Tips Ampuh Menjaga Kesegaran Mulut Saat Puasa

By On Tuesday, June 13th, 2017 Categories : Tips

Tips ampuh menjaga kesegaran mulut ketika sedang menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan bisa dilakukan ketika sudah buka puasa dan sehabis makan sahur. Sehingga ketika sudah masuk waktu berpuasa mulut akan tetap segar dan terhindar dari bau mulut.

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Karena di bulan suci ini banyak pahala yang bisa didapat selain dari menjalankan kewajiban puasa di bulan tersebut. Ketika sedang puasa tentunya masalah bau mulut sering terjadi, untuk itu perlu adanya cara dan tips mencegah bau mulut agar napas tetap segar selama berpuasa.

Masalah bau mulut ketika puasa dikarenakan keadaan perut yang kosong akibat menahan lapar dan haus dalam waktu yang lama, sehingga kondisi dalam mulut juga akan kering karena produksi air liur yang berkurang. Sebenarnya masalah bau mulut ketika sedang puasa wajar dan umum terjadi, dalam Islam sendiri tidak masalah. Namun, ada sebagian orang yang merasa terganggu dan merasa tidak nyaman. Untuk itu, penting juga menjaga kesegaran mulut saat puasa.

tips ampuh menjaga kesegaran mulut saat puasa

tips ampuh menjaga kesegaran mulut saat puasa

Tips menjaga mulut tetap segar saat puasa

Ada berbagai macam tips dan cara yang dapat dilakukan untuk menjaga mulut tetap segar saat puasa. Namun, sebaiknya dilakukan ketika sudah buka puasa dan sebelum sahur untuk menghindari kemakruhan dalam menjalankan ibadah puasa. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Menggosok gigi

Gosoklah gigi sesudah makan sahur dan buka puasa, sehingga dengan selalu menjaga kebersihan kondisi dalam mulut maka mulut akan tetap selalu segar dan tidak bau. Jika selalu menggosok gigi maka sisa makanan yang menempel dan terselip pada gigi akan hilang, sehingga tidak mengakibatkan bau mulut.

  1. Perbanyak minum air

Setelah makan sahur sebaiknya untuk memperbanyak minum air putih untuk mengindari kekurangan cairan ketika siang harinya. Karena jika tubuh kekurangan cairan, maka kondisi mulut juga akan kering, produksi air liur berkurang, yang mana ini akan mengakibatkan mulut bau. Sehabis makan dan di malam hari juga perbanyak minum air untuk memulihkan kondisi tubuh dari kurangnya cairan selama berpuasa.

  1. Berkumur

Berkumur sehabis makan sahur akan menghilangkan sisa makanan yang menempel dan terselip di gigi. Sehingga mulut akan segar dan tidak bau ketika masuk waktu berpuasa. Bisa juga berkumur dengan obat kumur penyegar nafas.

  1. Hindari makanan dan minuman penyebab bau mulut

Untuk menjaga kesegaran mulut, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan masalah bau mulut ketika makan sahur. Seperti pete, jengkol, bawang dan makanan manis. Minuman seperti kopi juga perlu dihindari dan kebiasaan merokok.

  1. Konsumsi teh hijau

Ketika sebelu tidur, mengkonsumsi teh hijau akan membuat nafas segar pada saat puasa di siang hari. Bisa juga dengan menambahkan daun mint ke dalam teh hijau untuk mendapatkan sensasi kesegaran. Sehabis makan sahur juga bisa mengkonsumsi lagi. Teh hijau yang di campur dengan daun mint dapat melindungi gigi dari kerusakan dengan cara menghilangkan plak dan mampu membunuh bakteri, sehingga kondisi mulut pada saat berpuasa akan tetap terjaga kesegarannya.

  1. Bersiwak

Siwak dapat digunakan untuk membersihkan gigi dan lidah, sehingga masalah bau mulut akan hilang dan mulut pun akan tetap segar. Selain itu juga, dengan bersiwak gigi akan lebih kuat dan mendapatkan manfaat kesunahannya ketika berpuasa. Bersiwaklah setelah makan sahur dan buka puasa, maka akan mendapatkan manfaat siwak untuk menghilangkan bau mulut selama puasa.

Itulah beberapa tips untuk menjaga mulut tetap segar saat puasa. Sebaiknya kelembaban dalam mulut selalu dijaga untuk menghindari terjadinya masalah bau mulut, sehingga mulut akan tetap segar dan puasa pun tidak terganggu.

Namun, ada masalah lain jika mulut kesegarannya terganggu dan tidak mudah untuk diatasi, biasanya yang disebabkan oleh penyakit tertentu yang bersifat berat atau kronis. Untuk itu, sebaiknya segera menemui dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan masalah tersebut. Karena mulut yang tidak segar dan bau biasanya tidak hanya berasal dari dalam mulut saja.

Baca juga : tips sehat mencegah bau mulut saat puasa

Penyebab mulut tidak segar atau bau

Banyak faktor yang dapat menyebabkan mulut bau dan tidak segar ketika sedang berpuasa, biasanya karena kurang menjaga kebersihan dalam mulut. Berikut ini ada beberapa penyebab mulut tidak segar sehingga menimbulkan bau, yaitu :

  • Kebersihan mulut kurang terjaga
  • Makanan dan minuman penyebab bau mulut
  • Kurang mengkonsumsi air atau kurang cairan
  • Melewatkan makan sahur
  • Penyakit tertentu

Dengan mengetahui penyebab dari masalah timbulnya bau mulut dan mulut tidak segar, senantiasa dapat mengatasinya dengan cara atau tips di atas. Namun, untuk masalah mulut tidak segar dan bau karena penyakit tertentu, sebaiknya untuk memeriksakan kondisinya ke dokter. Dokter biasanya akan mengobati penyakit dan memberi saran-saran tertentu.

Itulah tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesegaran mulut dan beberapa penyebab dari mulut tidak segar saat puasa. Semoga bermanfaat dan masalah mulut tidak segar atau bau dapat diatasi dengan cara-cara tersebut. Selamat mencoba, semoga ibadah puasa di bulan suci Ramadhan Anda lancar dan mulut tetap segar, juga mendapatkan pahala dan manfaat di bulan suci Ramadhan.

Tips Ampuh Menjaga Kesegaran Mulut Saat Puasa | admin | 4.5