Beberapa Tips yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Bau Mulut

By On Friday, March 31st, 2017 Categories : Tips

Tips mencegah bau mulut bisa dilakukan dengan beberapa cara yang efektif dan alami. Cara alami untuk mencegah bau mulut dengan menggunakan bahan alami, seperti buah-buahan, tanaman herbal dan yang lainnya. Bisa juga dengan cara medis atau konsultasi ke dokter.

Bau mulut merupakan masalah yang umum dialami oleh banyak orang, banyak orang yang merasa ngeluh dan terganggu akibat mengalami masalah bau mulut. Pada saat mengalami bau mulut orang akan merasa tidak nyaman ketika sedang mengobrol dengan orang lain, begitu juga orang lain yang jadi lawan ngobrolnya, tentu akan merasa terganggu dan sangat tidak nyaman.

Penyebab bau mulut sendiri dikarenakan oleh banyak faktor, namun umumnya dikarenakan adanya bakteri yang bersarang dalam mulut. Bakteri tersebut akan berkembang yang kemudian menyebabkan bau mulut, ini dikarenakan kurang menjaga kebersihan dalam mulut. Selain itu juga, bisa disebabkan oleh makanan dan minuman, kebiasaan buruk seperti merokok, dan suatu jenis penyakit kronis yang tak kunjung sembuh. Jika sudah demikian maka perlu mengatasinya dengan tips yang mudah dan efektif.

tips mencegah bau mulut

beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut

Cara mengatasi masalah bau mulut

Setelah mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah bau mulut, tentunya untuk segera melakukan tindakan untuk mengatasinya. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi masalah bau mulut yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Cara alami

Cara alami untuk mengatasi masalah bau mulut bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami dan herbal. Seperti menggunakan buah-buahan, tanaman obat dan bahan alami lainnya. Ada beberapa jenis buah yang dapat mengatasi bau mulut, seperti buah lemon, jeruk, jeruk nipis, nanas dan buah yang banyak mengandung vitamin C. Selain buah-buahan juga ada bahan alami lainnya seperti daun mint, siwak, teh hijau, kayu manis, kencur, beras dan masih banyak lagi bahan alami lainnya.

  1. Cara medis

Secara medis, biasanya bau mulut akan diatasi dan diobati setelah mengetahui penyebabnya. Jika bau mulut disebabkan oleh gigi yang berlubang, maka dalam dunia medis cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang tersebut yaitu dengan menambal gigi yang berlubang tersebut terlebih dahulu. Jika disebabkan oleh bakteri, maka dalam dunia medis akan disarankan untuk membersihkan kondisi dalam mulut. Namun, jika bau mulut disebabkan oleh jenis penyakit tertentu, maka penyakit tersebut harus diatasi atau diobati terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah bau mulut, baik secara alami maupun medis. Selain cara di atas, untuk mengatasi masalah bau mulut juga perlu diobati dan dicegahnya. Cara mencegahnya juga perlu dengan tips yang efektif dan mudah.

Baca juga : tips menjaga mulut tetap segar

Tips mencegah bau mulut yang efektif dan mudah

Setelah mengetahui penyebab bau mulut, maka harus mengatasi dan mengobatinya. Selain itu juga harus mencegahnya, karena pencegahan penting dilakukan agar bau mulut tidak terjadi lagi. Berikut ini ada beberapa tips untuk mencegah masalah bau mulut yang bisa dilakukan, yaitu :

  • Menggosok gigi

Menjaga kebersihan kondisi dalam mulut sangat penting, seperti menggosok gigi. Dengan cara menggosok gigi dua kali sehari pagi dan sore, maka sisa-sisa makanan yang terselip pada gigi akan hilang. Sehingga masalah bau mulut tidak akan terjadi.

  • Berkumur

Berkumur pada saat sehabis makan akan menghilangkan sisa-sisa makanan dalam mulut dan yang terselip pada gigi. Sisa makanan salah satu yang menjadi berkembangnya bakteri dalam mulut, kemudian menyebabkan bau mulut. Maka dari itu, seringlah berkumur sehabis mengkonsumsi makanan.

  • Banyak minum air

Dengan sering minum air putih akan menambah cairan dalam tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi akibat kekurangan cairan. Jika cairan dalam tubuh berkurang, maka kondisi dalam mulut akan kering dan bau. Maka dari itu perbanyaklah minum air putih setiap harinya.

  • Makan buah-buahan

Buah yang kaya akan vitamin dapat memenuhi kebutuhan vitamin didalam tubuh, sehingga akan dapat membantu menghilangkan bau mulut, apabila vitamin didalam tubuh kita terpenuhi. Buah yang banyak mengandung kadar air juga dapat memenuhi cairan didalam tubuh, sehingga mulut tidak akan kekurangan kadar air liur, karena jika kadar air liur didalam mulut berkurang atau bahkan mulut kering, akan menyebabkan masalah bau mulut.

  • Kumur air garam

Air garam bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah bau mulut. Dengan sedikit garam yang dicampurkan dengan air hangat dan digunakan untuk berkumur, maka bau mulut akan hilang. Karena garam dapat menambah produksi air liur didalam mulut, sehingga dapat mengatasi bau mulut.

  • Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet akan merangsang produksi air liur didalam mulut. Bakteri penyebab bau mulut akan mati apabila air liur didalam mulut tidak kering. Karena air liur didalam mulut memiliki fungsi membunuh bakteri didalam mulut. Kunyahlah permen karet yang tidak mengandung gula.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah masalah bau mulut. Selain di atas, juga jangan lupa untuk selalu sarapan di pagi hari. Jika sampai melewatkan sarapan juga akan memicu masalah bau mulut, karena dengan sarapan tubuh akan bertenaga dan juga dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut.

Beberapa Tips yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Bau Mulut | admin | 4.5