Obat Sakit Perut Sebelah Kiri dan Pentingnya Mengetahui Penyebabnya

By On Sunday, November 12th, 2017 Categories : Obat

Obat sakit perut sebelah kiri biasanya dapat ditangani tergantung pada apa yang menyebabkan rasa sakit tersebut. Namun, rasa sakit yang ringan biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus, bisa dengan cara alami seperti kompres perut dengan air hangat dan istirahat.

Sakit perut sebelah kiri merupakan rasa nyeri pada perut yang terjadi di sisi kiri dari garis imajiner yang ditarik dari titik pusat tubuh, di bawah tulang dada dan lewat melalui pusar dan berakhir tepat di atas daerah kemaluan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri dan kita perlu mengetahuinya karena hal ini sangatlah penting agar penanganan berhasil dan tepat sasaran.

Banyaknya organ dan struktur yang terletak pada perut sebelah kiri dan setiap masalah atau penyakit pada organ-organ tersebut dapat menjadi penyebab dari sakit perut sebelah kiri. Biasanya suatu yang ringan dan tidak menimbulkan bahaya, tetapi juga sebagian bisa menjadi kondisi yang serius dan membahayakan. Biasanya pada wanita yang memiliki lebih banyak organ dalam perut seperti rahim, ovarium, saluran tuba dan lainnya lebih banyak kemungkinan mengalami sakit perut sebelah kiri dibanding pada laki-laki.

obat sakit perut sebelah kiri

sakit perut sebelah kiri, penyebab dan obatnya

Penyebab sakit perut sebelah kiri

Ada banyak struktur dan organ yang terletak di perut sebelah kiri dan biasanya yang mengakibatkan sakit perut sebelah kiri. Berikut ini ada beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu dan penting diketahui, yaitu :

  1. Sembelit

Jika mengalami sulit buang air besar yang diakibatkan fases yang keras sehingga susah untuk dikeluarkan dan bisa mengalami sakit perut sebelah kiri, jika fases tertahan pada usus besar kiri. Biasanya juga akan mengalami nyeri saat buang air besar, mual dan muntah.

  1. Gas

Gas dapat terjebak dalam usus dan akan menimbulkan gejala nyeri perut kram. Apabila hal ini terjadi, maka akan menyebabkan sakit perut sebelah kiri. Gas atau angin tersebut yang terjebak akan susah keluar, hal ini yang menjadikan rasa sakit atau nyeri pada perut sebelah kiri.

  1. Batu ginjal

Batu ginjal sering juga disebut sebagai kalkulus ginjal, biasanya akan menyebabkan sakit perut parah yang menyerupai nyeri kolik. Gejala utama dari batu ginjal yaitu rasa sakit perah, nyeri mendadak di pinggang kiri yang menyebar perut kiri. Jika mengalami kondisi seperti ini akan menyebabkan sakit perut sebelah kiri, mual dan muntah juga dapat terjadi.

  1. Kista ovarium

Gejala jika mengalami kista ovarium berupa menstruasi yang tidak teratur, nyeri pada panggul, terasa berat pada perut, nyeri selama berhubungan seksual dan buang air besar, mual dan muntah. Kondisi ketika menderita kista ovarium juga dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri dan kista sebelah kiri terjadi ketika kantung-kantung berisi cairan terbentuk di dalam ovarium atau indung telur wanita.

  1. Divertikulus

Divertikulus merupakan kondisi dimana peradangan dari satu atau lebih divertikulum. Divertikulum sendiri merupakan kantung-kantung dalam usus yang terbentuk sejak lahir. Divertikulus dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri, sedangkan gejala lain divertikulus seperti demam, mual, muntah, sembelit, diare, pendarahan rektum, kembung dan sakit perut secara mendadak.

  1. Endrometriosis

Kondisi dimana jaringan rahim normal, yaitu endrometrium, tumbuh di luar rahim. Kondisi seperti ini juga akan mengakibatkan sakit perut sebelah kiri, akibat lain yang timbul akan merasa nyeri pada panggul setiap kali menstruasi. Nyeri juga akan dirasa ketika bersenggama dan buang air besar.

  1. Kehamilan ektopik

Hamil di luar kandungan terjadi ketika telur yang dibuahi tertanam di luar rahim dan tumbuh di sana. Gejala awal yang timbul akan merasa tak nyaman pada perut bagian bawah kemudian rasa sakit akan berkembang menjadi nyeri yang melilit. Hal ini terjadi pada salah satu sisi perut, biasanya sebelah kiri atau kanan.

Selain di atas, penyebab sakit perut lainnya juga sering terjadi jika menderita infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, penyakit inflamasi panggul pada wanita, radang pankreas, kanker perut, gastritis, dan demam berdarah atau infeksi mononucleosis.

Dari beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri seperti di atas, pengobatannya juga tergantung pada apa yang menjadi sebab sakit perut sebelah kiri tersebut. Sakit perut sebelah kiri tanpa disertai demam, muntah-muntah, bercak pendarahan dan rasa sakit yang ringan biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

Baca juga : obat sakit perut sebelah kanan

Cara alami untuk mengobati sakit perut sebelah kiri

Jika sakit perut sebelah kiri yang dialami disebabkan oleh beberapa hal seperti yang telah disebutkan di atas, maka pengobatannya memerlukan diagnosis dan perlu menangani penyakit penyebab sakit perut sebelah kiri tersebut. Namun, jika sakit perut sebelah kiri masih terasa ringan bisa dengan cara alami sebagai berikut :

  • Istirahat ketika sakit perut sebelah kiri berasa
  • Kompres perut sebelah kiri yang sakit dengan air hangat
  • Makan dengan porsi kecil dan secara perlahan-lahan
  • Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang dapat mengiritasi usus dan lambung
  • Antasida untuk menetralkan asam lambung dan dapat meringankan perut perih
  • Minum obat parasetamol untuk meredakan nyeri dan meringankan rasa sakit

Itulah obat sakit perut yang alami untuk meredakan sakit perut sebelah kiri yang bisa dilakukan. Namun, jika sakit perut sebelah kiri penyebabnya masih belum diketahui, sebaiknya segera hubungi dokter. Apalagi jika disertai dengan demam, rasa sakit yang hebat, pusing, keringat dingin, maka segera mungkin pergi ke dokter.

Mengingat penyebab dari sakit perut sebelah kiri karena disebabkan oleh beberapa jenis penyakit yang sifatnya lebih serius, maka jangan anggap remeh. Sebaiknya segera pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi tersebut. Jadi, jaga pola makan Anda jika mengalami sakit perut sebelah kiri atau bahakan yang datangnya secara mendadak.

Obat Sakit Perut Sebelah Kiri dan Pentingnya Mengetahui Penyebabnya | admin | 4.5