Penyebab Umum Penyakit Maag Kronis yang Perlu Diketahui

By On Sunday, October 9th, 2016 Categories : Penyakit

Penyebab umum penyakit maag kronis disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Sakit maag yang diderita awalnya biasa saja, juga hilang dengan sendirinya. Ketika pola makan tidak diatur, maka penyakit maag dapat kambuh dan bertambah parah berubah menjadi kronis.

Umumnya penderita penyakit maag pada tahap awal tidak merasakan gejala, bahkan hampir tidak memiliki gejala. Namun gejala akan mulai muncul dan dirasakan setelah penyakit maag bertambah parah dan kambuh. Ini disebabkan karena pola makan yang tidak diatur, juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya. Biasanya penyakit maag kronis juga akan ditandai dengan beberapa ciri-ciri pada penderitanya.

Penyakit maag merupakan jenis penyakit yang bisa hilang sendiri, tanpa melakukan pengobatan. Namun, penyakit maag juga penyakit yang dapat kambuh lagi. Peyebab kambuhnya penyakit maag karena pola makan yang tidak diatur. Ketika penyakit maag dibiarkan saja tanpa adanya penanganan dan pengobatan, pada saat kambuh penyakit maag akan bertambah parah menjadi kronis. Ini karena pada lambung sudah terdapat luka yang serius. Jadi, ketika menderita penyakit maag kronis sebaiknya jangan mengangap remeh.

penyebab umum penyakit maag kronis

penyebab umum penyakit maag kronis yang perlu diketahui

Penyebab penyakit maag kronis yang perlu diketahui

Dari beberapa jenis penyakit maag, pada umumnya disebabkan karena pola makan yang tidak teratur. Sehingga memicu penyakit maag dan jika dibiarkan akan menjadi parah. Berikut ini ada beberapa penyebab penyakit maag kronis yang perlu diketahui, yaitu :

  1. Disebebkan oleh bakteri, yaitu helicobacter
  2. Pola makan yang tidak teratur
  3. Mengkonsumsi obat tertentu dalam jangka panjang
  4. Penggunaan kokain dan minuman beralkohol
  5. Kelainan autoimmune
  6. Stress yang berlebihan
  7. Gaya hidup yang tidak sehat

Kebanyakan orang tidak menyadari akan penyebab-penyebab tersebut, biasanya akan merasakannya setelah sakit maag bertambah parah dan pada saat kambuh. Sebagian besar orang juga begitu acuh dengan penyakit maag yang dideritanya, karena sakit maag biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa melakukan pengobatan.

Ciri-ciri dan gejala penyakit maag kronis

Faktor lain yang penting guna mengetahui penyakit maag kronis selain penyebabnya, kita juga perlu mengetahui ciri-ciri penyakit maag kronis dan gejalanya. Ada bebrapa ciri-ciri dan gejala penyakit maag kronis, yaitu sebegai berikut :

  • Nafsu makan berkurang
  • Mual dan muntah
  • Nyeri pada ulu hati
  • Adanya luka pada lambung
  • Sakit kepala
  • Kembung
  • Berat badan menurun
  • Tubuh terasa lemas
  • Buang air besar berdarah

Penyakit maag yang bertambah parah menjadi kronis ditandai dengan ciri-ciri dan gejala diatas. Penderita biasanya merasa sakit maag yang diderita biasa-biasa saja, akan merasakan gejala seperti diatas jika sakit maag yang diderita bertambah parah. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui gejala-gejalanya.

Baca juga : manfaat buah pisang untuk mengobati sakit maag

Pencegahan penyakit maag kronis

Bagi Anda yang menderita maag, maka perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan. Pola makan yang tidak teratur sangat mungkin menjadi penyebab bertambah parahnya sakit maag yang diderita. Gaya hidup yang tidak sehat juga sangat memicu penyakit maag yang Anda derita menjadi semakin parah. Berikut ini merupakan tindakan pencegahan terhadap penyakit maag kronis yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Mengatur pola makan, biasakan sarapan di pagi hari
  • Istirahat yang cukup, istirahat akan mengurangi stress yang berlebihan
  • Menjaga kesehatan, kesehatan tubuh sangat penting agar tidak gampang terserang penyakit
  • Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas, asam, dan makanan berlemak tinggi
  • Menghentikan kebiasaan buruk, seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol
  • Jangan terlalu sering meminum minuman yang bersoda
  • Menjalani gaya hidup sehat dan rajin berolahraga

Selain melakukan tindakan pencegahan seperti di atas, pengobatan juga penting dilakukan. Mengobati penyakit maag kronis bisa dengan cara yang alami selain dengan menggunakan obat untuk penyakit maag. Berikut ini ada beberapa bahan alami untuk mengobati penyakit maag kronis, yaitu :

  • Menggunakan daun jambu biji

Manfaat jambu biji untuk mengobati diare, ternyata memiliki manfaat juga menyembuhkan penyakit maag dengan memanfaatkan daunnya. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus daun jambu biji dan kemudian minum air rebusannya. Minumlah 3 kali sehari, yaitu pagi, siang dan sore hari.

  • Menggunakan temulawak

Tanaman yang satu ini selain banyak manfaatnya dapat juga menyembuhkan penyakit maag. Iris tipis-tipis temulawak lalu diangin-anginkan, rebus dan minum air rebusan temulawak tersebut. Minumlah 1 kali sehari cukup 1 gelas.

  • Menggunakan lidah buaya

Manfaat dan khasiat lidah buaya selain memanajngkan dan mencegah kerontikan rambut, ternyata dapat juga mengobati penyakit maag kronis. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengupas kulitnya dan bersihkan lendirnya lalu rebus sampai lidah buahnya matang, minum air rebusan lidah buaya tersebut. Bagi yang kurang suka rasa pahit bisa menambahkan madu dan lebih simple lagi jus lidah buaya dan tambahkan madu. Minumlah 1 kali sehari.

  • Menggunakan kunyit

Kunyit sebagai tanaman obat mengandung banyak manfaat, salah satunya bisa mengobati penyakit maag kronis. Tanaman obat yang satu ini memiliki banyak kandungan yang baik dan berguna untuk pengobatan penyakit. Cara untuk mengobati maag kronis menggunakan kunyit yaitu, bersihkan kunyit terlebih dahulu, kemudian parut dan peras. Air perasan sari kunyit dicampur dengan air hangat dan diminum. Minumlah sari kunyit secara rutin setiap hari untuk mengobati penyakit maag kronis. Bisa ditambahkan juga dengan madu.

  • Menggunakan kedelai

Kedelai ternyata juga dapat menyembuhkan penyakit maag, yaitu maag kronis. Caranya dengan menyangrai kedelai lalu haluskan dan seduh dengan air panas. Minumlah secara teratur maka penyakit maag kronis bisa sembuh.

Dengan mengetahui penyebab, gejala dan ciri-ciri penyakit maag kronis, kita dapat melakukan pencegahan dan pengobatan. Pada dasarnya penyakit maag tidak akan bertambah dan menjadi kronis jika kita melakukan pola hidup sehat dan mengatur pola makan. Pola makan yang teratur sangat penting bagi penderita penyakit maag dan juga jangan mengkonsumsi jenis makanan yang dapat memicu bertambah parahnya penyakit maag tersebut.

Penyebab Umum Penyakit Maag Kronis yang Perlu Diketahui | admin | 4.5