10 Obat Sakit Perut Tradisional yang Alami dan Ampuh

By On Monday, March 5th, 2018 Categories : Obat

Obat sakit perut tradisional yang alami dan terbukti ampuh bisa dengan menggunakan tanaman obat atau bahan alami lainnya. Dengan menggunakan bahan alami maka resiko efek samping tidak akan terjadi, karena bahan alami tidak mengandung zat kimia yang berbahaya.

Sakit perut memang umum dan siapa saja pernah mengalaminya, bahkan sakit perut akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu diobati. Namun, sakit perut yang disebabkan karena gejala dari jenis penyakit tertentu, maka butuh penanganan. Caranya bisa dengan memanfaatkan bahan alami yang secara tradisional sudah dari dulu digunakan dan terbukti ampuh.

Obat sakit perut tradisional dipercaya masyarakat karena khasiatnya dan tanpa menimbulkan efek samping. Contohnya seperti sakit perut karena keracunan, masyarakat menggunakan air kelapa untuk mengobatinya. Karena air kelapa memiliki kandungan alami yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Air kelapa juga selain bisa mengatasi sakit perut karena keracunan, juga baik untuk kesehatan tubuh, dapat menjadi sumber energi dan pengganti cairan dalam tubuh.

obat sakit perut tradisional

obat sakit perut tradisional yang alami

Obat sakit perut tradisional

Obat sakit perut yang alami secara tradisional memanfaatkan bahan alami seperti dari tanaman, buah-buahan dan bahan alami lainnya. Berikut ini beberapa obat sakit perut tradisional yang alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut, yaitu :

  1. Jambu biji

Untuk mengobati sakit perut bisa memanfaatkan jambu biji, terutama untuk sakit perut akibat diare, makan pedas dan sembelit. Jambu biji mampu meningkatkan penyerapan air pada bagian usus, sehingga cukup baik untuk mengatasi sakit perut akibat diare. Jambu biji bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut dengan dikonsumsi secara langsung atau pun membuatnya dalam bentuk jus. Bila hasilnya tidak terlihat setelah tiga hari, konsumsi juga air rebusan daun jambu biji muda minimal satu kali sehari. Biasanya dalam waktu kurang dari seminggu sudah sembuh.

  1. Jus wortel

Jus wortel bisa dikatakan obat sakit perut alami yang cukup praktis dan ampuh. Wortel memiliki kandungan kalium tinggi yang dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh, termasuk salah satunya pada saat pembentukan tinja. Bisa juga dengan menambahkan daun mint untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain mengatasi sakit perut, kandungan mineral alami pada wortel dan daun mint juga dapat mengurangi nyeri akibat peradangan lambung. Manfaat jus wortel untuk mengobati sakit perut memang sudah terbukti hasilnya.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan minuman probiotik yang sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, melancarkan buang air besar dan meningkatkan imun. Manfaat inilah yang menjadikan yogurt ampuh dalam mengobati sakit perut. Apapun jenis sakit perut yang di alami, yogurt bisa menjadi obatnya. Konsumsilah yogurt sebanyak 4-5 sendok makan sebelum sarapan atau sebelum tidur. Maka akan mengobati sakit perut jika dikonsumsi dalam beberapa hari.

  1. Pepaya

Manfaat pepaya salah satunya yaitu dapat menghilangkan sakit perut. Buah ini diperkaya dengan kandungan serat tinggi, jadi bisa melancarkan sistem pencernaan. Namun, tidak semua jenis sakit perut bisa diobati dengan buah ini. Apabila mengalami sakit perut akibat kembung, sebaiknya jangan konsumsi buah pepaya. Kandungan serat tinggi dapat meningkatkan produksi angin dalam tubuh. Bukannya sembuh justru perut akan kembung dan semakin parah.

  1. Cuka apel

Cuka apel terkenal dengan kandungan antioksidan tinggi yang bisa mengobati berbagai penyakit, termasuk sakit perut. Tetapi karena sifatnya asam, usahakan jangan mengobati sakit perut akibat maag dengan cuka apel. Untuk mengatasi sakit perut dengan cuka apel cukup mudah. Larutkan satu sendok makan ramuan ini bersama dengan tiga sendok makan madu dan segelas air hangat. Minumlah secara rutin minimal satu kali sehari. Ingat, jangan gunakan cuka apel apabila penderita sakit maag.

  1. Pisang

Dengan mengkonsumsi pisang sakit perut akan sembuh. Karena pisang memiliki kandungan potasium, kalium dan elektrolit tinggi yang dapat membantu memelihara pencernaan, mencegah dehidrasi dan bahkan dapat membuang racun berbahaya dari dalam tubuh. Semua jenis pisang bisa dikonsumsi untuk mengobati sakit perut, karena pisang memiliki tekstur yang lembut.

  1. Air kelapa

Manfaat air kelapa sangatlah banyak, salah satunya bisa membuat perut merasa nyaman jika meminumnya. Maka dari itu, air kelapa dapat mengobati sakit perut. Menurut beberapa penelitian, manfaat air kelapa untuk mengobati sakit perut karena kandungan kalium dalam air kelapa dapat membantu mengeluarkan racun. Sehingga sakit perut dapat di obati dengan meminum air kelapa.

  1. Kencur

Kencur merupakan tanaman obat yang banyak manfaatnya. Bukan hanya bermanfaat untuk mengobati suatu penyakit saja, kencur juga bisa dimanfaatkan untuk bumbu masakan. Kencur mampu mengobati sakit perut dengan cara di olah menjadi minuman beras kencur. Mengkonsumsi beras kencur pada saat sakit perut akan membantu mengobati sakit perut dan perut menjadi nyaman.

  1. Jahe

Jahe merupakan jenis tanaman yang memiliki potensi mengatasi beberapa jenis sakit perut. Tanaman rempah yang sudah dari dulu diketahui memiliki banyak manfaat dan khasiat, ternyata bermanfaat dan berkhasiat juga untuk mengatasi masalah sakit perut. Jahe mengandung anti peradangan alami yang dijadikan penangkal mual, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi dan mengobati sakit perut.

  1. Kunyit

Kunyit juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut, seperti sakit perut saat haid. Kunyit sudah dari dulu digunakan masyarakat untuk mengatasi sakit perut, selain digunakan sebagai rempah bumbu masakan. Selain dapat mengatasi sakit perut juga bermanfaat bagi tubuh.

Itulah beberapa bahan obat sakit perut tradisional yang alami yang bisa digunakan ketika mengalami sakit perut. Namun, sakit perut yang datangnya secara tiba-tiba atau mendadak sebaiknya perlu diwaspadai, karena bisa jadi akibat dari gejala suatu jenis penyakit yang sifatnya serius.

Baca juga : obat sakit perut bagian bawah

Penyebab sakit perut

Sebelum melakukan pengobatan, tentunya mengetahui penyebab dari sakit perut sangat penting. Berikut ini ada beberapa penyebab sakit perut yang perlu diketahui, yaitu :

  • Infeksi
  • Keracunan
  • Disebabkan oleh penyakit
  • Disebabkan oleh makanan dan minuman
  • Bermasalah pada organ saluran pencernaan

Ada jenis sakit perut yang lebih serius yaitu karena disebabkan oleh jenis suatu penyakit tertentu yang berat. Seperti penyakit batu ginjal, batu empedu, saluran kemih, tukak peptik, usus buntu, dan penyakit diverkulitis. Jika sakit perut disebabkan oleh penyakit, maka pengobatannya butuh bantuan medis karena penyakit yang sifatnya berat atau serius perlu mendapatkan penanganan khusus.

Jadi, dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab sakit perut maka dalam melakukan penanganan tidak lah sulit. Obat sakit perut tradisional yang alami seperti yang telah disebutkan di atas, bisa digunakan ketika menderita sakit perut. Satu hal lagi yang merupakan langkah penting, yaitu pencegahan, caranya dengan menghindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa bikin sakit perut seperti makanan pedas, asam, minuman bersoda, alkohol dan lain sebagainya.

10 Obat Sakit Perut Tradisional yang Alami dan Ampuh | admin | 4.5