Beberapa Penyebab Masalah Bau Mulut yang Perlu Diketahui

By On Sunday, June 5th, 2016 Categories : Penyakit

Penyebab bau mulut yang umum orang  alami biasanya karena jarang atau malas menggosok bagian dalam mulut. Seperti gigi, kalau malas menggosoknya maka akan menyebabkan masalah bau mulut. Minimal menggosok gigi sehari dua kali maka akan terhindar dari masalah bau mulut.

Bau mulut akan membuat kita tidak nyaman saat berbica atau mengobrol dengan orang lain. Ini akan menimbulkan ketidak nyamanan kita maupun orang yang kita ajak ngobrol. Untuk menghindari rasa tidak nyaman pada saat ngobrol karena bau mulut, sebaiknya kita rajin menggosok gigi. Kalau bau mulut hilang, kita maupun orang lain akan merasa nyaman pada saat ngobrol.

Untuk mencegah terjadinya masalah bau mulut, kita juga harus mengetahui penyebab bau mulut. Bukan hanya karena masalah jarang atau malas menggosok gigi saja, namun masih banyak lagi hal lain yang menyebabkan mulut kita bau. Seperti makanan yang kita konsumsi maupun minuman, penyakit, kurangnya kadar air liur atau kurang cairan dalam tubuh, bakteri dalam mulut, dan juga pada kondisi lapar atau sedang puasa. Seumu itu dapat menyebabkan masalah bau mulut.

penyebab bau mulut

beberapa penyebab masalah bau mulut yang perlu diketahui

Penyebab bau mulut yang perlu diketahui

Ada berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan masalah bau mulut. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah bau mulut yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

  1. Kurang merawat kebersihan gigi

Gigi jika kurang dirawat akan menimbulkan bau mulut. Jarang menggosok gigi bahkan malas menggosoknya akan menimbulkan bakteri yang ada didalam mulut berkembang dan menyebabkan bau mulut. Sisia-sisa makanan yang menyelip pada gigi kita akan menimbulkan karang gigi, dan akan merusak gigi kita sehingga menyebabkan bau mulut. Gusi juga akan bermasalah jika tidak rajin menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut kita. Untuk menghindari terjadinya bau mulut, maka rajinlah menggosok gigi minimal sehari dua kali. Bila perlu kita mengontrol kondisi gigi kita pada dokter gigi minimal enam bulan sekali.

  1. Kurang cairan dalam tubuh

Kekurangan cairan dalam tubuh menyebabkan dehidrasi dan kadar air liur didalam mulut, sehingga menyebabkan terjadinya bau mulut. Jika kita kekurangan kadar air liur didalam mulut, maka bakteri akan muncul. Karena air liur didalam mulut berfungsi membersihkan bakteri didalam mulut kita. Sehingga jika kita kekurangan kadar air didalam tubuh maupun didalam mulut kita, maka akan menimbulkan bau mulut. Minumlah air yang cukup untuk mengurangi terjadinya kekurangan cairan didalam tubuh maupun mulut, sehingga akan terhindar dari bau mulut.

  1. Makanan dan minuman penyebab bau mulut

Mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut akan menimbulkan aroma tidak sedap dalam mulut kita. Makanan yang mengandung bumbu dari rempah biasanya akan menimbulkan aroma kurang sedap. Minuman juga bisa menyebabkan bau mulut, seperti meminum kopi, alkohol, ini menyebabkan aroma tidak sedap pada mulut kita. Sehingga akan menyebabkan bau mulut jika mengkonsumsi makanan dan minuman penyebab bau mulut tersebut. Hindarilah mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan aroma kurang sedap dan bau mulut.

  1. Penyakit

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan bau mulut, seperti penyakit kronis. Penyakit tersebut akan menimbulkan bau yang kurang sedap pada mulut kita saat berbicara. Biasanya penyakit yang menimbulkan bau mulut disebabkan karena penyakit tak kunjung sembuh, adanya bakteri. Seperti penyakit infeksi, penyakit yang parah, masalah pada hati, gagal ginjal, asam lambung. Penyakit lain seperti penyakit maag, sariawan, sakit tenggorokan, gusi bengkak dan berdarah juga menyebabkan bau mulut. Biasanya orang yang kena penyakit tersebut akan mengalami bau mulut.

  1. Obat

Beberapa obat dapat membuat mulut kita jadi kering dan menyebabkan bau mulut. Karena mulut kita kering pada saat habis mengkonsumsi obat, maka akan menimbulkan bau mulut. Kadar air liur yang berkurang didalam mulut akibat mengkonsumsi obat menyebabkan bau mulut. Obat-obatan yang dikonsumsi dan mengakibatkan mulut menjadi kering karena kurang cairan atau air liur didalam mulut, sebaiknya jangan terus dikonsumsi kecuali memang dalam masa pengobatan suatu penyakit tertentu.

  1. Diet

Biasanya pada saat kita menjalankan program diet, kita akan mengurangi porsi makanan. Sehingga pada saat diet kita sering merasakan cepat lapar. Pada saat lapar, akan berakibat mulut kita bau. Mengkonsumsi makanan kaya akan protein pada saat diet juga dapat memicu bau mulut. Ini dikarenakan asam amino bertindak sebagai tempat berkembangbiaknya bakteri didalam mulut.

  1. Melewatkan sarapan

Sarapan tidak hanya penting dan baik bagi perut maupun tubuh, juga dapat menambah tenaga kita untuk beraktifitas jika kita sarapan. Namun apabila kita melewatkan sarapan, tubuh kita akan cepat merasa lemas dan perut merasa lapar. Sarapan dapat membantu meningkatkan produksi air liur didalam mulut dan membersihkan lidah dari bakteri penyebab bau mulut. Jadi, apabila kita tidak melewatkan sarapan, kita akan terhindar dari bau mulut.

Baca juga : tips mencegah bau mulut yang efektif

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah bau mulut yang bisa diketahui. Pada dasarnya bau mulut tidak akan terjadi jika kita rajin membersihkan bagian dalam mulut kita, dan juga jangan malas untuk menggosok gigi, minimal dua kali sehari. Dengan demikian mulut tidak akan bau dan nafas pun akan segar.

Setelah mengetahui dari penyebab masalah bau mulut, maka selanjutnya harus diatasi. Cara mengatasi masalah bau mulut bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, baik secara klinis maupun alami. Secara klinis kita dapat memeriksakan kondisi bagian dalam mulut ke dokter. Cara alami bisa dengan memanfaatkan bahan herbal yang efektif. Cara menghilangkan bau mulut secara alami dengan memanfaatkan bahan herbal salah satunya dengan buah dan sayuran.

Beberapa Penyebab Masalah Bau Mulut yang Perlu Diketahui | admin | 4.5