Obat Tukak Lambung dan Cara Pencegahannya yang Penting Diketahui

By On Thursday, November 3rd, 2016 Categories : Obat

Obat tukak lambung ditentukan berdasarkan penyebabnya, karena langkah pengobatan setiap penderita tukak lambung tidak sama. Namun, ada beberapa obat yang umum untuk mengobati tukak lambung yang biasa digunakan. Seperti menggunakan antibiotik untuk mengobati tukak lambung yang disebabkan oleh bakteri.

Tukak lambung merupakan jenis penyakit yang menyerang pada bagian lambung. Luka yang muncul pada dinding lambung yang diakibatkan terkikisnya lapisan dinding lambung. Tukak lambung bisa menyerang siapa saja pada segala umur. Namun, orang yang berusia diatas 60 tahun sangat beresiko terserang tukak lambung, tidak menutup kemungkinan juga orang yang berusia dibawah 60 tahun dapat terserang tukak lambung.

Penyebab tukak lambung biasanya dikarenakan meningkatnya kadar asam lambung dan menipisnya selaput pelindung lambung. Penyebab seperti ini umumnya karena infeksi bakteri dan penggunaan obat anti inflamasi non-steroid. Gejala yang timbul akibat penyebab tersebut biasanya penderita tukak lambung akan merasakan nyeri dan perih pada perut. Rasa sakit tersebut dikarenakan iritasi akibat asam lambung yang membasahi luka pada lambung. Sehingga akan terasa menyiksa bagi penderitanya.

obat tukak lambung

obat tukak lambung dan cara pencegahannya yang penting diketahui

Obat tukak lambung yang perlu diketahui

Pengobatan tukak lambung pada dasarnya mudah dilakukan, namun langkah untuk mengobati tukak lambung biasanya tidak sama, antara penderita tukak lambung dengan penyebab yang berbeda. Ada beberapa jenis obat yang umum digunakan untuk mengobati tukak lambung, yaitu sebagai berikut :

  1. Antibiotik

Penyebab tukak lambung yang dikarenakan oleh bakteri dapat ditangani dengan kombinasi dari beberapa antibiotik. Antibiotik seperti Amoxicilin, Metronidazole dan Clarithromycin biasanya yang sering digunakan untuk menangani tukak lambung yang disebabkan oleh bakteri.

  1. Penghambat pompa proton

Apabila tukak lambung yang diderita disebabkan oleh obat anti inflamasi non-steroid, maka penggunaan penghambat pompa proton akan disarankan guna mengurangi kadar asam lambung. Dengan menggunakan penghambat pompa proton, sel-sel yang memproduksi asam lambung akan dapat dihalangi. Jenis penghambat pompa proton Lansoprazole biasanya yang sering digunakan.

  1. Antasida dan alginat

Asam lambung akan dapat dinetralkan dalam waktu singkat dengan antasida. Sedangkan alginat akan melindungi bagian dinding lambung. Oleh karena itu, penggunaan kedua obat ini akan mengurangi rasa nyeri secara cepat. Jika penderita tukak lambung tidak suka menggunakan kedua obat ini, maka ada alternatif lain yaitu mengkonsumsi buah pisang.

  1. Obat penghambat reseptor H2

Penggunaan obat penghambat reseptor H2 adalah untuk menurunkan kadar asam lambung, fungsinya sama dengan menggunakan penghambat pompa proton.

Jenis pengobatan seperti di atas yang umum dilakukan untuk mengatasi tukak lambung. Namun, tukak lambung tidak akan sembuh jika luka yang ada dalam lambung masih ada, sehingga akan menyebabkan tukak lambung kambuh kembali. Maka dari itu, selain mengobati juga harus melakukan tindakan pencegahan.

Baca juga : kanker lambung

Pencegahan tukak lambung

Langkah penting lainnya selain mengobati yaitu melakukan tindakan pencegahan, supaya tukak lambung tidak dapat kambuh lagi dan sembuh. Jika masih terdapat luka dalam lambung, dengan melakukan pengobatan saja tidak cukup, sehingga perlu juga melakukan pencegahan.

Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan langkah sederhana, namun manfaatnya sangat berpengaruh terhadap sembuh atau mengurangi resiko memburuknya tukak lambung yang diderita. Jika tukak lambung tidak segera mendapat penanganan, maka resiko terjadinya komplikasi sangat mungkin. Seperti terjadinya pendarahan dalam perut dan terhalangnya pergerakan makanan dalam sistem pencernaan.

Jadi, untuk mengurangi resiko terjadinya komplikasi dan bertambah parahnya tukak lambung yang diderita, maupun resiko kambuhnya tukak lambung, maka perlu adanya tindakan dengan melakukan langkah pencegahan terhadap tukak lambung. Karena mencegah juga penting selain mngobati. Berikut ini ada beberapa langkah sederhana untuk mencegah tukak lambung yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Mengatur pola makan
  • Menjaga kebersihan untuk menghindari resiko terinfeksi bakteri
  • Jangan berlebihan dalam penggunaan obat inflamasi non-steroid
  • Mengurangi konsumsi minuman yang meningkatkan kadar asam lambung, seperti teh dan kopi
  • Hindari makanan pedas dan asam juga yang berminyak
  • Makan dalam porsi kecil agar penumpukan asam lambung tidak terjadi
  • Hindari stress, karena stress dapat meningkatkan produksi asam lambung
  • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok
  • Menjalankan pola hidup sehat dengan cara rajin berolahraga
  • Mengkonsumsi produk berbahan susu seperti keju, karena susu dapat melindungi dan menetralisir asam lambung

Itulah beberapa langkah sederhana untuk mencegah tukak lambung. Bukan hanya mengobati saja, tetapi melakukan tindakan pencegahan juga penting untuk mengurangi dan mengobati bahkan menyembuhkan tukak lambung secara total. Sehingga resiko akan kambuhnya tukak lambung sangat kecil bahkan tidak mungkin.

Tukak lambung secara umum dapat diobati dengan pengobatan seperti diatas, namun ada juga pengobatan tukak lambung dengan menggunakan bahan alami seperti obat herbal, yaitu menggunakan kunyit yang dicampur dengan madu, menggunakan air perasan daun jambu biji dan menggunakan sari buah noni atau mengkudu. Intinya yaitu melakukan pencegahan selain mengobati dengan mengatur pola makan dan hidup sehat.

Obat Tukak Lambung dan Cara Pencegahannya yang Penting Diketahui | admin | 4.5