Obat Sakit Perut Bagian Bawah dan Penyebabnya yang Harus Diketahui

By On Sunday, November 12th, 2017 Categories : Obat

Obat sakit perut bagian bawah dapat diatasi dengan cara bantuan medis, karena perlu diagnosa penyebab dari sakit perut bagian bawah tersebut. Biasanya disebabkan oleh jenis penyakit tertentu yang sifatnya serius atau berat dan juga biasanya disetai dengan gejala penyakit tersebut.

Sakit perut bagian bawah juga terjadi tidak pada satu titik, biasanya ada beberapa titik yang akan terasa nyeri. Nyeri bagian perut bawah kanan disebabkan oleh penyakit usus buntu, peradangan usus besar, kehamilan ektopik, penyakit radang panggul. Sedangkan nyeri pada bagian perut bawah kiri disebabkan karena menderita hernia, peradangan saluran ginjal dan lainnya.

Ada juga sakit perut bagian bawah pada titik tengah perut, disebabkan oleh peradangan usus besar, usus buntu, kehamilan di luar kandungan, batu ginjal, hernia, kram perut ketika menstruasi. Dari beberapa penyakit yang menyebabkan sakit perut bagian bawah tersebut, kurang lebih sama, hanya saja posisi ketika terasa nyeri akan berpindah-pindah. Maka dari itu, pengobatannya memerluakn bantuan dokter karena butuh diagnosa dan penanganan penyakit yang menyebabkan sakit perut tersebut.

obat sakit perut bagian bawah

cara mengobati sakit perut bagian bawah dan penyebabnya

Tips mengatasi sakit perut bagian bawah

Jika sakit perut bagian bawah terjadi dan biasanya akan sangat mengganggu, maka dapat melakukan beberapa tips berikut. Tips berikut ini bukan untuk mengobati tetapi membantu mengurangi rasa nyeri perut bagian bawah. Berikut ini tips yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Istirahat yang cukup 7-8 jam per hari
  2. Hindari dulu aktifitas fisik yang berlebihan
  3. Biasakan untuk berolahraga secara teratur
  4. Konsumsi makanan bergizi seimbang dan minum air putih yang cukup
  5. Kurangi konsumsi makanan berlemak dan minuman berkafein atau bersoda
  6. Kompres perut dengan air hangat untuk meredakan nyeri atau bisa juga mengkonsumsi obat pereda nyeri
  7. Perbanyak juga makanan berserat untuk mempercepat proses penyembuhan

Namun, apabila nyeri perut disertai sesak napas dan setiap sehabis mengkonsumsi makanan pedas umumnya disebabkan dispepsia. Kondisi ini merupakan gangguan pergerakan saluran pencernaan, peningkatan produksi asam lambung, infeksi bakteri atau stress psikis. Namun, dapat pula disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti tukak lambung, gastritis, GERD, batu empedu, kanker lambung, serta efek samping kafein, alkohol atau obat tertentu.

Jadi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas, asam, berlemak dan mengandung bahan pengawet juga dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga menyebabkan sakit perut bagian bawah. Untuk meredakan nyeri tersebut dapat melakukan tips seperti di atas. Jika tips tersebut belum berhasil, maka berkonsultasilah ke dokter. Jika diperlukan dokter akan mendiagnosa dan memberikan resep obat yang dapat meredakan nyeri pada perut.

Baca juga : obat sakit perut sebelah kiri

Cara alami mengobati sakit perut bagian bawah

Selain dengan melakukan tips di atas untuk mengatasi sakit perut bagian bawah dengan penyebab yang tidak terlalu serius, berikut ini ada cara alami mengobati sakit perut bagian bawah, yaitu :

  • Kunyit

Tanaman obat yang banyak memiliki khasiat untuk digunakan sebagai bahan pengobatan, kunyit juga dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk mengatasi sakit perut bagian bawah. Caranya dengan menyediakan kunyit 1 rimpang, kemudian tumbuk sampai halus dengan menambahkan 3 biji ketumbar, setengah sendok teh rasuk angin, 1 lembar daun tawas dan 1 buah kayu ules, lalu di rebus dengan air secukupnya. Saring dan minum air rebusan tersebut setelah dingin 2 kali sehari pagi dan sore secara rutin.

  • Daun sembung

Daun sembung memiliki banyak khasiat untuk dijadikan bahan pengobatan, salah satunya untuk mengatasi sakit perut bagian bawah. Caranya dengan menyediakan segenggam daun sembung, cuci dengan air sampai bersih dan potong kecil-kecil. Kemudian rebus sampai mendidih dan ambil air rebusannya, minumlah air rebusan tersebut dengan ditambahkan madu 3 kali sehari secara rutin.

  • Jahe

Salah satu tanaman obat lainnya yang dapat mengatasi sakit perut bagian bawah yaitu jahe. Jahe mengandung gingerol, yaitu antioksidan kuat yang dapat mengurangi jumlah dan efek jahat radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, dapat juga mengurangi rasa mual dan tidak nyaman pada perut. Jahe juga memiliki sifat anti radang serta dapat menetralkan pH di lambung. Caranya dengan dibikin minuman jahe dan meminumnya setiap hari sampai rasa nyeri pada perut membaik.

Itulah cara mengatasi sakit perut bagian bawah dengan cara alami yang dapat dilakukan. Ramuan herbal tersebut bersumber dari berbagai sumber informasi kesehatan. Jika selama mengkonsumsi obat herbal sakit perut di atas tidak merubah kondisi sakit perut bagian bawah yang dialami, maka segera pergi ke dokter untuk mengkonsultasikannya.

Selain dengan tips dan cara di atas, sebaiknya juga untuk cukup istirahat ketika mengalami sakit perut bagian bawah. Minum air putih yang cukup dan sebisa mungkin untuk menghindari mengkonsumsi makanan pedas, asam dan berminyak. Jangan juga mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Perbanyak mengkonsumsi makanan tinggi gizi dan berserat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan rasa nyeri yang dirasakan ketika sakit perut.

Obat Sakit Perut Bagian Bawah dan Penyebabnya yang Harus Diketahui | admin | 4.5