Tips Jitu Mencegah Diare dengan Cara yang Mudah Dilakukan

By On Monday, August 7th, 2017 Categories : Tips

Tips jitu mencegah diare dimulai dari diri sendiri kemudian keluarga dan lingkungan sekitar. Pencegahan yang dimulai dari diri sendiri maupun dari penderita diare dilakukan supaya diare tidak menyebar dan menular pada anggota keluarga yang lainnya.

Karena diare merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan juga jenis penyakit yang dapat menular juga menyebar, maka tindakan pencegahan sangat perlu dilakukan. Penularan diare tersebut dapat terjadi karena adanya kontak langsung dengan fases yang terinfeksi secara langsung. Selain itu juga bisa lewat makanan dan minuman, udara, dan air yang terkena fases tersebut.

Jenis bakteri yang menyebabkan diare akan berkembang pada tempat dan lingkungan yang kotor. Maka dari itu, pentingnya menjaga kebersihan merupakan salah satu tindakan pencegahan terhadap diare. Selain itu, dalam mengkonsumsi makanan juga harus diperhatikan, karena bakteri akan masuk ke dalam perut lewat makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Hindari jenis makanan dan minuman yang kebersihannya masih diragukan. Sebaiknya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan mengguanakan sabun.

tips jitu mencegah diare

tips jitu mencegah diare dengan cara yang mudah dilakukan

Tips mencegah diare yang bisa dilakukan

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah diare pada dasarnya tergantung pada bagaimana orang tersebut dalam menjaga kebersihan, baik kebersihan diri sendiri maupun lingkungan sekitarnya. Selain itu, dalam mengkonsumsi makanan juga cara pengolahan, memasak sampai penyimpanannya.

Dengan demikian maka perkembangan mikroorganisme seperti bakteri yang dapat menyebabkan diare dapat dihindari. Sehingga, semakin tinggi standar menjaga kebersihan maka semakin kecil pula resiko terserang penyakit diare. Berikut ini ada tips yang bisa dilakukan dengan cara yang mudah untuk mencegah penyakit diare, yaitu :

  1. Selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan

Sebelum maupun sesudah makan senantiasa perlu mencuci tangan terlebih dahulu, sehingga bakteri maupun kuman akan mati dan tidak ikut masuk kedalam perut melalu makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya mencuci tangan dengan sabun untuk membunuh bakteri maupun kuman.

  1. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang kebersihannya masih diragukan

Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan maupun minuman sembarangan, seperti makanan dan minuman yang dijajahkan dijalanan atau kaki lima. Biasanya kondisi makanan maupun minuman tersebut kebersihannya belum terjamin.

  1. Jangan mengkonsumsi atau minum air mentah

Hindari juga mengkonsumsi atau minum air yang masih mentah, seperti air keran. Sebaiknya minum air yang benar-benar sudah dimasak sampai mendidih atau air matang.

  1. Selalu menjaga kebersihan dapur

Setelah menggunakan dapur atau sehabis masak sebaiknya untuk selalu membersihkannya agar bakteri tidak berkembang.

  1. Menjaga kebersihan kamar mandi

Kamar mandi juga harus selalu dibersihkan sehabis digunakan. Toilet juga harus selalu dibersihkan, karena bakteri dapat berkembang pada tempat yang kotor. Seperti toilet yang tidak dijaga kebersihannya.

  1. Pisahkan makanan yang mentah dengan yang matang

Dalam penyimpanan makanan sebaiknya dipisahkan antara makanan yang mentah dan sudah matang. Ini untuk menghindari bakteri yang ada pada makanan yang masih mentah. Sebaiknya juga untuk menyimpan makanan atau minuman yang akan dikonsumsi pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari.

  1. Usahakan memilih bahan makanan yang masih segar

Jika ingin mengolah atau memasak makanan, usahakan untuk memilih bahan makanan yang masih segar. Bahan makanan yang masih segar pasti terjamin akan kebersihannya dan terhindar dari bakteri.

  1. Buang makanan yang sudah kadarluasa

Makanan yang sudah kadarluasa sebaiknya segera dibuang, ini untuk menghindari dari berkembangnya bakteri penyebab diare menyebar pada makanan yang masih layak dikonsumsi.

  1. Menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan

Yang tidak kalah penting dalam mencegah diare yaitu selalu menjaga kebersihan diri sendiri. Selain kebersihan diri sendiri juga lingkungan sekitar tempat tinggal agar bakteri tidak dapat berkembang dan menyebar.

Itulah tips mencegah diare yang bisa dilakukan dengan beberapa cara yang mudah. Diare dapat dicegah dan tidak akan terserang diare selama rajin menjaga kebersihan dan juga menjaga pola makan dengan memilih makanan yang bersih dan sehat. Sehingga akan terhindar dari bakteri yang bisa menyebabkan diare.

Biasanya yang mudah terserang penyakit diare yaitu anak-anak, karena sistem kekenalan anak masih sangat rentan. Selain itu juga anak-anak masih kurang bisa menjaga kebersihan sehingga bakteri mudah masuk kedalam tubuh dan mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti diare. Maka dari itu, ada beberapa tips mencegah diare pada anak yang perlu dilakukan.

Cara mencegah diare pada anak

Selain dengan tips mencegah diare seperti di atas, ada juga beberapa cara untuk mencegah diare agar anak-anak tidak mudah terserang penyakit diare. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah resiko anak-anak terserang penyakit diare, yaitu :

  • Selalu mencuci tangan anak dengan sabun sebelum dan sesudah makan
  • Menjaga kebersihan peralatan makan dan minum anak sehabis digunakan
  • Selalu menjaga kebersihan mainan anak dengan mencuci setelah digunakan
  • Menjaga kebersihan kamar mandi dan toilet yang digunakan anak
  • Memperhatikan kebersihan makanan dan minuman untuk anak
  • Jangan membiarkan anak-anak jajan sembarangan
  • Menajaga kebersihan anak dan lingkungan sekitar yang sering digunakan anak-anak bermain

Cara-cara tersebut bisa dilakukan kepada anak-anak di rumah untuk mencegah resiko anak-anak terserang penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti penyakit diare. Namun, jika anak Anda sudah menderita diare dan tidak ada perubahan setelah mendapatkan penanganan dan pengobatan, maka segera bawa ke dokter untuk menghindari terjadinya hal-hal yang lebih buruk.

Baca juga : tips mengatasi diare yang benar

Cara mengatasi penyakit diare

Selain dengan melakukan pencegahan untuk mengatasi diare, pengobatan juga sangat penting dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini ada beberapa obat diare yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi diare, yaitu :

  • Menggunakan oralit

Oralit yaitu cairan yang dapat digunakan untuk mengatasi atau meredakan dan mengurangi cairan didalam fases pada penderita diare. Oralit diberikan kepada penderita diare juga untuk mencegah resiko mengalami dehidrasi, bisanya pada anak-anak yang menderita diare.

  • Minum air putih dengan elektrolit

Elektrolit adalah zat yang ada didalam air dan bermanfaat untuk mencegah tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan cairan. Sayangnya tidak semua air mineral mengandung banyak elektrolit.

  • Makan yogurt

Yogurt merupakan makanan yang mengandung bakteri baik yang bisa membunuh bakteri jahat pada tubuh yang menyebabkan diare. Ketika menderita diare, makan yogurt dapat membantu mengobati diare.

  • Mengkonsumsi sereal

Sereal yang terbuat dari tepung tapioka dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi diare, karena tapioka mengandung serat yang cukup tinggi.

  • Menggunakan daun jambu biji

Daun jambu biji yang direbus dapat digunakan untuk membantu mengobati diare, karena memiliki kandungan flavonoid dan kandungan alami anti-diare.

Selain dengan cara di atas untuk membantu mengobati dan mengatasi diare, bisa juga dengan mengkompres perut dengan air hangat untuk meredakan sakit perut akibat diare. Mengkonsumsi buah dan sayur yang tinggi serat juga dapat membantu meringankan diare. Selain itu juga, untuk mencegah bertambah parahnya diare, harus menghindari mengkonsumsi beberapa makanan, seperti makanan yang banyak mengandung minyak, makanan pedas dan asam.

Selain makanan juga minuman yang berkafein dan mengandung gula perlu dihindari terlebih dahulu. Jadi, dengan tips untuk mencegah diare di atas dan cara mengatasi juga mengobatinya semoga senantiasa terhindar dari terserang penyakit diare, bagi yang sudah menderita semoga cepat sembuh. Namun, apabila diare yang diderita setelah mendapatkan pengobatan penanganan seperti di atas tidak kunjung membaik dan sembuh, maka segera pergi ke dokter.

Tips Jitu Mencegah Diare dengan Cara yang Mudah Dilakukan | admin | 4.5