Obat Tradisional untuk Mengatasi Diare yang Alami

By On Friday, June 16th, 2017 Categories : Obat

Obat tradisional diare yang alami dapat menggunakan bahan disekitar yang mudah didapatkan, seperti buah-buahan, sayuran maupun tanaman obat. Dengan menggunakan bahan alami tersebut tentunya aman juga efektif karena tanpa efek samping.

Pada umumnya penyakit diare bisa menyerang siapa saja dari semua kalangan, baik balita, anak-anak dan orang dewasa. Penyebab diare tersebut dikarenakan infeksi bakteri pada saluran pencernaan yang masuk melalui makanan yang dikonsumsi. Sehingga akan mengakibatkan seringnya buang air besar dengan kondisi tinja atau fases yang encer.

Jika sudah demikian, maka tindakan yang harus dilakukan yaitu segera ditangani atau diobati. Obat diare mungkin banyak dijual di apotek-apotek, tapi obat-obatan diare tersebut biasanya menimbulkan efek samping. Untuk itu, agar lebih aman dalam mengobati diare harus menggunakan bahan yang alami. Secara tradisional, bahan alami untuk mengobati diare sudah sering digunakan masyarakat sejak jaman dahulu, dan hasilnya efektif juga aman.

obat tradisional diare yang alami

obat tradisional untuk mengatasi diare yang alami

Obat tradisional diare yang alami

Ada berbagai macam obat diare tradisional yang alami, seperti menggunakan buah-buahan, sayuran, tanaman obat dan bahan alami yang lainnya. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati diare, yaitu :

  1. Jambu biji

Masyarakat sudah dari dahulu menggunakan jambu biji untuk mengobati diare, karena jambu biji mampu meningkatkan penyerapan air didalam usus. Kandungan didalam jambu biji juga baik untuk sistem pencernaan, sehingga baik dikonsumsi ketika menderita diare. Seperti senyawa astringents yang terdapat dalam jambu biji yang mampu membuat perlindungan terhadap diare dengan menghambat pertumbuhan mikroba dan menghilangkan lendir ekstra pada usus.

  1. Daun jambu biji

Bukan hanya buahnya saja yang bisa digunakan untuk mengobati diare, tetapi daunnya juga sama. Bahkan masyarakat sudah menggunakan dan memanfaatkan daun jambu biji sejak dahulu kala guna mengatasi masalah diare. Zat antidiare pada daun jambu biji mampu mengatasi diare hanya dengan mengunyah daun jambu biji kemudian ditelan. Kandungan zat flavonoid dalam daun jambu biji juga mampu menghambat dan mengurangi diare.

  1. Wortel

Salah satu jenis sayuran yang dikenal baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A, ternyata juga mampu mengatasi diare. Kandungan kalium dalam wortel sangat tinggi dan bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Wortel bisa dikonsumsi dengan cara diolah dalam bentuk jus atau sup wortel untuk mengatasi diare.

  1. Pisang

Pisang merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan gizi, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Selain bermanfaat untuk kesehatan, pisang juga dapat digunakan untuk mengobati diare, karena pisang mengandung zat potasium yang dapat menggantikan cairan elektrolit yang banyak berkurang saat menderita diare.

  1. Apel

Kandungan serat yang tinggi dalam buah apel bisa digunakan untuk mengobati masalah diare. Kandungan pactin dan glukosa dalam buah apel juga berfungsi untuk penyembuhan diare. Untuk mengobati diare dengan menggunakan apel sebaiknya buah apel diolah dalam bentuk saus apel atau selai, sehingga mudah dicerna. Apel merah juga memiliki manfaat yang sama, manfaat apel merah untuk mengatasi diare sama karena kandungannya dengan apel jenis lain.

  1. Air kelapa

Air kelapa yang dikenal untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan sebagai minuman pengganti cairan dalam tubuh, ternyata baik untuk sistem pencernaan dan bisa digunakan untuk mengobati diare. Air kelapa mampu membunuh bakteri penyebab diare dalam perut juga mampu memberikan rasa tenang dan nyaman pada perut.

  1. Teh chamomile

Teh yang mengandung zat flavonoid yaitu teh chamomile dapat mengurangi cairan didalam fases, sehingga mampu mengatasi masalah diare. Teg chamomile dapat digunakan untuk mengobati diare dengan cara diseduh atau menggunakan kantong teh chamomile yang bisa didapatkan dimana saja.

  1. Biji fenugreek

Penelitian telah membuktikan bahwa biji fenugreek dapat mengatasi masalah diare. Namun, mengobati diare menggunakan biji fenugreek hanya untuk orang dewasa saja yang menderita diare, balita atau anak-anak sebaiknya jangan.

  1. Sup kaldu ayam

Ketika menderita diare akan membutuhkan asupan protein, karena protein dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan diare. Dengan mengkonsumsi sup kaldu ayam asupan protein akan terpenuhi ketika menderita diare, dan juga dapat membantu perut menjadi lebih tenang.

  1. Yogurt

Yogurt yang tidak mengandung pengawet, bahan pemanis dan perasa buatan sangat baik dikonsumsi ketika menderita diare. Didalam yogurt juga terdapat bakteri baik yang mampu melawan bakteri penyebab diare dan dapat membantu membersihkan saluran pencernaan.

Baca juga : obat diare ibu hamil yang alami

Selain bahan alami seperti di atas guna mengobati diare, bisa juga dengan cara membantu mengobati diare dengan mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat dan banyak minum air putih untuk mengurangi resiko mengalami dehidrasi ketika mengalami diare.

Ada juga jenis tanaman obat yang dapat mengobati diare, seperti menggunakan jahe, daun sendok, daun kayu putih, kunyit, tanaman anting-anting, tanaman jengger ayam, kulit kayu manis, daun prasman, daun kesumba beling dan masih banyak lagi janis jenis tanaman obat yang dapat digunakan untuk mengatasi dan membantu mengobati diare.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat dijadikan obat tradisional untuk mengatasi diare. Menggunakan bahan alami selain aman juga efektif dan mudah didapatkan dan diolah. Bahan-bahan alami di atas bisa Anda gunakan ketika menderita diare, namun jika diare yang dialami tidak kunjung membaik dan sembuh setelah menggunakan bahan-bahan tersebut, maka segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan perawatan lebih lanjut.

Obat Tradisional untuk Mengatasi Diare yang Alami | admin | 4.5