Waspada Terhadap Penyakit Kanker, Ketahui Gejala, Penyebab dan Cara Mencegahnya

By On Wednesday, May 18th, 2016 Categories : Penyakit

Penyakit kanker merupakan jenis penyakit yang ditakuti oleh semua orang. Penyakit kanker menyerang sel jaringan tubuh dan tumbuh tidak normal, sel kanker terus tumbuh dan membelah diri dengan cepat tidak terkendali. Maka dari itu sangat penting mengetahui gejala dan penyebabnya sedini mungkin.

Penyakit kanker adalah jenis penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel, dimana sel tersebut dapat tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali melebihi batas normal. Sel kanker menyerang jaringan biologis yang ada didekatnya, kemudian bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sisem limfatik, yang disebut metastasis.

Kebanyakan penyakit kanker dapat menyebabkan kematian. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang menjadi penyebab utama kematian. Penyakit kanker dapat menyebabkan beberapa gejala yang berbeda, tergantung pada lokasi dan karakter keganasannya, serta ada tidaknya metastasis. Biasanya penyakit kanker membutuhkan diagnosis pemeriksaan mikroskopik jaringan untuk mengetahui ada tidaknya sel kanker yang tumbuh di dalam organ tubuh manusia.

penyakit kanker

waspada terhadap penyakit kanker, ketahui gejala, penyebab dan cara mencegahnya

Macam-macam penyakit kanker

Penyakit kanker macamnya ada banyak, pada umumnya penyakit kanker digolongkan berdasarkan jenis organ atau sel tempat terjadinya. Berikut ini ada beberapa klarifikasi penyakit kanker pada kategori yang lebih umum, yaitu :

  1. Karsinoma

Karsinoma merupakan jenis penyakit kanker yang terjadi pada jaringan epitel, seperti kulit atau jaringan yang menyelubungi organ tubuh, misalnya pada sistem pencernaan atau kelenjar. Contohnya seperti kanker kulit, karsinoma serviks, karsinoma anal, kanker esofageal, karsinoma hepatoselular, kanker laringeal, hipernefroma, kanker lambung, kanker testiskular dan kanker tiroid.

  1. Sarkoma

Sarkoma merupakan jenis penyakit kanker yang terjadi pada tulang seperti osteosarkoma, tulang rawan seperti kondrosarkoma, jaringan otot seperti rabdomiosarkoma, jaringan adiposa, pembuluh darah dan jaringan penghantar atau pendukung lainnya.

  1. Leukemia

Leukemia merupakan jenis penyakit kanker yang terjadi akibat tidak matangnya sel darah yang berkembang didalam sumsum tulang dan memiliki kecendrungan untuk berakumulasi didalam sirkulasi darah.

  1. Limfoma

Limfoma merupakan jenis penyakit kanker yang timbul dari nodus limfa dan jaringan dalam sistem kekebalan tubuh.

Ada beberapa jenis penyakit kanker lainnya yang sering kita kenal. Penyakit kanker yang tergolong jinak dan ganas. Beberapa jenis kanker tersebut yaitu sebagai berikut :

  • Kanker usus besar
  • Kanker pankreas
  • Kanker payudara
  • Kanker paru-paru
  • Kanker prostat

Gejala penyakit kanker

Pada stadium awal, gejala penyakit kanker memang tidak mudah untuk diketahui, biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, gejala penyakit kanker akan muncul apabila sudah berkembang ketahap yang lebih lanjut. Secara umum, gejala klinis penyakit kanker dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :

  • Gejala lokal

Pembesaran atau pembengkakan yang tidak biasa, pendarahan, rasa sakit, dan tukak lambung. Kompresi jaringan sekitar bisa menyebabkan gejala jaundis (kulit dan mata yang menguning).

  • Gejala pembesaran

Pembesaran kelenjar getah bening, batuk, hemoptisis, pembesaran hati, rasa sakit pada tulang, fraktur pada tulang-tulang yang terpengaruh, dan gejala-gejala neurologis. Walaupun pada penyakit kanker tahap lanjut menyebabkan rasa sakit, namun itu bukan gejala awalnya.

  • Gejala sistemik

Berat badan turun, nafsu makan berkurang secara signifikan, kelelahan dan kurus kering, keringat berlebihan pada saat tidur malam, anemia, fenomena paraneoplastik tertentu yaitu kondisi spesifik yang disebabkan kanker aktif seperti trombosis dan perubahan hormonal.

  • Gejala angiogenesis

Gejala ini merupakan interaksi antara sel tumor, sel stromal, sel endotelial, fibroblas, dan matriks ekstraseluler. Pada kanker, biasanya terjadi penurunan konsentrasi senyawa penghambat pertumbuhan pembuluh darah baru, seperti trombospondin, angiostatin, dan ekspresi berlebih faktor proangiogenik.

  • Gejala migrasi sel tumor

Gejala ini ditandai dengan degradasi matriks ekstraseluler, jaringan ikat yang menyangga struktur sel oleh enzim MMP.

Itulah beberapa gejala klinis penyakit kanker yang perlu diketahui. Selain itu, penting juga mengetahui apa yang menjadi penyebab dari timbulnya penyakit kanker, karena penyakit kanker sangat berbahaya dan merupakan jenis penyakit yang sangat ditakuti banyak orang.

Penyebab penyakit kanker

Ada dua faktor umum yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Berikut ini merupakan faktor penyebab penyakit kanker, yaitu :

  • Faktor genetik atau keturunan

Faktor ini memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit kanker. Untuk faktor genetik memang sulit diatasi. Pada umumnya faktor genetik tidak akan berkembang apabila kita bisa menjalani gaya hidup sehat, dan menjaga pola makan.

  • Faktor lingkugan

Faktor lingkungan sangat mempengaruhi dalam penyebaran penyakit kanker. Faktor lingkungan tersebut meliputi gaya hidup, pola makan, virus dan bakteri, polusi, radikal bebas, ketidakseimbangan hormonal, kejiwaan dan emosional, gelombang elektromagnetik, dan radiasi.

Baca juga : cara pengobatan penyakit kanker

Pencegahan penyakit kanker

Untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker, kita memang harus melakukan pencegahan. Dari sekian banyak kasus penyakit kanker, kebanyakan dikarenakan faktor lingkungan. Seperti gaya hidup, apabila bisa dikendalikan, maka resiko terserang penyakit kanker kecil kemungkinannya.

Dengan menghindari kebiasaan gaya hidup seperti merokok, mengkonsumsi makanan yang berlebihan, mengkonsumsi alkohol. Namun tidak semua faktor lingkungan dapat dikendalikan, misalnya radiasi matahari, dan kasus kanker karena faktor keturunan. Oleh karenanya tidak semua kasus penyakit kanker dapat dicegah. Untuk mengurangi resiko terserang kanker memang perlu mengubah gaya hidup yang tidak sehat.

Apabila kita sudah terkena penyakit kanker, maka segeralah melakukan pengobatan dan secepat mungkin kita pergi ke dokter.Vaksinasi juga dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus yang menyebabkan penyakit kanker. Pada dasarnya tidak ada jenis penyakit yang tidak ada obatnya, selama kita berusaha kemungkinan sembuh dari penyakit kanker ada. Berdoa dan berusaha akan kesembuhan juga niat dari diri kita, dukungan orang-orang sekeliling juga akan mempengaruhi kesembuhan.

Waspada Terhadap Penyakit Kanker, Ketahui Gejala, Penyebab dan Cara Mencegahnya | admin | 4.5