Pengobatan Kanker Serviks dan Bagaimana Cara mencegahannya

By On Sunday, May 29th, 2016 Categories : Obat

Pengobatan kanker serviks bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada tingkatan stadium kanker dan beberapa faktor. Cara pengobatan kenker serviks meliputi operasi, terapi, radioterapi, dan kemoterapi. Selain itu juga perlu adanya langkah pencegahan terhadap kanker serviks.

Kanker serviks merupakan jenis penyakit kanker yang disebabkan oleh virus, yaitu HPV (Human Papilloma Virus). Pemicu virus ini seperti melakukan hubungan seksual di usia muda dan seringnya gonta-ganti pasangan seks. Seringnya gonta-ganti pasangan seksual akan meningkatkan resiko penularan penyakit kelamin, dan ini merupakan faktor penyebab kanker serviks yang sering terjadi.

Jika sudah terkena kanker serviks, maka langkah yang harus dilakukan untuk segera melakukan pengobatan dan pencegahan. Dengan melakukan pencegahan terhadap resiko terserangnya kanker serviks sedini mungkin, maka kemungkinan terkena kanker serviks sangat kecil. Cara pencegahannya mungkin sulit, bahkan kanker serviks tidak bisa dicegah. Tetapi bisa dilakukan dengan cara rutin mengontrol keadaan organ intim dan rahim ke Dokter, jangan sungkan dan merasa risi karena ini demi kebaikan diri sendiri.

pengobatan kanker serviks dan pencegahannya

pengobatan kanker serviks dan bagaimana cara mencegahnya

Cara pengobatan kanker serviks

Untuk mengobati kanker serviks, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan. Pengobatan kanker serviks biasanya tergantung pada tingkatan stadium kanker tersebut. Berikut ini ada beberapa cara pengobatan terhadap kanker serviks, yaitu :

  1. Operasi

Operasi dilakukan untuk pengangkatan tumor dengan cara dibedah. Operasi kanker serviks dapat dilakukan dengan mempertimbangkan posisi dan penyebaran kanker serviks juga hilangnya kesempatan memiliki anak.

  1. Radioterapi

Radioterapi merupakan terapi radiasi yang menggunakan sinar X-Ray dengan level tinggi pada organ intim wanita untuk membunuh sel kanker. Cara melakukan radioterapi mengggunakan sinar X-Ray ini dikombinasikan dengan melakukan operasi.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi dilakukan dengan cara menggunakan obat untuk membunuh sel kanker, jenis obatnya disebut cisplatin. Namun efek samping dari kemoterapi ini lebih besar karena menyebabkan perubahan fisik pada seluruh bagian tubuh, seperti rambut rontok. Kemoterapi ini berfungsi untuk membunuh perkembangan sel kurang baik, namun dalam prosesnya sel baik yang tumbuh juga ikut dirusak oleh kemoterapi, sehingga cara pengobatan kemoterapi ini dianggap sangat menyiksa pasien.

  1. Kemoradiasi

Kemoradiasi merupakan kombinasi antara kemoterapi dan radiasi. Keduanya dilakukan baik sebelum operasi maupun sesudah operasi. Cara kombinasi ini bertujuan untuk mengendalikan pendarahan dan rasa nyeri.

Itulah beberapa cara pengobatan kanker serviks yang bisa dilakukan. Pengobatan kanker serviks sendiri dilakukan tergantung pada masing-masing tingkat stadiumnya. Jika stadium kanker sudah menginjak pada stadium akhir, maka pengobatannya akan memakan waktu yang lama.

Faktor penyebab kanker serviks

Gejala yang ditimbulkan oleh kanker serviks tentu ada penyebabnya, walaupun gejala awal kanker serviks secara pasti tidak dapat diketahui. Berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan kanker serviks, yaitu :

  • Faktor alamiah

Faktor yang secara alami terjadi pada seseorang dan memang kita tidak dapat mencegahnya. Usia diatas 40 tahun merupakan faktor alamiah yang tidak bisa kita cegah. Semakin tua seorang wanita maka semakin tinggi kemungkinannya terkena kanker serviks. Tetapi bukan hanya wanita yang sudah berumur saja, yang berusia muda pun bisa terkena kanker serviks. Tentunya kita tidak bisa mencegah proses terjadinya penuaan. Akan tetapi kita bisa melakukan upaya-upaya lainnya untuk mencegah meningkatnya resiko kanker serviks.

  • Faktor kebersihan

Keputihan yang sering dibiarkan terus menerus tanpa diobati. Ada dua macam keputihan, yaitu keputihan yang normal. Keputihan yang normal umumnya lendir berwarna bening, tidak berbau, dan tidak gatal. Jika salah satu dari tanda-tanda keputihan normal tidak terpenuhi, maka keputihan sudah dikatakan tidak normal. Segeralah pergi ke Dokter untuk melakukan konsultasi apabila mengalami keputihan yang tidak normal. Penyakit menular seksual juga merupakan faktor kebersihan yang berpengaruh terjangkitnya kanker serviks. Membasuh bagian organ intim dengan air yang tidak bersih juga berpengaruh.

  • Faktor pilihan

Faktor pilihan ini mencakup hal-hal yang bisa ditentukan sendiri, seperti berhubungan seksual di usia muda, gonta-ganti pasangan seks, akan meningkatkan resiko penularan penyakit kelamin, termasuk virus HPV (Human Papilloma Virus).

Baca juga : tanda-tanda kanker serviks

Pencegahan kanker serviks

Pencegahan kanker serviks mungkin tidak bisa dilakukan, akan tetapi ada beberapa cara yang bisa mengurangi resiko terserangnya kanker serviks. Berikut ini merupakan cara untuk mengurangi resiko terserangnya kanker serviks, yaitu :

  • Menjalani pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi
  • Menjaga kesehatan tubuh dengan sering berolag raga
  • Hindari pembersihan pada saat membersihkan organ bagian intim dengan air kotor
  • Hentikan kebiasaan merokok, jika Anda perokok
  • Hindari hubungan seksual pada usia dini
  • Setia pada pasangan seksual Anda, jangan bergonta-ganti pasangan seksual
  • Lakukan pemeriksaan pap smear minimal dua tahun sekali, khususnya yang telah aktif melakukan hubungan seksual
  • Rutin memeriksakan kondisi organ intim sejak dini, jika yang belum pernah melakukan hubungan seksual, ada baiknya melakukan vaksinasi HPV (Human Papilloma Virus)
  • Memperbanyak mengkonsumsi sayuran yang kandungan beta karotennya cukup tinggi

Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati, namun kanker serviks tidak bisa  di cegah, mungkin hanya bisa mengurangi resikonya saja. Dengan cara rutin mengontrol kondisi bagian organ intim dan rahim, merubah gaya hidup yang tidak sehat juga menghentikan kebiasaan buruk bagi Anda perokok dan yang mengkonsumsi alkohol. Namun, faktor alamiah memang tidak dapat dicegah, karena secara alami terjadi pada seseorang seiring bertambahnya usia.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan juga ilmu. Tetaplah jaga kesehatan dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan juga menjalani pola hidup sehat. Dengan begitu resiko terserang penyakit kecil kemungkinannya.

Pengobatan Kanker Serviks dan Bagaimana Cara mencegahannya | admin | 4.5