Penyakit Maag Kronis, Penyebab dan Gejalanya

By On Saturday, June 18th, 2016 Categories : Penyakit

Penyakit maag kronis merupakan penyakit yang bisa muncul akibat dari penyait maag yang tidak mendapatkan pengobatan. Biasanya penyakit maag akan dibiarkan saja tanpa diobati, karena bisa hilang dengan sendirinya. Hal seperti ini yang menyebabkan penyakit maag kronis.

Penyakit maag memang sering dianggap remeh bagi penderitanya. Hal ini umum karena penderita penyakit maag biasanya acuh dengan kondisi yang diderita dan memang tidak menimbulkan gejala yang buruk. Justru hal yang seperti inilah yang memicu penyakit maag berubah menjadi kronis, meskipun sebelumnya sama sekali tidak menimbulkan hal yang buruk.

Penyakit maag yang sudah kronis juga disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori. Biasanya ditandai dengan mengalami inflamasi, dimana reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh. Penyakit maag kronis merupakan maag yang sudah parah, bisa sangat membahayakan karena bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker lambung. Untuk itu, bagi yang memiliki penyakit maag sebaiknya jangan menganggap remeh.

penyakit maag kronis

penyakit maag kronis, penyebab dan gejalanya

Penyebab dan gejala penyakit maag kronis

Penyebab penyakit maag biasa dan yang sudah kronis umumnya hampir sama. Beberapa penyebab penyakit maag kronis yang umum diantaranya sebagai berikut :

  1. Bakteri helicobacter pylori
  2. Pola makan yang tidak teratur
  3. Mengkonsumsi obat
  4. Stress yang berlebihan
  5. Penggunaan kokain
  6. Minuman beralkohol
  7. Kelainan autoimmune
  8. Gaya hidup

Penyebab penyakit maag kronis tersebut umum dan kebanyakan orang tidak menyadarinya. Setelah terjangkit penyakit maag dengan gejala biasa dan biasanya penderita acuh dengan yang dirasakan. Karena maag akan hilang dengan sendirinya. Setelah merasakan penyakit maagnya kambuh, penderita baru akan menyadari dan penyakit maag yang dialami biasanya sudah menjadi maag kronis.

Selain penyebab tersebut, maag kronis juga ditandai dengan beberapa gejala. Gejala penyakit maag kronis yang perlu diketahui biasanya ditandai dengan rasa yang amat sakit pada bagian perut dan dada. Ada juga beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit maag kronis, yaitu sebagai beriku :

  • Mual dan muntah
  • Rasa nyeri pada ulu hati
  • Nafsu makan berkurang
  • Sakit kepala
  • Pendarahan pada lambung
  • Adanya luka pada lambung
  • Kembung
  • Tubuh menjadi lemas
  • Berat badan menurun
  • Muntah dan buang air besar berdarah

Penyebab dan gejala penyakit maag kronis diatas, jika Anda mengalaminya, maka segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Penyakit maag kronis jangan dianggap remeh, karena berakibat fatal, bisa berujung pada kanker lambung.

Baca juga : ciri-ciri penyakit maag kronis

Pengobatan penyakit maag kronis

Cara  mengobati maag kronis bisa dilakukan menggunakan bahan yang alami, yang aman dan efektif juga tanpa efek samping. Berikut ini ada beberapa bahan alami untuk mengobati penyakit maag kronis, yaitu :

  • Kunyit

Kunyit sebagai tanaman obat mengandung banyak manfaat, salah satunya bisa mengobati penyakit maag kronis. Tanaman obat yang satu ini memiliki banyak kandungan yang baik dan berguna untuk pengobatan penyakit. Cara untuk mengobati maag kronis menggunakan kunyit yaitu, bersihkan kunyit terlebih dahulu, kemudian parut dan peras. Air perasan sari kunyit dicampur dengan air hangat dan diminum. Minumlah sari kunyit secara rutin setiap hari untuk mengobati penyakit maag kronis. Bisa ditambahkan juga dengan madu.

  • Daun jambu

Daun jambu biji selain dapat digunakan untuk menyembuhkan diare, ternyata dapat juga menyembuhkan penyakit maag, yaitu maag kronis. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus daun jambu biji dan kemudian minum air rebusannya. Minumlah 3 kali sehari, yaitu pagi, siang dan sore hari.

  • Temulawak

Tanaman yang satu ini selain banyak manfaatnya dapat juga menyembuhkan penyakit maag. Iris tipis-tipis temulawak lalu diangin-anginkan, rebus dan minum air rebusan temulawak tersebut. Minumlah 1 kali sehari cukup 1 gelas.

  • Lidah Buaya

Manfaat dan khasiat lidah buaya selain memanajngkan dan mencegah kerontikan rambut, ternyata dapat juga mengobati penyakit maag kronis. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengupas kulitnya dan bersihkan lendirnya lalu rebus sampai lidah buahnya matang, minum air rebusan lidah buaya tersebut. Bagi yang kurang suka rasa pahit bisa menambahkan madu dan lebih simple lagi jus lidah buaya dan tambahkan madu. Minumlah 1 kali sehari.

  • Kedelai

Kedelai ternyata juga dapat menyembuhkan penyakit maag, yaitu maag kronis. Caranya dengan menyangrai kedelai lalu haluskan dan seduh dengan air panas. Minumlah secara teratur maka penyakit maag kronis bisa sembuh.

Selain menggunakan bahan alami diatas untuk mengobati penyakit maag kronis, juga bisa menggunakan bahan lainnya, seperti buah-buahan yaitu buah alpukat, pisang, jeruk, dan juga menggunakan sayuran seperti brokoli, toge atau kecambah, kentang.

Jika sudah menderita penyakit maag, maka perlu memperhatikan pola makan. Mengkonsumsi makanan juga jangan sembarangan. Pencegahanlah yang menjadi obat utama dan pentingnya pencegahan agar penyakit maag tidak kambuh lagi. Karena penyakit maag merupakan penyakit yang dapat kambuh lagi jika pola makan tidak diatur.

Hindarilah mengkonsumsi makanan yang menyebabkan penyakit maag kronis bertambah parah, seperti makanan pedas dan asam, mengandung banyak lemak, juga hindari kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi alkohol, merokok, minuman bersoda, dan gaya hidup yang tidak sehat. Maka senantiasa penyakit maag tidak akan kambuh lagi dan tidak bertambah parah menjadi kronis.

Penyakit Maag Kronis, Penyebab dan Gejalanya | admin | 4.5