Ketahui Penyebab Terjangkitnya Kanker Payudara Sedini Mungkin

By On Friday, June 3rd, 2016 Categories : Penyakit

Penyebab kanker payudara secara spesifik sampai saat ini memang belum bisa dipastikan. Namun ada beberapa faktor penyebab yang mempengaruhi berkembangnya sel kanker pada payudara, kemungkinan penyebab seperti ini yang beresiko terkena kanker payudara.

Kanker payudara sendiri terjadi karena sel saraf pada bagian payudara telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga sel akan mengalami pertumbuhan secara cepat yang tidak normal dan tak terkendali. Sel kanker biasanya berasal dari komponen kelenjar payudara maupun selain kelenjar itu seperti lemak, pembuluh darah dan persarafan jaringan payudara.

Keganasan sel kanker yang menyerang saraf payudara akan cepat berkembang bila tidak segera ditangani. Ketahuilah penyebab, gejala, dan ciri atau tanda kanker payudara agar dapat mengetahui dan segera mendapat penanganan serta pengobatan. Khususnya bagi kaum wanita agar bisa mengetahui penyebab kanker payudara, karena kanker payudara umum menyerang kaum wanita, walaupun kaum pria juga bisa terserang namun sangat kecil kemungkinannya.

penyebab kanker payudara

ketahui peneyebab terjangkitnya kanker payudara sedini mungkin

Faktor penyebab kanker payudara

Ketahuilah beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kanker payudara. Sampai saat ini memang penyebab secara spesifik belum dapat dipastikan, namun ada beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan kanker payudara. Beberapa faktor resiko penyebab kanker payudara tersebut yaitu sebagai berikut :

  1. Faktor resiko

Terdapat banyak faktor resiko yang menyebabkan kanker payudara dan diperkirakan mempunyai pengaruh. Seperti faktor reproduksi yang berhubungan dengan resiko terjadinya kanker payudara adalah nuliparitas, menarche pada usia muda, menopause pada umur yang lebih tua dan kehamilan pertama pada umur tua. Penggunaan hormon juga beresiko mempengaruhi terjadinya kanker payudara. Obesitas pasca menopause terdapat hubungan yang positif antara berat badan dan bentuk tubuh dengan karakter payudara pada wanita. Mengkonsumsi makanan berlemak juga berpotensi menyebabkan kanker payudara. Resiko terjadinya kanker payudara ini terjadi pada wanita umur 34 sampai 59 tahun. Faktor radiasi selama atau sesudah pubertas meningkatkan terjadinya resiko kanker payudara. Dari beberapa penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa resiko kanker radiasi berhubungan secara linier dengan dosis dan umur saat terjadinya eksposur.

  1. Faktor genetik

Faktor genetik atau keturunan merupakan salah satu faktor juga yang menyebabkan kanker payudara. Faktor genetik yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya ini sangat beresiko terkena kanker payudara. Riwayat sebuah keluarga yang menderita kanker payudara akan diturunkan kepada keturunan selanjutnya. Terdapat peningkatan resiko keganasan pada penderita yang keluarganya menderita kanker payudara. Faktor genetik yang dimaksud ini yaitu adanya mutasi pada beberapa gen yang berperan penting dalam pembentukan kanker payudara, gen tersebut bersifat onogen dan gen yang bersifat mensupresi tumor.

Itulah faktor yang dapat menyebabkan resiko terkena kanker payudara yang perlu diketahui, walaupun secara spesifik belum dapat ditentukan faktor penyebabnya. Jadi, dengan demikian faktor tersebutlah yang berpengaruh menyebabkan resiko terserang penyakit kanker payudara.

Ciri dan tanda kanker payudara

Kanker payudara umum menyerang para kaum wanita biasanya ditandai dengan adanya benjolan kecil pada payudara pada bagian lengan. Untuk para kaum wanita sebaiknya memang harus mengenali ciri dan tanda kanker payudara tersebut sejak usia muda. Bukan hanya itu saja, penyebab dan gejala kanker payudara juga penting diketahui. Ada beberapa ciri dan tanda kanker payudara yang perlu diketahui, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Benjolan disekitar payudara
  • Penebalan kulit disekitar payudara
  • Perubahan ukuran dan bentuk payudara
  • Terdapat kerutan disekitar payudara
  • Puting susu mengeluarkan cairan secara tiba-tiba
  • Nyeri pada bagian tertentu payudara
  • Payudara nampak kemerahan
  • Payudara membengkak
  • Puting susu masuk kedalam
  • Payudara terasa gatal
  • Puting susu bersisik dan terasa sakit
  • Ruam pada puting susu

Para kaum wanita harus mengetahui dan mengenali ciri dan tanda kanker payudara, karena kanker payudara memang menyerang pada kaum wanita. Walaupun kaum pria juga beresiko terserang kanker payudara, namun kecil kemungkinannya.

Baca juga : jenis penyakit kanker yang menyerang wanita

Pencegahan kanker payudara

Pencegahan kanker payudara dapat dilakukan dengan cara mendeteksi dan mengenali gejala maupun ciri dan tanda kanker payudara. Ada beberapa pencegahan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi resiko terjangkitnya kanker payudara, yaitu sebagai berikut :

  • Pencegahan pada lingkungan
  • Pencegahan penjamu
  • Pencegahan milestone
  • Pencegahan primer
  • Pencegahan sekunder
  • Pencegahan teriter

Pada pencegahan primer, para wanita sebaiknya harus sadar diri untuk memeriksakan kondisi payudara sendiri secara rutin sehingga bisa memperkecil faktor resiko terkena kanker payudara. Pencegahan sekunder dilakukan terhadap individu yang beresiko terkena kanker payudara.

Pada pencegahan teriter biasanya diarahkan kepada yang sudah menderita kanker payudara. Penanganan yang tepat terhadap penderita kanker payudara sesuai dengan stadiumnya. Pencegahan teriter ini penting untuk meningkatkan kualitas hidup penderita serta mencegah komplikasi penyakit dan meneruskan pengobatan.

Pengobatan pada kanker payudara juga bisa dilakukan semenjak kanker menginjak stadium awal. Biasanya pengobatan dilakukan dengan cara pembedahan dan mengangkat tumor kanker. pengobatan kanker payudara juga meliputi mastektomi atau pengangkatan payudara, radiasi, kemoterapi, dan juga lintasan metabolisme. Cara pengobatan dilakukan sesuai dengan stadium kankernya. Dokter juga biasanya menyarankan pengobatan alternatif jika memang perlu.

Kanker payudara memang jenis penyakit yang umum menyerang kaum wanita. Bagi para wanita sebaiknya mengenali gejala, ciri dan tanda kanker payudara. Untuk menghindari terserangnya kanker payudara kita juga harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita, terutama pada bagian organ payudara jika tidak ingin terserang kanker. Mengkonsumsi makanan yang sehat, buah dan sayuran juga perlu. Dan bagi kaum pria juga penting mengetahui dan melakukan pola hidup sehat walau kecil kemungkinan terserang kanker payudara.

Ketahui Penyebab Terjangkitnya Kanker Payudara Sedini Mungkin | admin | 4.5