Obat Sakit Perut Melilit yang Alami dan Manjur

By On Thursday, November 9th, 2017 Categories : Obat

Obat sakit perut melilit bisa dengan menggunakan bahan yang alami sehingga aman. Jika sering mengalami sakit perut apalagi sampai terasa melilit, biasanya merupakan gangguan pada sistem pencernaan seperti pada bagian lambung dan usus, bisa juga karena jenis penyakit tertentu.

Ada banyak penyebab sakit perut melilit, biasanya terjadi akibat menderita penyakit yang berkaitan dengan gangguan sistem pencernaan. Seperti penyakit diare, sakit maag, disentri, sembelit, usus buntu dan lain sebagainya. Tetapi ada juga beberapa penyebab lain yang dapat menyebabkan sakit perut melilit, seperti kondisi datang bulan pada wanita atau pada saat hamil, dan juga lainnya.

Jika menderita sakit perut melilit, sering kali merasakan mulas dan perut seperti diremas-remas. Biasanya penderita akan susah berkontraksi, kurang nafsu makan, susah tidur dan tentunya sering merasa sakit dengan menahan akibat gejala yang tak kunjung reda. Gejala lainnya juga akan dialami seperti susah buang angin, rasa ingin buang air besar terus menerus, susah BAB, sering bersendawa, perut kembung, bahkan mual dan muntah.

obat sakit perut melilit yang alami

obat sakit perut melilit alami dan manjur

Obat sakit perut melilit yang alami

Setelah mengetahui beberapa penyebab sakit perut melilit dan gejala yang dirasakan, sebaiknya untuk segera ditangani dengan mengobatinya. Berikut ini ada beberapa obat sakit perut melilit yang alami dan aman digunakan, yaitu :

  1. Daun jambu biji

Jambu biji yang memiliki khasiat untuk mengatasi masalah pencernaan sudah dikenal masyarakat sejak dulu, begitu juga dengan daunnya. Daun jambu biji yang mengandung sifat alami guna mengobati masalah pencernaan, dapat digunakan juga untuk mengobati sakit perut melilit. Ambil beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda, kemudian cuci sampai bersih. Lalu rebus dengan air dan kemudian air rebusan tersebut diminum. Konsumsi rebusan daun jambu biji secara teratur dan rutin 3 kali dalam sehari.

  1. Kunyit

Tanaman obat yang satu ini memang banyak sekali khasiat dan manfaatnya guna mengatasi berbagai macam jenis penyakit, seperti masalah sakit perut melilit. Cara untuk mengobati sakit perut melilit menggunakan kunyit yaitu dengan mengambil sari kunyitnya. Pertama sediakan 1 ruas kunyit, lalu kupas dan bersihkan dengan air. Kemudian parut atau bisa dengan memblendernya. Peras kunyit yang sudah diparut atau diblender, kemudian minum 3 kali sehari secara teratur untuk mengobati sakit perut melilit.

  1. Jahe

Jahe juga merupakan salah satu tanaman obat yang banyak manfaatnya. Biasanya digunakan untuk dijadikan minuman penghangat tubuh. Namun, jahe juga ternyata dapat digunakan untuk mengatasi sakit perut melilit. Caranya kurang lebih sama seperti kunyit, yaitu dengan mengambil sari jahenya dengan cara diparut, atau bisa juga dengan Cuma menggeprek 1 ruas jahe, kemudian direbus atau masukan langsung ke dalam air panas, lalu minum.

  1. Daun cermai

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengobati sakit perut melilit yaitu daun cermai. Caranya yaitu dengan mengambil daun cermai yang siudah dikeringkan, lalu tumbuk sampai halus. Kemudian seduh ke dalam segelas air panas, tunggu beberapa saat dan minum ramuan tersebut beserta ampasnya rutin setiap hari.

  1. Daun delima putih

Daun delima putih juga dapat digunakan untuk mengobati sakit perut melilit. Cara menggunakannya dengan menyediakan beberapa lembar daun delima putih yang masih segar, lalu cuci dengan air sampai bersih. Kemudian rebus daun delima putih tersebut dan ambil air rebusannya guna diminum.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sakit perut melilit. Selain mengkonsumsi obat sakit perut melilit dengan bahan alami seperti di atas, sebaiknya juga dengan melakukan beberapa langkah pencegahan untuk menghindari sakit perut melilit datang lagi dan biasanya akan mengalami sakit perut secara mendadak.

Ada beberapa langkah pencegahan seperti menghindari mengkonsusmi makanan pedas dan asam, hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang kebersihannya masih diragukan, hindari juga minum minuman yang bersoda dan yang banyak mengandung gas. Makanlah secara teratur dan cukup istirahat, sebaiknya juga untuk menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Baca juga : manfaat air kelapa untuk mengobati sakit perut

Langkah-langkah mengatasi sakit perut melilit

Selain dengan mengobati dengan cara atau menggunakan bahan alami di atas, ada juga langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan sakit perut melilit yang dialami. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Kompres dengan air hangat

Rasa sakit yang melilit ketika mengalami sakit perut, bisa jadi akibat ketegangan otot pada dinding perut atau organ dalam. Maka dari itu, istirahat sejenak dengan posisi berbaring dan kompres bagian perut yang sakit dengan air hangat, lakukan selama 15-20 menit.

  • Bergerak ringan

Jika rasa sakit dapat ditahan, maka sering-sering untuk bergerak dengan berjalan-jalan ringan. Tujuannya untuk memperlancar jalannya sistem pencernaan jika sistem pencernaan mengalami gangguan yang disebabkan oleh gas yang menimbun dalam usus.

  • Obat pencahar

Selain dengan mengobati mengguanakan bahan alami seperti di atas, bisa juga menggunakan obat pencahar. Ini dilakukan jika sakit perut melilit disebabkan akibat tidak bisa BAB dalam beberapa hari akibat fases yang mengeras dan susah untuk dikeluarkan.

  • Mengatur pola makan

Langkah selanjutnya dengan mengatur pola makan, yaitu dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil. Sebaiknya jangan dulu mengkonsumsi atau tidak sama sekali mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam yang dapat memicu bertambah parahnya sakit perut.

Langkah-langkah di atas merupakan tindakan untuk membantu mempercepat menyembuhkan dan mencegah sakit perut melilit kambuh lagi. Untuk sakit perut melilit akibat gangguan sistem pencernaan, sebaiknya banyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Sakit perut melilit biasanya terjadi akibat dampak dari penyakit lain yang diderita, seperti gangguan masalah sistem pencernaan yang serius. Sakit perut melilit akan terasa nyeri spasmodik parah pada perut yang disebabkan oleh ketegangan, penyumbatan atau peradangan. Biasanya akan muncul secara tiba-tiba atau berkembang secara bertahap lalu menjadi kronis.

Maka dari itu, jangan anggap remeh jika mengalami sakit perut melilit apalagi yang datangnya secara tiba-tiba. Segeralah diatasi dengan mengobatinya menggunakan bahan alami di atas dan langkah-langkah pencegahannya juga. Jika sakit perut yang diderita bertambah parah setelah menggunakan bahan alami di atas untuk mengobatinya, maka segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

Biasanya dokter akan lebih tau penyebab sakit perut melilit yang diderita dan akan segera menangani juga mengobatinya. Itulah obat sakit perut melilit yang alami yang dapat digunakan jika menderita sakit perut. Semoga bermanfaat dan segera lekas sembuh yang sedang mengalami sakit perut melilit. Jangan lupa juga untuk selalu hidup sehat dan mengkonsumsi makanan sehat agar tidak mudah terserang sakit perut dan juga penyakit jenis lainnya.

Obat Sakit Perut Melilit yang Alami dan Manjur | admin | 4.5