Penyakit Maag, Jenis dan Cara Pengobatannya

By On Wednesday, June 8th, 2016 Categories : Penyakit

Penyakit maag merupakan penyakit yang umum diderita oleh semua orang. Biasanya penyakit maag terjadi akibat adanya pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. Penyakit maag datangnya secara tiba-tiba dan berlangsung singkat.

Penyakit maag atau radang lambung dikenal juga dengan nama gastritis yang dikarenakan oleh gejala penyakit yang menyerang lambung, biasanya dengan adanya luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Penyebab terjadinya penyakit maag karena penderita makan secara tidak teratur, sering telat makan, sehingga menimbulkan luka pada lambung.

Penyebab penyakit maag lainnya seperti pola tidur yang tidak teratur, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, mengkonsumsi alkohol, stress, terdapat mikroorganisme yang merugikan, dan juga disebabkan oleh yang lainnya. Penyakit maag juga bisa terjadi akibat penderita telat makan, dengan gejala penyakit maag yang ditimbulkan biasanya penderita akan merasa mual, muntah, sering merasa lapar, perut kembung, sering bersendawa, terasa nyeri pada bagian perut dan perih.

penyakit maag

penyakit maag, jenis dan cara pengobatannya

Jenis penyakit maag

Penyakit maag yang disebabkan oleh beberapa faktor dengan gejal-gejala yang ditimbulkan ada dua jenis yang umum. Jenis penyakit maag pada umumnya yang diketahui yaitu sebagai berikut :

  1. Maag akut

Penyakit maag akut merupakan jenis penyakit maag yang akut dari lambung. Biasanya ditandai dengan rasa nyeri, panas, bengkak, dan gangguan fungsi organ tubuh. Penyakit maag akut bisa terjadi tanpa diketahui penyebabnya.

  1. Maag kronis

Penyakit maag kronis merupakan penyakit maag yang disebabkan oleh bakteri, yaitu bakteri Helicobacter pylori. Maag kronis ini merupakan maag yang sudah parah intensitasnya dibandingkan dengan maag biasa. Biasanya ditandai dengan mengalami inflamasi, dimana reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh. Maag kronis bisa sangat membahayakan, karena bisa meningkatkan resiko terkena kanker lambung.

Ada juga jenis penyakit maag lainnya yang dilihat dari tingkat keparahannya, seperti maag ringan, maag sedang, maag kronis, kanker lambung. Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori. Bakteri jenis ini yang menyebabkan adanya luka pada lambung sehingga mengakibatkan kanker lambung.

Pengobatan penyakit maag

Penyakit maag bisa diobati dan bisa sembuh, tetapi tidak bisa sembuh secara total. Penyakit maag merupakan penyakit yang bisa kambuh lagi apabila penderita tidak makan secara teratur, porsi makan terlalu banyak, bisa juga karena sebab lain.

Untuk mengobati atau meredakan penyakit maag biasanya harus mengkonsumsi obat. Tetapi maag akan kambuh lagi jika pola makan tidak teratur. Maka dari itu, untuk mengobati penyakit maag dengan melakukan pencegahan, yaitu dengan cara makan teratur, pola makan secukupnya, mencuci tangan sebelum makan, dan jangan mengkonsumsi jajan sembarangan.

Pengobatan penyakit maag biasanya dengan mengkonsumsi obat untuk sakit maag dan dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Tujuannya yaitu untuk menetralisir asam lambung yang menumpuk didalam lambung penderita dan melindungi dinding lambung dari asam lambung yang terus diproduksi. Sehingga asam lambung sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung. Berikut ini ada jenis obat-obatan yang biasanya digunakan untuk pengobatan penyakit maag maupun meredakan rasa sakit karena penyakit maag, yaitu :

  • Antasida
  • Pompa proton
  • Agen Cytoprotektif
  • Obat anti sekretorik
  • Pankreatin
  • Ranitidin
  • Simetidin

Ada juga cara mengobati penyakit maag yang efektif bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami ini mudah didapatkan dan aman tanpa efek samping. Bahan-bahan tersebut dengan menggunakan tanaman obat, buah-buahan, sayuran dan bahan alami lainnya.

Seperti kunyit, sebagai tanaman obat yang banyak manfaatnya bisa juga untuk mengobati penyakit maag. Daun jambu biji juga selain dapat mengobati penyakit diare, ternyata bisa juga untuk mengobati penyakit maag. Bahan obat alami tersebut juga mudah didapatkan, banyak terdapat disekitar kita. Selain mudah didapatkan juga cara pengolahannya sangat mudah.

Baca juga : puasa bagi penderita maag

Makanan dan minuman yang perlu dihindari pada saat sakit maag

Ketika menderita sakit maag, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari. Karena jika dikonsumsi pada saat sakit maag, maka penyakit maag tidak akan kunjung reda, bahkan penyakit maag justru akan bertambah semakin parah. Berikut ini jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari pada saat sakit maag, yaitu :

  • Makanan yang sangat asam dan pedas
  • Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung
  • Makanan yang sulit dicerna
  • Makanan dan minuman yang mengandung gas
  • Sayuran seperti sawi dan kol
  • Buah-buahan seperti nangka dan pisang ambon
  • Buah yang dikeringkan
  • Minuman yang mengandung soda

Selain makanan dan minuman, kebiasaan seperti mengunyah permen karet dan merokok juga perlu dihindari. Karena kebiasaan tersebut dapat meningkatkan gas didalam lambung. Dengan menghindari makanan dan minuman maupun kebiasaan tersebut, maka penyakit maag akan kunjung reda.

Pola makan yang teratur dan porsi makan yang cukup bisa mencegah terkena penyakit maag. Hindari pola makan yang tidak teratur, juga harus mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Jangan jajan sembarangan agar penyakit maag tidak menyerang kita. Hindari juga stress yang berlebihan dan usahakan istirahat yang cukup setiap harinya.

Penyakit Maag, Jenis dan Cara Pengobatannya | admin | 4.5