Tips Mencegah Diare Berkepanjangan dan Mengobatinya pada Balita dan Anak

By On Wednesday, November 30th, 2016 Categories : Tips

Tips mencegah diare berkepanjangan pada balita dan anak dapat dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu melakukan tindakan pencegahan terhadap resiko penyebaran dan juga penularannya. Cara tersebut dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal.

Karena diare merupakan jenis penyakit yang dapat menular, maka melakukan tindakan pencegahan sangatlah penting. Diare juga merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja dengan semua jenis umur. Pencegahan diare dapat dilakukan tergantung pada penyebabnya, usahakan untuk memperbanyak minum air mineral ketika balita dan anak menderita diare untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Jika diare pada balita dan anak masih berlanjut, maka segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya diare berkepanjangan pada balita dan anak akan membutuhkan tindakan lebih lanjut dan perawatan. Pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti tes darah, pemeriksaan sampel tinja dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya, karena penyakit diare dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Jadi, penyakit diare dapat diatasi dengan mengetahui penyebabnya setelah dokter malakukan tindakan.

tips mencegah diare berkepanjangan

tips mencegah diare berkepanjangan dan mengobatinya pada balita dan anak

Cara mencegah diare berkepanjangan

Pencegahan penyakit diare dilakukan untuk mengurangi resiko menular dan menyebar. Selain itu juga untuk menghindari resiko bertambah parahnya diare yang dialami. Berikut ini merupakan cara mencegah diare berkepanjangan yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Menjaga kebersihan diri dengan cara mencuci tangan sebelum dan sesudah makan menggunakan sabun
  2. Mencuci peralatan makan dan minum dengan sabun agar bakteri mati
  3. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar untuk mengurangi resiko menular dan menyebar
  4. Menyimpan peralatan makan dan minum pada wadah yang bersih dan tertutup
  5. Berikan oralit pada saat diare untuk menggantikan cairan dalam tubuh yang berkurang
  6. Kenali tanda-tanda dehidrasi pada saat balita dan anak diare
  7. Berikan makanan bergizi untuk membantu proses penyembuhan pada saat diare
  8. Jika diare tidak kunjung membaik setelah beberapa hari sudah mendapatkan pengobatan, maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut

Pencegahan terhadap penyakit diare seperti di atas merupakan tindakan yang penting selain melakukan pengobatan. Namun, pengobatan diare juga harus tetap dilakukan. Pengobatan diare ada banyak cara dan bahan obatnya, bisa dengan cara menggunakan obat dari bahan alami, bisa juga dengan menggunakan obat diare.

Cara mengobati penyakit diare

Setelah mengetahui penyebab dari penyakit diare, maka perlu melakukan tindakan pengobatan. Pengobatan penyakit diare ada banyak cara dan bahannya, berikut ini ada beberapa macam cara dan bahan obat untuk mengobati penyakit diare, yaitu :

  • Menggunakan oralit

Oralit diperlukan untuk mengobati diare guna menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh pada saat menderita diare, dan untuk mengurangi juga meredakan cairan didalam fases.

  • Makan yogurt

Mengkonsumsi yogurt pada saat diare akan membantu membunuh bakteri jahat dalam tubuh yang menyebabkan diare. Karena didalam yogurt terdapat bakteri baik yang dapat membunuh bakteri jahat.

  • Minum air mineral

Air mineral yang mengandung elektrolit akan menggantikan cairan yang hilang pada saat diare dan akan membantu menghindari dehidrasi. Karena pada saat diare ada kemungkinan mengalami dehidrasi ketika banyak kekurangan cairan pada saat sering buang air besar.

  • Menggunakan daun jambu biji

Khasiat daun jambu biji memang sudah dikenal sebagai obat diare, karena didalam daun jambu biji mengandung zat anti diare yaitu flavonoid. Manfaat daun jambu biji untuk obat diare bisa didapatkan dengan cara merebus, tumbuh, kunyah dan memakannya langsung. Namun bukan hanya daunnya saja yang bermanfaat untuk mengobati diare, buahnya juga sama memiliki manfaat untuk mengobati diare.

  • Mengkonsumsi blueberry dan pisang

Buah blueberry yang dikeringkan bermanfaat mengobati diare, bukan hanya buahnya saja, namun akar buah blueberry juga sama memiliki manfaat untuk mengobati diare. Selain buah blueberry, buah pisang juga dapat membantu proses menyembuhkan diare. Pisang memiliki kandungan potasium yang dapat menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang. Pisang juga memiliki tekstur yang lembut sehingga baik dikonsumsi pada saat diare.

  • Menggunakan buah apel

Buah apel juga sama manfaatnya dengan buah pisang dan blueberry. Namun apel memiliki kandungan serat tinggi dan tekstur kasar. Untuk mendapatkan manfaat apel guna mengobati diare, bisa dengan cara mengolah buah apel menjadi saus apel atau selai apel.

Baca juga : manfaat daun kayu putih untuk mengobati diare

Cara mengobati penyakit diare di atas bisa dilakukan sendiri di rumah. Mungkin masih banyak lagi cara dan bahan obat untuk mengatasi penyakit diare selain di atas. Jika menggunakan cara mengobati diare di atas masih belum membaik, maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan perawatan lebih lanjut.

Meskipun diare merupakan jenis penyakit yang bisa disembuhkan, namun jangan menganggap remeh, karena diare dapat memicu penyakit lain yang lebih serius. Banyak kasus kesehatan juga yang menyebabkan kematian dikarenakan menderita diare. Menjalani hidup sehat dan bersih juga pola makan yang sehat maka akan terhindar dari penyakit diare maupun jenis penyakit lainnya.

Tips Mencegah Diare Berkepanjangan dan Mengobatinya pada Balita dan Anak | admin | 4.5