Inilah Obat Sakit Perut Anak yang Alami dan Cepat Sembuh

By On Monday, November 6th, 2017 Categories : Obat

Obat sakit perut anak yang alami dan aman dikonsumsi sebaiknya menggunakan bahan yang alami juga, sehingga resiko dan efek samping bahkan bertambah parah sangat kecil. Seperti menggunakan bahan alami dari tanaman obat, buah-buahan dan juga bahan alami yang mudah dicerna.

Mengingat anak-anak sistem kekebalan tubuhnya masih lemah, jadi mudah terserang penyakit. Seperti sering terkena sakit perut tanpa ada gejala yang jelas. Biasanya mereka akan mengeluh sakit perut pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur. Namun, umumnya sakit perut pada anak disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus pada perut lewat makanan yang dikonsumsi.

Bakteri dan virus yang menginfeksi perut atau saluran pencernaan pada anak biasanya masuk lewat makanan atau minuman yang dikonsumsi anak. Seringnya anak yang masih jajan sembarangan sangat rentan akan terserang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Sakit perut anak juga terjadi karena si anak menderita penyakit diare, penyakit disentri, perut kembung, bahkan anak mengalami stress. Maka dari itu anak akan mengeluh sakit perut karena disebabkan hal tersebut.

obat sakit perut anak yang alami

obat sakit perut anak yang alami dan aman dikonsumsi

Obat sakit perut anak yang alami

Ketika anak mengalami sakit perut dengan penyebab yang berbeda-beda, sebaiknya segera ditangani dengan mengobati menggunakan bahan yang alami. Berikut ini ada beberapa obat sakit perut anak yang alami, yaitu :

  1. Jahe

Tanaman yang sering digunakan untuk pembuatan minuman penghangat tubuh ternyata banyak manfaatnya dan dapat digunakan untuk bahan pengobatan, seperti mengatasi sakit perut pada anak. Minumlah air jahe ketika anak mengalami sakit perut, karena jahe mengandung gingerol aktif yang akan bekerja untuk menjaga sistem pencernaan pada anak. Bahkan jahe juga dapat meredakan mual dan muntah pada anak yang mengalami sakit perut akibat masuk angin.

  1. Teh chamomile

Bisa juga memberikan teh chamomile ketika anak mengalami sakit perut, karena teh chamomile bisa membuat perut anak menjadi lebih nyaman. Selain dapat menenangkan perut, juga mampu mengurangi gas perut bahkan mengatasi mual dan muntah, meningkatkan kontraksi otot dan usus perut, meringankan kram perut serta mengatasi asam lambung. Berikan teh chamomile hangat pada anak yang mengalami sakit perut, bisa juga dengan menambahkan madu.

  1. Teh daun mint

Memberikan teh daun mint pada anak yang mengalami sakit perut sama seperti teh chamomile. Daun mint akan bekerja meningkatkan aliran darah dalam saluran empedu dan kemudian sistem pencernaan akan kembali normal. Berikan teh hangat yang dicampur daun mint kepada anak yang mengalami sakit perut. Manfaat daun mint untuk kesehatan juga akan didapat dan akan mempercepat proses penyembuhan sakit perut pada anak.

  1. Yogurt

Makanan sehat yang satu ini ternyata mampu mengatasi berbagai jenis sakit perut dengan berbagai penyebab yang berbeda. Kandungan lactobacillus dalam yogurt dapat menambah daya kerja bakteri baik dalam perut yang akan membunuh bakteri jahat penyebab sakit perut pada anak. Yogurt juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dalam usus perut.

  1. Buah kering

Beberpa jenis buah kering seperti kurma, kismis, dan ceri mampu membuat perut menjadi nyaman. Buah kering memiliki serat yang tinggi sehingga dapat membuat usus kembali bekerja dengan baik. Makanlah buah kering ketika anak mengalami sakit perut, bisa dicampurkan pada sereal atau bubur.

  1. Air lemon

Air lemon juga ternyata dapat digunakan untuk mengatasi sakit perut pada anak, namun jangan berikan pada anak yang menderita sakit maag, iritasi lambung dan asam lambung berlebihan. Kandungan vitamin C pada air lemon sangat baik untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan dapat menekan penyakit lain seperti masuk angin dan flu.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya yang dibikin jus dapat digunakan untuk mengobati sakit perut pada anak. Jus lidah buaya akan membantu pencernaan menjadi lebih baik dan mengatasi sembelit. Kembung dan gas berlebih dalam saluran pencernaan juga dapat diatasi dengan jus lidah buaya. Sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsi lidah buaya untuk mengatasi sakit perut pada anak dan jangan ditambah gula atau pemanis buatan.

  1. Pisang

Pisang merupakan buah yang mengandung mineral, kalium dan kalsium yang tinggi. Pisang sangat baik dikonsumsi untuk anak yang mengalami sakit perut. Selain mudah dicerna, pisang juga dapat memberikan efek nyaman pada perut anak yang sakit. Pisang juga dapat mengatasai sakit perut akibat diare.

  1. Apel

Selain buah pisang, apel juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut pada anak. Kandungan gula alami pada apel dan juga karbohidratnya baik untuk perut anak. Kandungan paktinnya juga baik mengatasi anak yang sakit perut akibat diare, juga dapat mengatasi mual dan muntah. Apel juga dapat memberikan energi untuk tubuh anak yang lemah karena menderita sakit perut.

Baca juga : sakit perut secara mendadak

  1. Nasi putih

Nasi putih bisa diberikan kepada anak yang sedang sakit perut, karena memiliki tekstur yang lunak dan serat yang cukup, sehingga masalah sakit perut pada anak dapat diatasi. Nasi putih juga akan menambah dan memeberikan rasa nyaman di perut anak yang sakit perut.

Selain mengatasi sakit perut anak dengan menggunakan bahan alami di atas, ketika anak mengalami sakit perut juga bisa dengan memberikan minum yang cukup, pijat kakinya, kompres perutnya dengan air hangat dan mengajaknya berjalan jika mengalami sembelit.

Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan sakit perut yang dialami anak, sebaiknya juga perlu menghindari beberapa hal seperti jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang justru akan bertambah parahnya sakit perut yang dialami anak. Seperti menghindari mengkonsumsi minuman coklat, susu, makanan pedas dan berminyak.

Inilah Obat Sakit Perut Anak yang Alami dan Cepat Sembuh | admin | 4.5