Tips Diet Sehat Secara Alami dan Cepat

By On Thursday, October 6th, 2016 Categories : Tips

Tips diet sehat bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Biasanya diet yang sehat dengan melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat juga dengan mengatur pola makan. Mengkonsumsi buah-buahan juga bisa menjadi menu diet sebagai pengganti makanan pokok.

Berat badan yang berlebihan memang jadi masalah bagi setiap orang, apalagi bagi para kaum wanita. Biasanya para wanita akan merasa tidak percaya diri dengan kondisi berat badan yang berlebihan. Ini sebabnya banyak para wanita yang ingin melakukan program diet agar berat badan turun dan memiliki bentuk tubuh yang diinginkan. Tips diet sehat bisa dengan melakukan olahraga dan mengkonsumsi buah juga sayuran.

Salah satu langkah untuk melakukan diet yang sehat dengan mengatur pola makan juga mengganti menu makan dengan menu diet yang bagus dan sehat juga rutin berolahraga. Selain badan sehat, dengan rutin berolahraga juga dapat mencegah resiko terserang dari berbagai macam jenis penyakit. Pada dasarnya, berat badan kita yang berlebihan dikarenakan kurang menjaga dan mengatur pola makan, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolestrol dan minyak, juga berlebihan dalam mengkonsumsi makanan.

tips diet sehat

tips diet sehat secara alami dan cepat

Diet sehat dan alami

Diet sehat dan alami caranya sederhana, cukup melakukan olahraga rutin dan mengatur pola makan yang sehat. Diet sehat akan berhasil jika diniati dan memiliki tekad yang kuat. Berikut ini merupakan tips diet sehat yang mudah dan bisa dicoba dirumah, yaitu :

  1. Melakukan sarapan

Jangan lupakan dan meninggalkan sarapan, karena sarapan pagi sangat penting sebagai sumber energi utama. Banyak orang yang beranggapan sarapan akan menambah berat badan pada saat melakukan program diet. Namun sebenarnya sarapan sangat penting juga pada saat sedang diet. Karena jika melewatkan sarapan maka akan memicu lebih banyak makan dan ngemil sembarangan. Akan tetapi, pada saat diet juga harus menghindari sarapan dengan makanan yang berlemak tinggi. Waktu sarapan di pagi hari juga harus dipercepat, yang biasanya sarapan lewat dari jam 07.00, maka pada saat diet usahakan sarapan jangan lewat dari jam 07.00 pagi.

  1. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh

Walaupun sedang melakukan diet, namun tubuh juga membutuhkan nutrisi. Seperti lemak dan karbohidrat. Namun lemak yang dipilih adalah lemak yang baik yang bisa didapatkan dari buah dan sayuran. Sedangkan karbohidrat bisa didapatkan dari makanan yang berglikemik indeks seperti ubi, gandum dan oatmeal.

  1. Mengkonsumsi protein

Protein juga dibutuhkan pada saat diet, karena merupakan zat yang penting dan dianjurkan. Protein juga memiliki manfaat untuk membakar lemak. Protein bisa diperoleh dengan mengkonsumsi putih telur pada saat sarapan pagi atau waktu makan siang.

  1. Mengkonsumsi makanan berserat

Salah satu hal penting pada saat diet yaitu mengkonsumsi makanan berserat. Mengkonsumsi makanan berserat dapat dilakukan pada saat makan siang dan makan malam. Makanan berserat bisa didapat dari mengkonsumsi buah dan sayuran yang bagus untuk diet sehat. Seperti buah pir, pisang, pepaya, dan sayuran brokoli, labu, bayam, lobak, kentang, ubi jalar, kembang kol, kubis merah, dan sayuran hijau.

  1. Melakukan olahraga

Melakukan olahraga sangat penting pada saat melakukan diet, namun bagi yang kurang memilki banyak waktu tentunya akan terasa sulit untuk berolahraga. Tetapi olahraga tidak harus dilakukan dengan membutuhkan banyak waktu. Olahraga dapat dilakukan dimana saja dengan sering banyak bergerak saat beraktifitas. Jalan atau lari-lari ditempat dan menggerak-gerakan badan, ini cukup membakar kalori dalam tubuh.

  1. Tetap makan malam

Pada saat malam hari, tubuh juga tetap membutuhkan protein. Begitu juga pada saat tidur, akan sangat membutuhkan protein dan energi. Namun, pada saat makan malam harus perhatikan menu makan malamnya. Hindari makan malam yang mengandung karbohidrat, menu makan malam bisa dengan sayuran yang direbus. Buah juga bisa dikonsumsi untuk mengganti makan malam.

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih membantu proses penurunan berat badan, dengan banyak mengkonsumsi air putih akan meningkatkan hidrasi sel dalam tubuh dan melancarkan metabolisme tubuh. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas per hari, maka tubuh akan merasa tetap segar.

Itulah cara yang sehat dan alami dan tentunya tanpa efek samping. Dengan melakukan cara diatas, senantiasa program diet akan dapat menunjukan hasilnya, jika dilakukan rutin dan dengan niat juga kemauan yang keras.

Baca juga : tips diet sehat dengan sayuran

Penyebab diet gagal

Pada saat menjalankan program diet, biasanya sering adanya rasa malas, putus asa dan tidak sabar. Hal ini faktor yang menyebabkan diet menjadi gagal. Maka dari itu, sebelum benar-benar ingin melakukan diet harus diniati dan dibarengi dengan tekad yang kuat. Jika tidak, maka diet akan sia-sia karena kurangnya niat dan tekad. Faktor lain juga bisa menyebabkan kegagalan dalam program menurunkan berat badan, seperti :

  • Kurang tidur
  • Stress
  • Telat makan
  • Makan setelah berolahraga
  • Makan malam terlalu larut atau menjelang tidur

Beberapa faktor tersebut dikarenakan kebiasaan pada saat sebelum melakukan diet, jadi diet merasa tidak sabar dan gagal. Sebenarnya jika program diet dilakukan dengan tips diatas dan sudah biasa, maka kebiasaan buruk yang lama akan hilang dan menjalani kebiasaan dengan pola hidup yang sehat.

Tips diet sehat dan alami dengan cara-cara diatas semoga bermanfaat bagi Anda, selamat mencoba dan semoga berhasil. Kuncinya dengan dibarengi niat dan tekad yang kuat dan jangan lupa untuk selalu berolahraga dan melakukan pola hidup sehat juga mengatur pola makan, cukup istirahat untuk mengurangi stress.

Tips Diet Sehat Secara Alami dan Cepat | admin | 4.5