Penyakit Kulit pada Manusia dan Macam-macam Jenisnya

By On Monday, July 17th, 2017 Categories : Penyakit

Penyakit kulit yang menyerang manusia ada banyak sekali jenisnya, dari yang biasa sampai yang berakibat serius atau fatal, bahkan ada juga yang bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Penyebabnya juga bermacam-macam dan memiliki penyebab masing-masing pada setiap jenisnya.

Penyakit kulit merupakan jenis penyakit yang umumnya disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus. Seperti penyakit diare, penyakit ini dapat menyerang manusia yang tingkat kekebalan tubuhnya kurang baik atau lemah. Penyakit kulit ini juga ada banyak jenisnya, digolongkan menurut jenis dan tingkat keganasannya, dari yang biasa sampai berbahaya hingga menimbulkan kematian pada penderitanya.

Oleh karena itu, sangat penting menjaga kondisi kesehatan kulit karena kulit merupakan salah satu organ penting tubuh manusia dan merupakan pelindung bagian luar tubuh manusia. Dilihat dari penyebabnya, penyakit kulit dapat menyerang karena kurang menjaga kesehatan dan kebersihan kulit, selain kondisi kekebalan tubuh yang kurang baik atau lemah. Sehingga jamur, bakteri maupun virus dapat dengan mudah mempengaruhi kulit dan menyebabkan berbagai macam penyakit kulit.

penyakit kulit pada manusia

penyakit kulit pada manusia dan jenisnya

Jenis penyakit kulit dan penyebabnya

Penyakit kulit yang dapat menyerang manusia ada banyak jenisnya, secara umum juga disebabkan karena jamur, bakteri dan virus. Penyebab terserangnya penyakit kulit dikarenakan kurang memperhatikan kondisi kesehatan dan menjaga kebersihan kulit. Berikut ini ada berbagai macam jenis penyakit kulit dan penyebabnya, yaitu :

  1. Panu

Panu merupakan jenis penyakit kulit yang dapat disebabkan oleh jamur. Jenis penyakit kulit ini ditandai dengan bercak putih pada kulit, jika berkeringat akan terasa gatal. Bercak tersebut bisa berwarna putih, merah atau juga coklat sesuai warna kulit tersebut. Penyebab lain panu karena kurang menjaga kebersihan. Maka dari itu, untuk mencegah atau mengatasinya dengan cara rajin menjaga kebersihan, mandi dua kali sehari. Panu juga penyakit kulit yang cepat menyebar, maka dari itu segera diatasi atau diobati. Untuk mengatasi panu bisa dengan menggunakan bahan alami seperti lengkuas, sirih dan kapur.

  1. Kudis

Kudis merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh kuman atau parasit (sarcoptes scanbie var hominis). Gejala yang ditimbulkan biasanya akan merasa gatal pada malam hari dan kudis dapat muncul pada bagian sela-sela tangan, sela-sela jari, pinggang dan dibawah ketiak. Jenis penyakit kulit ini juga mudah menular secara sengaja atau tidak sengaja pada bagian kudis. Maka dari itu, untuk mencegahnya bisa dengan menjaga kebersihan badan dan lingkungan sekitar. Untuk mengatasi atau mengobatinya dapat menggunakan bahan alami seperti kunyit, temu ireng, brotowali dan masih banyak lagi.

  1. Kurap

Kurap merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Biasanya dengan gejala terdapat lingkaran-lingkaran dan bercak putih pada kulit yang terserang kudis. Kulit juga akan bersisik lembab, terasa gatal, berair dan menjadi tebal. Kurap dapat muncul atau timbul pada bagian kulit tekuk leher dan kepala. Faktor lain yang dapat menyebabkan kurap seperti kurang menjaga kebersihan, maka dari itu untuk mencegahnya dengan selalu rajin menjaga kondisi kebersihan. Untuk mengobati kurap bisa dengan menggunakan bahan alami seperti bawang putih, minyak kelapa, kunyit, minyak lavender dan masih banyak lagi.

  1. Herpes

Herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Biasanya ditandai dengan bintil-bintil kecil berwarna merah, berisi cairan dan menggembung pada daerah sekitar kulit yang terdapat herpes tersebut. Herpes akan menyerang jika kondisi sistem kekebalan tubuh atau imun yang lemah. Gejala yang ditimbulkan akan merasa sakit seperti terbakar dan kulit akan menjadi sensitif selama beberapa hari hingga minggu. Untuk mengatasi dan mengobati herpes bisa dengan mengatasi virus dan bakteri menggunakan oabt antivirus. Pencegahan yang bisa dilakukan dengan cara pemberian vaksinasi.

  1. Campak

Campak merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Pada umumnya campak menyerang anak-anak dan dapat menular. Gejala yang ditimbulkan pada penderitanya seperti demam, pilek, kurang napsu makan, badan lesu, dan radang mata. Setelah beberapa hari biasanya akan muncul ruam merah yang gatal pada beberapa bagian tubuh. Campak dapat diobati dengan cara pemberian vaksinasi dan untuk mencegahnya bisa dengan memperbanyak minum air untuk mencegah dehidrasi, banyak istirahat dan hindari sinar matahari jika mata masih sensitif.

  1. Cacar air

Cacar air merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Dengan gejala pada penderita akan mengalami demam, kemudian tubuh akan muncul bintik-bintik merah yang berisi air dan cepat menyebar. Untuk mencegah agar cacar air tidak menyebar sebaiknya jangan sampai menggaruk. Untuk mengatasi dan mencegahnya bisa dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi kandungan vitaminnya dan juga cukup istirahat.

  1. Eksim

Eksim merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri, seperti pada penyakit disentri. Ketidakmampuan kulit dalam melakukan perbaikan terhadap kerusakan akan sangat rawan terserang kuman dan bakteri sehingga menyebabkan eksim. Walaupun eksim tidak menular, namun eksim akan menimbulkan gejala seperti bengkak pada kulit, kemerahan dan gatal. Bagian kulit tubuh yang biasa gampang terserang eksim seperti bagian kaki, tangan, telinga dan lipatan paha. Untuk mengatasi dan mencegahnya sebaiknya jangan mandi menggunakan air panas, kurangi stress, jaga kulit agar tetap lembab.

  1. Bisul

Bisul juga merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang dapat disebabkan karena infeksi bakteri. Biasanya ditandai dengan ciri yang khas seperti terdapat benjolan besar, kulit memerah dan berisi nanah. Bisul biasanya dapat muncul pada bagian tubuh yang lembab seperti pantat, ketiak, lipatan paha, leher bahkan kepala. Untuk menghindari terserang bisul sebaiknya menjaga kebersihan dan jangan menggunakan bahan kosmetik yang menyumbat pori-pori. Mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin juga bisa dilakukan agar sistem kekebalan tubuh terjaga.

  1. Jerawat

Jerawat juga merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri berkembang pada pori-pori lalu menimbulkan benjolan yang dinamakan jerawat. biasanya jerawat akan timbul pada bagian area wajah, leher bahkan tubuh atau punggung. Untuk itu, maka rajinlah membersihkan muka dengan mencucinya, bisa menggunakan produk-produk pencuci muka atau bahan alami.

  1. Kutil

Kutil merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus, yaitu virus human papillmavirus. Kutil ditandai dengan adanya benjolan kecil bertekstur kasar yang muncul pada permukaan kulit. Selain kutil ditandai dengan menonjol, ada juga yang tampak memanjang. Kutil dapat berkembang di telapak kaki, tangan, dan jari-jari. Pengobatan kutil bisa dilakuakn dengan cara mengoleskan salep atau plester yang mengandung asam salisilat.

Baca juga : kanker serviks

Itulah jenis penyakit kulit yang menyerang manusia dan penyebabnya. Selain yang telah disebutkan seperti di atas, jenis penyakit kulit lainnya masih banyak lagi. Seperti penyakit kulit impetigo, psoriasis, melanoma, lepra, seborrheic keratosisi, lupus, hemangioma, rosacea, candidiasis, vitiligo, selulitis, keloid, pilonidal sinus, erisipelas, kutu air, frambusia, lipoma, mata ikan, rubella, xanthoma, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyaknya jenis penyakit kulit tersebut, umumnya disebabkan karena jamur, bakteri dan virus. Namun ada beberapa jenis penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. Jenis penyakit kulit tersebut juga memiliki resiko masing-masing, dari yang tidak menular, menular dan sampai yang menyebabkan kematian pada penderitanya. Demikian artikel tentang penyakit kulit, jenis dan penyebabnya yang bisa diketahui, semoga bermanfaat.

Penyakit Kulit pada Manusia dan Macam-macam Jenisnya | admin | 4.5