Penyebab Penyakit Diare pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya

By On Wednesday, April 27th, 2016 Categories : Penyakit

Penyebab penyakit diare pada orang dewasa umumnya dikarenakan bakteri, virus dan parasit. Penyakit diare hampir semua orang pernah mengalaminya,  dan tentunya merasa terganggu pada saat menderita penyakit diare, karena seringnya bolak balik buang air besar dalam sehari bisa berkali-kali.

Penyakit diare merupakan penyakit yang sering terjadi dikalangan masyarakat. Bisa dikatakan hampir semua orang pernah mengalaminya. Sebagian besar penyakit diare yang dialami orang dewasa bisa sembuh dengan sendirinya tanpa melakukan pengobatan, berbeda dengan penyakit diare pada anak dan balita. Namun jangan menganggap remeh diare, karena bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya.

Bila penyakit diare terjadi hanya beberapa kali sehari dan berhenti dalam 2-3 hari, hal ini tidak perlu penanganan khusus. Tetapi bila terjadi 7-15 hari, maka perlu diwaspadai. Bahaya terbesar adalah kehilangan banyak cairan tubuh yang menyebabkan dehidrasi, bahkan bisa merenggut nyawa penderitanya. Maka dari itu, jika mengalami diare maka segera mungkin melakukan tindakan pengobatan. Selain itu juga penting untuk melakukan pencegahan, karena diare merupakan jenis penyakit yang beresiko menular dan menyebar.

penyebab penyakit diare pada orang dewasa

penyebab penyakit diare pada orang dewasa dan cara mengatasinya

Penyebab penyakit diare secara umum

Pada umumnya penyakit diare disebabkan oleh bakteri yang masuk kedalam perut lewat makanan dan minuman yang dikonsumsi, kemudian menginfeksi saluran pencernaan seperti usus. Berikut ini ada beberapa penyebab penyakit diare pada orang dewasa, yaitu :

  1. Bakteri

Jenis bakteri mungkin ada ribuan, namun ada beberapa macam bakteri penyebab penyakit diare, seperti Escherecia Coli, Salmonella Typhi, Salmonella Paratyphi, Vibrio Cholera, Campilobacter, dll.

  1. Parasit

Selain bakteri, parasit juga dapat menyebabkan diare, jenisnya pun ada ribuan. Namun, parasit yang sering menyababkan penyakit diare diantaranya Entamoeba Hystolitica, Giardia Lamblia, cacing Ascaris Lumbricoides, dll.

  1. Virus

Berikutnya yaitu virus yang menyebabkan diare, sama dengan bakteri dan parasit jenisnya ada ribuan. Tetapi ana beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan penyakit diare yaitu Rotavirus, Adenovirus, Norwalkvirus, dll.

Setelah kita mengetahui penyebabnya, sebaiknya kita segera mengobatinya dengan penanganan yang tepat juga, maka diare akan berhenti dan sembuh dalam beberapa hari. Jika dalam beberapa hari setelah melakukan pengobatan tidak kunjung membaik dan sembuh, maka segera hubungi Dokter guna mendapat perawatan lebih lanjut.

Cara mengobati penyakit diare

Tindakan setelah mengetahui penyebab dan gejala diare, maka segera untuk mengobatinya. Ada beberapa cara mengobati penyakit diare pada orang dewasa yang cukup mudah dilakukan. Berikut ini beberapa langkah dan bahan untuk mengobati diare yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Banyak minum

Banyak minum air putih harus dilakukan untuk mengatasi diare, ini dikarenakan untuk menghindari terjadinya resiko mengalami dehidrasi. Karena banyaknya cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh pada saat buang air besar, sehingga tubuh akan menjadi lemas. Selain air putih, Anda juga bisa meminum teh hitam tawar atau larutan oralit untuk menghentikan diare.

  1. Jambu biji

Jambu biji sudah dikenal ampuh oleh masyarakat akan khasiatnya untuk mengobati penyakit diare. Bisa memakannya langsung buah jambu biji yang masih muda atau juga bisa mengkonsumsi pucuk daun jambu biji yang dicampur dengan garam dapur.

  1. Cuka apel

Cuka apel merupakan ramuan tradisional yang juga ampuh untuk mengobati penyakit diare. Caranya pun begitu mudah, cukup dengan mencampur beberapa tetes cuka apel ke dalam air putih dan meminumnya, lakukan secara rutin.

  1. Kunyit

Kunyit sebagai tanaman obat sejak dulu dikenal banyak khasiatnya, kunyit dapat mengobati beberapa macam penyakit dan diantaranya mengobati penyakit diare. Cara mengobati diare dengan kunyit yaitu dengan mengiris tipis kunyit, kemudian direbus dan minumlah air rebusan kunyit ini, tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih. Minumlah 3 kali sehari.

  1. Kulit jeruk

Kulit jeruk organik bisa mengobati penyakit diare, bisa melakukanya dengan cara merebus kulit jeruk tersebut, kemudian minumlah air rebusannya. Bisa juga dengan menambahkan madu.

Baca juga : makanan untuk penderita penyakit diare

Cara mencegah penyakit diare

Penyakit diare bukan hanya berdampak bagi penderitanya saja, melainkan berpotensi menyebar dan dapat menular. Maka dari itu perlu dicegah mulai dari kontak pertama sampai penyebarannya. Cara mencegah penyakit diare diantaranya dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Cuci tangan sebelum makan dengan sabun
  • Jangan makan makanan yang kebersihannya diragukan
  • Mengutamakan bahan makanan yang masih segar
  • Jangan minum air keran atau yang belum dimasak
  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama pada air yang setiap harinya kita pakai dan konsumsi

Jika Anda terkena penyakit diare, Anda juga boleh mengambil langkah-langkah berikut ini untuk mencegah penyakit diare menyebar dan menular kepada orang disekitar Anda.

  • Apabila tinggal dalam satu rumah, pastikan penderita menghindari penggunaan peralatan makan yang sama dengan anggota keluarga lainnya
  • Membersihkan toilet setelah buang air besar dan mencuci tangan dengan sabun
  • Tetap berada didalam rumah selama 2 hari setelah periode diare yang terakhir
  • Selalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet, mencuci tangan sebelum makan dan sebelum menyiapkan makanan

Ketika menderita penyakit diare, sebaiknya Anda memperbayak istirahat. Hindari mengkonsumsi buah-buahan yang berserat tinggi seperti buah mangga, dan juga hindari minuman bersoda, kafein dan alkohol, juga jangan menggunakan obat-obatan anti diare tanpa resep dokter, terutama saat Anda sedang hamil. Jika penyakit diare Anda ditandai dengan adanya darah, demam tinggi, segeralah anda pergi ke dokter untuk memeriksakannya.

Penyebab Penyakit Diare pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya | admin | 4.5