Tips Berpuasa Agar Nafas Selalu Segar Tanpa Bau Mulut

By On Saturday, April 1st, 2017 Categories : Tips

Tips berpuasa agar nafas selalu segar bisa dilakukan pada saat buka puasa sampai sahur atau dimalam hari. Dengan beberapa tips yang mudah dilakukan dan aman maka bau mulut saat sedang puasa tidak akan terjadi dan dapat diatasi.

Bau mulut saat puasa umum dialami oleh banyak orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Bagi sebagian orang tentunya akan menjadi masalah dan mengganggu karena ketidak nyamanan yang ditimbulkan oleh bau mulut. Akibat bau mulut saat puasa tersebut banyak penyebabnya, salah satunya kurang membersihkan bagian dalam mulut ketika sehabis makan buka puasa dan sahur.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah bau mulut yang terjadi pada saat menjalankan puasa dapat melakukan tips-tips yang dapat menghilangkan masalah bau mulut. Diantaranya bisa dengan memanfaatkan bahan alami atau cara yang mudah dilakukan seperti menjaga kebersihan kondisi dalam mulut dengan menggosok gigi pada saat sehabis makan buka puasa dan sahur. Namun ada bau mulut yang susah diatasi yang disebabkan oleh suatu penyakit kronis yang tak kunjung sembuh.

tips berpuasa agar nafas selalu segar

tips berpuasa agar nafas selalu segar tanpa bau mulut

Penyebab bau mulut saat puasa

Pada dasarnya penyebab bau mulut saat berpuasa disebabkan oleh kondisi mulut yang kering, untuk itu perlu cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Namun, perlu mengetahui penyebab-penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya bau mulut saat puasa, yaitu :

  1. Kurang menjaga kebersihan mulut

Kebersihan mulut memang menjadi faktor penyebab bau mulut, jika kurang menjaga kebersihannya, maka bau mulut akan terjadi. Pada saat puasa, biasanya umum dialami oleh orang yang menjalankan ibadah puasa. Namun kebersihan mulut bila dijaga maka tidak akan timbul yang namanya bau mulut saat sedang puasa. Biasanya pada saat habis makan sahur, malas untuk menggosok gigi, ini yang memicu terjadinya bau mulut saat puasa. Ketika buka puasa juga menggosok gigi penting, karena setelah menjalankan puasa kemudian berbuka puasa dan makan, maka gosok gigi perlu sesudah makan buka puasa.

  1. Malas menggosok gigi

Seperti yang telah disebutkan diatas, jika malas untuk menggosok gigi pada saat sahur dan buka puasa, maka akan menyebabkan terjadinya bau mulut. Biasanya ini yang sering dirasakan oleh setiap orang yang menjalankan puasa. Pada saat sehabis makan sahur, malas untuk menggosok gigi. Begitu juga saat berbuka puasa, sehabis makan lupa menggosok gigi. Pentingnya menggosok gigi pada saat sahur dan buka puasa akan membuat kondisi mulut tetap segar dan tidak bau mulut.

  1. Mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut

Ketika makan sahur dan buka puasa biasanya mengkonsumsi makanan yang menyebabkan bau mulut. Bau mulut yang ditimbulkan akibat aroma makanan yang kurang sedap akan mengganggu pada saat menjalankan ibadah puasa di pagi harinya. Jika sehabis makan makanan penyebab bau mulut kita tidak membersihkan dengan menggosok gigi, maka bau yang disebabkan oleh makanan akan terus terasa sampai pada saat buka puasa. Maka gosok gigilah ketika sehabis makan makanan yang menyebabkan bau mulut, pada saat sahur maupun buka puasa.

  1. Kurang mengkonsumsi air

Mengkonsumsi air putih pada saat sahur maupun sesudah buka puasa sangatlah penting. Karena selama menjalankan ibadah puasa kondisi tubuh kita kekurangan banyak cairan. Jika kekurangan banyak cairan, kondisi mulut akan kering dan menyebabkan terjadinya bau mulut. Konsumsilah cukup air pada saat sehabis makan sahur dan buka puasa untuk menghindari kekurangan cairan ketika sedang berpuasa, dan menghindari mulut kering yang menimbulkan bau mulut.

  1. Penyakit

Bau mulut saat puasa juga bisa timbul karena disebabkan oleh suatu penyakit. Seperti sakit maag, asam lambung, sariawan, dan juga karena penyakit kronis yang diderita. Sakit maag biasanya yang umum diderita orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Sakit maag menyebabkan terjadinya bau mulut ketika sedang puasa, karena kondisi perut yang sakit kemudian menimbulkan aroma dan bau mulut. Orang yang menderita asam lambung juga biasanya memiliki aroma nafas yang kurang enak. Namun yang susah apabila orang yang menderita sakit kronis, bau mulut biasanya susah hilang dan diatasi. Ini karena bau yang disebabkan dari penyakit yang dideritanya.

Selain disebabkan oleh beberapa faktor di atas, bau mulut saat puasa juga bisa disebabkan karena melewatkan makan sahur, mengkonsumsi obat pada saat sehabis sahur, dan masih banyak lagi. Untuk itu, maka perlu melakukan cara pencegahan atau tips untuk mengatasinya agar nafas tetap segar dan tidak bau pada saat menjalankan puasa.

Baca juga : tips menjaga mulut tetap segar

Tips menjaga nafas tetap segar dan tidak bau saat puasa

Setelah mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan masalah bau mulut saat puasa, maka perlu adanya tindakan untuk mengatasinya. Berikut ini ada beberapa tips menghilangkan bau mulut saat puasa yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Menggosok gigi pada saat sahur dan buka puasa
  • Berkumur sehabis sahur dan buka puasa
  • Banyak minum air putih sehabis sahur dan buka puasa
  • Mengkonsumsi teh hijau pada saat sebelum tidur dan sahur
  • Bersiwak ketika sehabis sahur dan buka puasa

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Selain cara di atas juga bisa dengan mengkonsumsi buah-buahan yang dapat membantu menghilangkan bau mulut, yaitu jenis buah yang banyak mengandung vitamin dan air.

Dengan selalu menjaga kebersihan kondisi dalam mulut, maka berpuasa juga tidak akan merasa terganggu, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Rajin-rajinlah menggosok gigi pada saat sehabis makan sahur dan buka puasa, juga memperbanyak minum air untuk menghindari dehidrasi pada saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Tips Berpuasa Agar Nafas Selalu Segar Tanpa Bau Mulut | admin | 4.5