Waspada Penyakit Diare dan Pentingnya Mengetahui Penyebab juga Gejalanya

By On Monday, April 25th, 2016 Categories : Penyakit

Penyakit diare merupakan penyakit dimana penderita akan mengalami buang air besar secara terus menerus, ditandai  dengan encernya tinja yang dikeluarkan. Pada umumnya, diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit.

Penyakit diare merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar yang dialami masyarakat. Penyakit diare bisa berdampak fatal apabila penderita mengalami dehidrasi akibat kekurangan banyak cairan yang dikeluarkan pada saat buang air besar. Oleh karena itu, penyakit diare tidak boleh dianggap enteng walaupun diare umum terjadi dan dapat menyerang siapa saja.

Semua kalangan dapat terserang penyakit diare, baik balita, anak-anak maupun orang dewasa. Namun, penyebab penyakit diare pada orang dewasa mungkin berbeda dengan balita dan anak-anak. Sedangkan gejala penyakit diare juga berbeda-beda, tergantung pada kondisi penderita. Selain itu juga, cara mengobati dan obatnya juga berbeda antara penderita diare balita, anak-anak dan orang dewasa. Intinya tergantung pada usia dan gejala juga penyebab dari penyakit diare tersebut.

penyakit diare

waspada penyakit diare dan pentingnya mengetahui penyebab juga gejalanya

Penyebab penyakit diare juga gejanya yang perlu diketahui

Penyakit diare umumnya disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi usus melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jenis bakteri yang menyebabkan diare tersebut diantaranya Campylobacter, Salmonella, Shigella dan E. Coli. Selain itu juga disebabkan oleh virus dan parasit yang masuk kedalam saluran pencernaan melalui makanan dan minuman juga.

Penyakit diare juga bisa timbul akibat beberapa faktor seperti efek samping obat-obatan tertentu, faktor psikologi seperti gelisah, mengkonsumsi minuman beralkohol dan kafein. Setiap penderita diare mempunyai gejala yang berbeda-beda, akan tetapi umumnya ditandai dengan gejala seperti sakit perut, mual, muntah, buang air besar terus menerus, kram pada perut, nafsu makan berkurang, demam dan terkadang ada bercak darah pada tinja.

Jenis penyakit diare

Jenis penyakit diare ada banyak macamnya, tergantung pada tanda dan gejala yang ditimbulkan. Biasanya juga dengan penyebab yang berbeda-beda antara penderita yang satu dengan yang lainnya. Berikut ini ada jenis penyakit diare yang perlu diketahui, yaitu :

  1. Jenis penyakit diare berdasarkan tanda klinis

Ada beberapa jenis penyakit diare berdasarkan tanda klinis juga. Menurut WHO, penyakit diare berdasarkan tanda klinisnya dibagi menjadi 3, yaitu :

  • Diare akut
  • Diare berdarah akut
  • Diare persisten
  1. Jenis penyakit diare berdasarkan penyebab

Berikutnya penyakit diare berdasarkan penyebabnya. Jenis penyakit diare ini ditentukan dari penyebab diare itu sendiri. Berikut ini ada beberapa macam jenis diare berdasarkan penyebabnya, yaitu :

  • Diare infeksi
  • Diare gizi
  • Diare dispepsia
  • Diare keracunan
  • Diare obat-obatan
  • Diare neurogenik
  • Diare berat dan lama

Itulah beberapa jenis penyakit diare berdasarkan tanda klinis dan penyebabnya. Penyakit diare merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja dari semua umur dan kalangan. Jika sudah menderita diare, maka langkah yang penting segera menanganinya dengan melakukan pengobatan juga pencegahan.

Cara mengobati penyakit diare

Pada saat diare masih pada tahap ringan, sebaiknya segera melakukan tindakan untuk menanganinya. Tindakan yang tepat yaitu melakukan pengobatan, jangan sampai diare bertambah parah dan berubah menjadi akut atau kronis. Berikut ini ada beberapa cara mengobati penyakit diare yang dapat dilakukan, yaitu :

  1. Menggunakan oralit

Oralit yaitu cairan khusus diare yang dapat digunakan untuk meredakan atau mengurangi cairan didalam fases penderita diare.

  1. Minum air putih dengan elektrolit

Elektrolit adalah zat yang ada didalam air dan bermanfaat untuk menghindari tubuh dari dehidrasi dan kekurangan cairan pada saat menderita diare. Namun, sayangnya tidak semua air mineral mengandung banyak elektrolit.

  1. Makan yogurt

Yogurt adalah makanan yang bisa membunuh bakteri penyebab diare. Didalam yogurt terdapat bakteri baik yang bisa membunuh bakteri jahat yang ada didalam tubuh, sehingga bakteri penyebab diare akan mati.

  1. Kaldu dicampur dengan garam

Kaldu yang dicampur dengan garam bisa mengatasi diare, dengan mencampurkan air kaldu dengan garam, kemudian mengaduknya dan diminum. Sebelum meminumnya, hirup dalam-dalam aroma kaldu tersebut.

  1. Rebusan daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki kandungan flavonoid yang bisa mengatasi diare. Cairan didalam fases dikurangi sedikit demi sedikit oleh zat flavonoid yang terkandung didalam daun jambu biji.

  1. Teh chamomile

Teh chamomile juga mengandung zat flavonoid yang bisa mengurangi cairan didalam fases. Anda bisa mengkonsumsinya dengan menyeduh teh atau menggunakan kantong teh chamomile yang bisa didapatka dimana saja.

  1. Mengkonsumsi sereal

Sereal yang terbuat dari tepung tapioka bermanfaat untuk mengatasi diare, karena tepung tapioka mengadung serat yang bisa mengobati diare.

  1. Biji fenugreek

Biji fenugreek telah diteliti dan ternyata bermanfaat bisa mengobati diare. Namun pengobatan diare menggunakan biji fenugreek hanya untuk orang dewasa saja, anak-anak sebaiknya jangan.

  1. Minum obat

Minum obat adalah cara tepat mengatasi diare, kita tinggal memilih obat diare yang cocok dengan tubuh, banyak tersedia di apotik-apotik dan puskesmas.

Itulah beberapa cara untuk mengobati penyakit diare yang bisa dilakuakan. Selain dengan menggunakan bahan dan cara di atas, bisa juga dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang dapat membantu mengobati diare, seperti pisang, blueberry, apel, wortel, kentang dan seledri.

Namun, jika diare yang diderita tidak kunjung membaik dan sembuh setelah beberapa hari melakukan pengobatan, maka segera untuk membawanya ke Dokter guna mendapatkan perawatan lebih lanjut. Selain mengobati, ada langkah yang tidak kalah penting yaitu melakukan tindakan pencegahan terhadap diare, karena diare merupakan jenis penyakit yang beresiko menular dan menyebar.

Baca juga : makanan untuk penderita diare

Cara mencegah penyakit diare

Setelah mengetahui penyebab dan gejala penyakit diare yang kemudian melakukan pengobatan, maka ada langkah yang penting untuk mencegah resiko menular dan menyebarnya penyakit diare, yaitu melakukan pencegahan terhadap penyakit diare. Berikut ini ada langkah-langkah cara mencegah diare, yaitu :

  • Mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan
  • Jangan memakan makanan yang kebersihannya diragukan
  • Memisahkan makanan yang mentah dan matang
  • Mengutamakan bahan makanan yang masih segar
  • Menyimpan makanan di kulkas dan tempat yang bersih
  • Jangan membiarkan makanan ditinggal di bawah paparan sinar matahari
  • Jangan minum air keran atau air yang belum dimasak
  • Menjaga kebersihan lingkungan terutama pada air yang setiap harinya kita pakai untuk kebutuhan

Mungkin masih bisa mencegah diare dengan cara menjaga pola makan sehat dan hidup sehat. Selain mengobati dan mencegah mengatur pola hidup sehat juga tindakan yang sangat penting dilakuakan, karena dengan mengatur pola hidup sehat senantiasa akan terhindar dari penyakit diare dan jenis penyakit yang lainnya.

Waspada Penyakit Diare dan Pentingnya Mengetahui Penyebab juga Gejalanya | admin | 4.5