cuka apel mampu membunuh jamur pada kulit yang menyebebkan kurap.

  1. Belerang

Bahan alami yang bisa digunakan sejak dulu untuk mengatasi kurap dan terbukti ampuh yaitu belerang. Belerang sudah dipercaya digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit kulit. Belerang mengandung zat alami yang mampu membunuh jamur penyebab penyakit kulit. Belerang yang dihaluskan kemudian dicampur air secukupnya sampai membentuk pasta, lalu oleskan pada bagian kulit yang terdapat kurap maka akan segera sembuh.

Baca juga : obat diare paling aman untuk ibu hamil

Itulah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kulit kurap. Walaupun penyakit kulit kurap tidak berbahaya, namun dapat menular. Penularan biasanya lewan kontak secara langsung, bisa juga lewat barang-barang yang sering digunakan, seperti handuk, pakaian, sisir, dan yang lainnya.

Selain mengatasi kurap dengan mengobati menggunakan bahan alami seperti di atas, sebaiknya juga melakukan tindakan pencegahan agar tidak menular dan penyakit kulit kurap tidak datang lagi. Pencegahan yang bisa dilakukan sangat mudah, yaitu dengan rajin membersihkan diri seperti rutin mandi minimal dua kali sehari. Selalu membersihkan barang-barang pribadi yang dipakai juga dapat mencegah timbulnya jamur pada kulit.

Jangan memakai pakaian yang sudah terkena keringat dan selalu menjemur atau diangin-anginkan handuk yang habis digunakan, bila perlu mencuci handuk seminggu sekali. Barang-barang pribadi juga sebaiknya dipakai sendiri, jangan dipinjamkan ke orang lain. Dengan demikian, penyakit kulit kurap atau penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh jamur tidak akan atau tidak mudah menyerang kulit kita.

10 Obat Penyakit Kulit Kurap yang Alami | admin | 4.5