Waspada Jika Mengalami Sakit Perut Secara Mendadak

By On Wednesday, November 30th, 2016 Categories : Penyakit

Sakit perut secara mendadak bisa jadi karena gejala penyakit lain. Walaupun sakit perut sebagian besar tidak memiliki penyebab yang serius. Namun, harus bisa mengenali gejala yang timbul pada saat mengalami sakit perut untuk mengetahui penyebabnya.

Sakit perut memang bisa dialami semua orang dan tidak memiliki penyebab juga dampak yang serius. Namun, sakit perut yang datangnya secara tiba-tiba bisa jadi mengakibatkan komplikasi lebih serius pada organ lain didalam perut. Mungkin sakit perut yang dirasakan disebabkan oleh sakit maag atau perut mulas akibat sedang menderita diare, bisa juga karena disebabkan penyakit lain yang lebih serius.

Untuk mengetahui lebih jelasnya jika mengalami sakit perut secara mendadak, maka harus mengetahui gejala dan penyebabnya. Penyebab sakit perut seperti dikarenakan menderita diare, maka sakit perut yang dirasakan merupakan kondisi umum. Ini karena disebabkan oleh peradangan pada perut dan juga usus yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Jika sakit perut disebabkan karena menderita penyakit maag, ini juga wajar karena asam lambung didalam perut meningkat dan biasanya terdapat luka pada lambung.

sakit perut secara mendadak

waspada jika mengalami sakit perut secara mendadak

Penyebab sakit perut secara umum

Sakit perut dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, seperti disebabkan oleh penyakit, makanan, bakteri dan lain-lain. Namun perlu diwaspadai jika mengalami sakit perut secara mendadak. Sakit perut yang umum terjadi biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

  1. Sakit perut karena diare

Penyakit diare merupakan jenis penyakit yang umum menyerang siapa saja yang disebabkan oleh virus, bakteri dan parasit. Penyebab diare tersebut dikarenakan mengkonsumsu makanan dan minuman yang terkontaminasi, sehingga virus dan bakteri juga parasit masuk kedalam perut dan menginfeksi saluran pencernaan melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Pada kondisi seperti ini, diare akan menyebabkan sakit perut. Kondisi ini umum dirasakan setiap penderita diare.

  1. Sakit perut karena masuk angin

Pada saat terserang masuk angin, kondisi seperti kram perut biasanya akan dirasakan. Sehingga menyebabkan perut sakit. Ketika masuk angin, akan merasakan gejala seperti bersendawa, kembung dan perut merasa penuh. Ini dikarenakan pencernaan makanan dan minuman yang kurang sempurna, sehingga menghasilkan angin atau gas. Masuk angin merupakan kondisi yang umum dan bisa menyebabkan terjadinya kram perut dan juga kembung.

  1. Sakit perut secara mendadak

Sakit perut yang datangnya mendadak dan tiba-tiba, maka hal ini perlu di waspadai. Meskipun sakit perut biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Jika mengalami sakit perut secara mendadak, maka perlu segera menghubungi Dokter. Karena kondisi sakit perut yang mendadak bisa jadi merupakan gejala penyakit yang serius. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan sakit perut secara mendadak maka penyakit tersebut bersifat serius atau berat.

Baca juga : obat sakit perut yang alami

Jenis penyakit penyebab sakit perut secara mendadak

Sakit perut memang kondisi yang umum dan wajar, semua orang pasti pernah mengalaminya. Namun ada beberapa penyebab sakit perut secara mendadak yang disebabkan oleh penyakit, maka kondisi seperti ini harus di waspadai. Berikut ini ada beberapa penyakit penyebab sakit perut secara mendadak :

  • Radang usus buntu

Usus buntu merupakan kantong yang mirip jari dan terhubung dengan usus besar. Radang yang terjadi pada kantong ini yang menyebabkan sakit perut secara mendadak pada bagian kanan bawah perut. Kondisi seperti ini bisa mengharuskan usus buntu diangkat dengan tindakan operasi.

  • Tukak peptik

Tukak yaitu luka pada dinding perut atau usus halus. Luka ini dikarenakan dari erosi lapisan dinding yang terjadi perlahan-lahan. Lama-kelamaan tukak yang dibiarkan akan menyebabkan pendarahan dan pada akhirnya seluruh lapisan dinding dimana tukak berada akan terkikis dan membentuk lubang pada saluran pencernaan. Pada kondisi seperti ini akan mengakibatkan sakit perut secara mendadak dan harus mendapatkan penanganan medis secepatnya.

  • Batu empedu

Batu ini biasanya akan terbentuk dalam kantung empedu. Terbentuknya batu dalam kantung empedu dikarenakan dari kolesterol dan juga pigmen didalam empedu. Maka dari itu, kondisi yang seperti ini akan menyebabkan sakit perut secara mendadak. Untuk menyingkirkan batu empedu maka harus dilakukan operasi.

  • Batu ginjal

Batu ginjal adalah batu dalam bentuk kristal kecil yang terbuat dari zat dan mineral di dalam urin. Batu ginjal yang kecil masih bisa dikeluarkan melalui urin, tapi batu ginjal  berukuran besar bisa menghambat sistem saluran kemih dan umumnya memerlukan operasi. Penyebab utama terjadinya batu ginjal karena kurang minum air putih. Usahakan untuk minum air putih 2 liter sehari.

  • Divertikulitis

Divertikulitis adalah peradangan pada divertikulum atau kantong-kantong kecil pada dinding usus besar. Divertikulitis bisa menyebabkan gejala seperti sakit perut, demam, kembung, diare, dan mual.

Itulah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan sakit perut secara mendadak. Jika mengalami sakit perut, maka perlu waspada dan segera memeriksakan kondisinya ke dokter. Jangan menganggap remeh jika mengalami kondisi sakit perut secara mendadak, karena bisa jadi disebabkan oleh penyakit yang serius.

Untuk menjaga kesehatan perut supaya terhindar dari sakit perut apalagi yang datangnya secara tiba-tiba, maka perlu menjaga kondisi kesehatan dengan cara menjalankan pola hidup sehat, pola makan sehat dan teratur, berolahraga secara rutin dan menghentikan kebiasaan buruk yang memicu terjadinya sakit perut. Sehingga bukan hanya terhindar dari masalah sakit perut saja, juga dari jenis penyakit yang lainnya.

Waspada Jika Mengalami Sakit Perut Secara Mendadak | admin | 4.5