Obat Sakit Perut Sebelah Kanan dan Penyebabnya yang Harus Diketahui

By On Thursday, November 9th, 2017 Categories : Obat

Obat sakit perut sebelah kanan biasanya akan memerlukan bantuan medis dengan cara diagnosis, karena sakit perut sebelah kanan biasanya disebabkan oleh suatu jenis penyakit yang bersifat serius. Meskipun kebanyakan orang juga dapat mengeluhkan sakit perut dan umum terjadi.

Namun, ketika sakit perut terjadi untuk mempermudah identifikasi, diagnosis dan pengobatannya, biasanya sakit perut dikelompokan berdasarkan lokasinya, seperti sakit perut sebelah kanan atas dan bawah. Ada beberapa penyebab dan gejala jika mengalami sakit perut sebelah kanan atas dan bawah, biasanya tidak lain dan tidak bukan karena jenis penyakit yang sifatnya lebih serius.

Jenis penyakit seperti penyakit empedu biasanya penyebab dari sakit perut sebelah kanan atas. Sedangkan sakit perut sebelah kanan bawah bisanya disebabkan oleh penyakit seperti radang usus buntu dan kista ovarium kanan. Jenis penyakit lain seperti penyakit tukak lambung, asam lambung dan kanker lambung juga dapat menyebabkan sakit perut. Maka dari itu, untuk mengatasi atau mengobatinya membutuhkan bantuan medis. Karena harus mengidentifikasi dan mendiagnosis terlebih dahulu penyebab dan kemudian mengobati penyakit tersebut terlebih dahulu.

obat sakit perut sebelah kanan

obat sakit perut sebelah kanan dan penyebabnya

Penyebab sakit perut sebelah kanan

Sakit perut sebelah kanan sering terjadi karena disebabkan oleh beberapa jenis penyakit, biasanya sakit perut sebelah kanan akan dirasa pada bagian kanan atas dan bawah. Berikut ini ada beberapa penyebab dari sakit perut sebelah kanan atas dan bawah, yaitu :

  1. Penyakit hati (Liver)

Pneyakit hati atau liver merupakan salah satu penyebab dari sakit perut sebalah kanan atas, karena hati terletak pada perut bagian kanan atas. Oleh karena itu, apabila ada gangguan berupa peradangan (hepatitis), kanker, abses hevar (liver abcess), maka bisa menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan atas. Tanda dan gejala lain yang dapat menyertainya berupa mual dan muntah, badan lemas, demam, pembesaran hati, mata dan kencing menjadi kuning pekat (hepatitis).

  1. Penyakit empedu

Kantung empedu yang terletak tepat dibawah hati, yaitu di perut sebelah kanan atas. Maka dari itu, jika terjadi gangguan pada organ ini seperti radang karena batu empedu atau kanker empedu, dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas. Gejala lainnya seperti nyeri ulu hati, nyeri perut kanan atas menjalar ke punggung dan bahu kanan tembus ke belakang.

  1. Penyakit ginjal

Penyakit yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas salah satunya penyakit ginjal. Ginjal ada dua buah, kiri dan kanan. Ginjal kanan terletak tepat dibawah hati sehingga gangguan berupa batu ginjal atau infeksi ginjal bisa menyebabkan rasa sakit pada perut sebelah kanan atas. Tanda lain ginjal bermasalah yaitu seperti terdapatnya nyeri ketok pada pinggang.

  1. Radang usus buntu

Salah satu penyebab sakit perut sebelah kanan bawah yaitu radang usus buntu. Usus ubuntu sendiri letaknya pada perut sebelah kanan bawah. Gejala lain dari radang usus buntu yaitu rasa nyeri tekan perut kanan bawah, hilang nafsu makan, mual dan muntah setelah perut sakit, demam dan perut kembung.

  1. Kista ovarium kanan

Kista ovarium yaitu kantung berisi cairan yang terdapat pada ovarium (indung telur). Kebanyakan kista tidak menimbulkan gejala apapun dan akan sembuh sendiri. Namun, jika kista ovarium membesar dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut. Jika kista sudah membesar maka akan menekan pada kandung kemih dan akan merasa sebentar-sebentar ingin kencing. Jadi, kista ovarium kanan akan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan bawah.

  1. Hernia inguinalis

Penyakit ini juga dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan bawah. Penyakit ini terjadi ketika jaringan lunak bagian dari membran yang melapisi rongga perut (omentum) atau bagian dari usus akan menonjol melalui titik lemah pada otot perut. Tonjolan tersebut dapat menyakitkan terutama ketika batuk, membungkuk, mengangkat benda yang berat.

Itulah beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas dan bawah. Selain yang di atas, juga masih ada lagi penyebabnya seperti penyakit batu ureter, usus tersumbat, radang pankreas, gangguan kehamilan, salpingitis sebelah kanan.

setelah mengetahui dari penyebab sakit perut sebelah kanan, untuk mengobatinya tidak dengan begitu saja menggunakan obat-obatan. Baik obat herbal sakit perut atau obat-obatan sakit perut yang banyak di jual di apotek. Mengingat sakit perut sebelah kanan disebabkan oleh beberapa penyakit yang sifatnya serius, maka perlu penanganan dokter dengan diagnosa dokter terlebih dahulu.

Baca juga : obat sakit perut melilit

Obat sakit perut sebelah kanan

Sebenarnya untuk mengobati sakit perut sebelah kanan tergantung pada diagnosis. Pemeriksaan fisik secara menyeluruh harus dilakukan untuk diagnosa yang tepat. Bisanya pemeriksaan penunjang seperti USG dan sinar-X mungkin diperlukan guna membuat penilaian yang lebih tepat.

Setelah penyebab sakit perut sebelah kanan ditentukan, baru akan diberitahu dan dianjurkan tentang pengobatannya, termasuk apakah perlu operasi atau tidak. Pada dasarnya, untuk mengatasi atau mengobati sakit perut sebelah kanan terlebih dahulu mengobati penyebab atau penyakit yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan tersebut.

Selain dengan mengobati dengan cara melakukan diagnosa terlebih dahulu, pencegahan juga perlu dilakukan. Namun, pada dasarnya tidak ada cara atau metode khusus untuk mencegah sakit perut sebelah kanan. Karena rasa sakit disebabkan oleh jenis penyakit yang bervariasi. Cara pencegahannya tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Oleh karena itu, jika mengalami sakit perut sebelah kanan yang tak kunjung reda, sebaiknya langsung periksakan ke dokter.

Dari keterangan di atas, baik penyebab dan cara mengobati maupun mencegahnya, disimpulkan bahwa sakit perut sebelah kanan atas tidak langsung mudah untuk di obatinya. Perlu diagnosis terlebih dahulu guna mengetahui penyebab dari sakit perut sebelah kanan tersebut. Langkah yang tepat untuk mengetahuinya segera pergi ke dokter untuk di periksa dan akan diberikan penanganan atau obat, jika perlu akan dilakukan operasi guna mengatasi penyakit yang menyebabkan sakit perut sebelah kanan tersebut.

Obat Sakit Perut Sebelah Kanan dan Penyebabnya yang Harus Diketahui | admin | 4.5