Pentingnya Mengetahui Penyebab Penyakit Kolera dan Cara Mencegahnya

By On Monday, May 16th, 2016 Categories : Penyakit

Penyebab penyakit kolera yang umum yaitu disebabkan oleh bakteri. Bakteri Vibrio cholerae adalah penyebab penyakit kolera yang menginfeksi saluran pencernaan seperti usus yang kemudian bakteri tersebut akan mengakibatkan diare dan berujung pada penyakit kolera.

Bakteri Vibrio cholerae yang merupakan bakteri penyebab kolera akan masuk lewat mulut melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Biasanya makanan dan minuman yang terkontaminasi terdapat bakteri tersebut. Setelah bakteri tersebut masuk kedalam tubuh, makan akan menginfeksi saluran pencernaan dan menyebabkan diare. Pada saat diare, biasanya disertai muntah yang kemudian akan berujung pada dehidrasi.

Apabila penderita penyakit kolera sampai mengalami dehidrasi, segeralah mendapatkan penanganan. Jika tidak, maka kemungkinan penderita akan berujung kehilangan nyawa atau meninggal. Penderita sebaiknya mendapatkan penanganan secepat mungkin. Biasanya penderita penyakit kolera akan merasa mual dan muntah selama beberapa jam, ini yang menyebabkan terjadinya dehidrasi pada penderita. Berikan oralit untuk mengurangi resiko dehidrasi sebagai pengganti cairan yang hilang.

penyebab penyakit kolera

pentingnya mengetahui penyebab penyakit kolera dan cara mencegahnya

Penyebab penyakit kolera yang perlu diketahui

Biasanya penderita penyakit kolera akan terlihat tampak pucat, ini dikarenakan banyak kehilangan cairan dalam tubuh yang dikeluarkan bersamaan dengan tinja atau fases pada saat buang air besar. Berikut ini ada beberapa penyebab penyakit kolera yang dapat diketahui, yaitu :

  1. Makanan yang dikonsumsi mentah
  2. Makanan yang kurang matang saat memasaknya
  3. Mengkonsumsi hewan yang hidup di air yang terkontaminasi
  4. Mengkonsumsi sayuran mentah yang tidak dicuci sampai bersih
  5. Mengkonsumsi buah-buahan mentah yang tidak dikupas
  6. Lingkungan padat penduduk yang tidak memiliki sanitasi yang memadai

Gejala penyakit kolera

Umumnya gejala penyakit kolera ditandai dengan diare yang mana pada tinja disertai dengan lendir dan terdapat bercak berwarna putih pada. Gejala penyakit kolera yang umum terjadi yaitu ditandai dengan hal-hal sebagai berikut :

  • Diare dengan mengeluarkan tinja yang encer
  • Tinja berubah cairan putih keruh
  • Muntah setelah diare
  • Kejang otot dibagian perut
  • Dehidrasi akibat mengeluarkan banyak cairan
  • Gelisah dan cepat marah
  • Tekanan darah turun atau rendah
  • Nadi berdenyut cepat
  • Urin keluar sedikit
  • Kulit berkerut dan kering
  • Mulut dan bibir kering

Namun tidak semua penderita penyakit kolera memiliki gejala, sehingga penderita biasanya tidak menyadari behwa telah terinfeksi bakteri penyebab kolera. Dari sekian banyak penderita penyakit kolera hanya beberapa persen saja yang menunjukan gejalanya.

Penyebaran penyakit kolera

Penyakit kolera merupakan penyakit yang dapat menyebar dan menular. Penyakit kolera dapat menyebar baik sebagai penyakit endemik, epidemik, atau pandemik. Bakteri yang menyebabkan penyakit kolera, yaitu bakteri Vibrio cholerae akan berkembang biak dan menyebar melalui tinja.

Apabila menderita penyakit kolera dan buang air besar di sungai, maka tinja akan mengkontaminasi air sungai tersebut. Sehingga, orang yang melakukan kontak langsung dengan air sungai tersebut beresiko terkena penyakit kolera juga. Bahkan mengkonsumsi ikan yang hidup di sungai tersebut akan beresiko tertular juga. Maka dari itu, hindari kontak langsung dengan air yang sudah terkontaminasi tinja tersebut.

Menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar, terutama air dan tempat pembuangan kotoran, merupakan cara agar tidak terkena dan tertular penyakit kolera. Karena penyakit kolera ini merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang dapat menyebar dan menular apabila kontak langsung atau lewat air maupun apa saja yang sudah terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Jadi, untuk mencegah penyebaran penyakit kolera sebaiknya melakukan tindakan pencegahan dengan tidak kontak secara langsung.

Baca juga : cara mengobati penyakit kolera

Pencegahan penyakit kolera

Untuk mencegah agar tidak terkena dan tertular penyakit kolera, sebaiknya untuk selalu menjaga kebersihan. Memperhatikan makanan dan minuman juga yang akan dikonsumsi. Berikut ini adalah cara bagaimana mencegah resiko terserang penyakit kolera, yaitu sebagai berikut :

  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang dijajakan keliling atau kaki lima
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang benar-benar dimasak matang
  • Hindari makanan laut yang dikonsumsi secara mentah, seperti kerang dan ikan
  • Hindari makan sayur dan buah yang dikonsumsi secara mentah, sebaiknya kita cuci dahulu sampai benar-benar bersih
  • Waspada terhadap produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi
  • Mencuci tangan sampai bersih dengan sabun sebelum dan sesudah makan
  • Mencuci tangan setelah menggunakan toilet dengan sabun

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah resiko terserang penyakit kolera. Pemberian vaksinasi juga dapat melindungi anggota keluarga Anda atau orang lain yang kontak langsung dengan penderita penyakit kolera. Pemberian vaksinasi sangat efektif untuk mencegah berkembangnya bakteri penyebab penyakit kolera.

Sejatinya tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya dan tidak dapat disembuhkan. Maka dari itu, selalu menjaga kebersihan diri sendiri, keluarga maupun lingkungan sekitar, dapat mencegah kita terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti penyakit kolera. Konsumsilah makanan dan minuman yang benar-benar terjamin kebersihannya dan benar-benar dimasak secara matang.

Pentingnya Mengetahui Penyebab Penyakit Kolera dan Cara Mencegahnya | admin | 4.5