Apa Itu Penyakit Disentri? Gejala, Jenis dan Obatnya

By On Sunday, May 1st, 2016 Categories : Penyakit

Penyakit disentri merupakan jenis penyakit yang sangat umum terjadi di masyarakat, terutama jenis disentri basiler. Disentri basiler biasanya disebabkan oleh bakteri, yaitu bakteri shigella. Pada saat diare, usus yang terinfeksi bakteri dan tinja disertai darah ini akan berakibat disentri.

Disentri adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi pada saluran pencernaan, yaitu infeksi pada usus. Penyakit disentri biasanya terjadi karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi, sehingga usus terinfeksi bakteri yang masuk lewat mulut. Bakteri yang masuk kedalam saluran pencernaan, mengakibatkan pembengkakan dan menimbulkan luka pada dinding usus besar.

Sama halnya dengan penyakit diare, penyakit disentri juga disebabkan oleh adanya bakteri yang menginfeksi saluran pencernaan seperti usus. Maka dari itu, untuk mengantisipasi terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti penyakit disentri dan penyakit diare harus selalu menjaga kebersihan dan jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang kebersihannya masih diragukan. Sebaiknya memilih makanan dan minuman yang benar-benar bersih dan sudah matang.

penyakit disentri

apa itu penyakit disentri? gejala, jenis dan obatnya

Gejala penyakit disentri

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit disentri hampir sama dengan gejala penyakit diare, ini karena saluran pencernaan yang telah terinfeksi oleh bakteri. Ada beberapa gejala yang dialami oleh penderita penyakit disentri yaitu sebagai berikut :

  1. Mual
  2. Demam tinggi
  3. Kram pada bagian perut
  4. Kekurangan cairan tubuh
  5. Selalu merasa haus
  6. Buasng air besar terus menerus dan tinja disertai darah

Walaupun disentri bisa sembuh tanpa penanganan medis, penderita disentri harus tetap waspada karena disentri bisa berujung pada dehidrasi bahkan kematian. Disentri bisa pulih sendiri dalam beberapa hari, tetapi jika sampai mengalami diare berdarah atau berlendir yang berlangsung dalam beberapa hari, segera konsultasikan kepada Dokter.

Jenis penyakit disentri

Ada beberapa jenis penyakit disentri yang dapat diketahui. Namun, penyakit disentri ini digolongkan berdasarkan penyebabnya. Ada dua jenis penyakit disentri yang digolongkan berdasarkan penyebabnya, yaitu :

  • Disentri basiler atau sigelosis

Disentri jenis ini disebabkan oleh bakteri shigella. Disentri jenis ini merupakan jenis penyakit disentri yang tergolong ringan.

  • Disentri amoeba atau amoebiasis

Disentri jenis ini disebabkan oleh amoeba (parasit bersel satu) yang bernama Entamoeba hitolytic, biasanya ditemukan didaerah tropis. Disentri jenis ini sudah termasuk tergolong disentri berat.

Kedua jenis penyakit disentri diatas biasanya menular karena lingkungan yang kotor, juga karena makanan yang kita konsumsi kurang bersih atau terkontaminasi.

Cara mengobati penyakit disentri

Berikut ini ada beberapa langkah cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit disentri. Cara yang tepat dan langkah untuk menangani penyakit disentri, yaitu sebagai berikut :

  1. Antibiotik

Memberikan antibiotik selama kurang lebih 5 hari, ini akan membunuh bakteri shigella pada saluran pencernaan.

  1. Melakukan kultur fases serta sensitivitas pada antibiotik jika ada suatu kemungkinan.
  2. Evaluasi dari gejala klinis

Jika pemberian antibiotik selama kurang lebih 2 hari dan tidak membaiknya keadaan, maka hentikan pemberian antibiotik yang pertama. Kemudian berikan antibiotik yang kedua. Jika pemberian antibiotik yang kedua masih tidak membuat keadaan membaik, maka bawalah ke Dokter untuk melakukan pengobatan.

  1. Intususeosi dan perujukan ke Dokter

Jika sampai mengalami diare yang mengeluarkan lendir dan ada darah pada tinja, maka bawalah ke Dokter untuk melakukan pembedahan, jika memang perlu. Namun jika tidak, bisa memberikan obat jenis antibiotik dengan dosis selama kurang lebih 5 hari.

Selain dengan menggunakan cara di atas, ada juga beberapa bahan alami yang dapat mengobati penyakit disentri. Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan dan cara mengolahnya untuk mengobati penyakit disentri, seperti :

  1. Jeruk

Buahan jeruk disamping rasanya yang enak, juga memiliki khasiat menyembuhkan disentri. Caranya juga cukup mudah, dengan kita jus dan meminumnya. Karena jus jeruk dapat menstimulasi pertumbuhan bakteri baik didalam tubuh kita, terutama pada saluran pencernaan.

  1. Wortel

Kandungan vitamin yang tinggi didalam wortel mampu memberikan energi tambahan bagi penderita disentri. Pada saat terkena penyakit disentri, maka akan mengalami kelelahan yang luar biasa, dengan mengkonsumsi makanan berserat, bisa membantu memulihkan kekuatan.

  1. Pisang

Pisang memiliki kandungan vitamin dan serat yang baik. Pada saat menderita disentri, maka dengan mengkonsumsi pisang dapat membantu melancarkan pencernaan ketika sampai mengalami diare.

  1. Teh hitam

Kandungan zat tanin yang terdapat didalam teh hitam memiliki khasiat mengurangi peradangan pada usus, sehingga pada saat mengalami disentri, mengkonsumsi teh hitam bisa membuat nyaman pada perut.

  1. Madu murni

Sudah tidak diragukan lagi khasiat dan manfaat dari madu murni, bermanfaat juga untuk pengobatan disentri. Khasiat madu untuk disentri yaitu sebagai anti inflamasi dan anti bakteri.

  1. Buah delima

Delima juga ternyata mampu mengobati penyakit disenti. Caranya dengan merebus kulit delima yang dicampur dengan susu atau yogurt. Karena kulit delima mengandung anti oksidan yang tinggi.

  1. Mentimun

Mentimun juga memiliki khasiat yang dapat mengobati penyakit disentri. Dengan menumbuknya dan dicampur dengan madu, kemudian dikonsumsi. Ini dapat mengatasi disentri akibat adanya infeksi didalam saluran pencernaan.

Baca juga : cara alami mengobati disentri

Cara mencegah penyakit disentri

Menjaga kebersihan sangatlah penting dalam pencegahan disentri. Selain berdampak pada penderitanya, disentri juga dapat berpotensi menyebar kepada orang-orang disekitarnya. Maka dari itu, sebaiknya disentri di cegah agar tidak menular pada orang-orang disekitar. Cara pencegahannya yaitu sebagai berikut :

  • Jauhi makanan yang kebersihannya tidak dijamin
  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
  • Mengkonsumsi makanan yang dimasak sampai benar-benar matang
  • Memasak air yang akan dikonsumsi sampai mendidih
  • Pisahkan antara makanan matang dengan yang masih mentah
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal Anda

Walaupun penyakit disentri tergolong penyakit yang ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa melakukan pengobatan, akan tetapi kita jangan menganggap enteng penyakit ini, karena disentri bisa sampai menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kematian.

Lakukan pengobatan dan pencegahan sebelum semuanya menjadi fatal. Mulai dari memperhatikan kebersihan diri sendiri sampai lingkungan sekitar yang kita tempati. Seingga akan terhindar dari resiko terserang penyakit disentri maupun jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu juga penting untuk selalu menjaga kesehatan kondisi tubuh dan mengatur pola makan yang sehat.

Apa Itu Penyakit Disentri? Gejala, Jenis dan Obatnya | admin | 4.5