Tips Mencegah Diare pada Anak dengan Cara yang Efektif dan Mudah

By On Sunday, February 19th, 2017 Categories : Tips

Tips mencegah diare pada anak yang efektif salah satunya dengan selalu menjaga dan memperhatikan kebersihan anak. Selain itu, lingkungan maupun mainan yang sering digunakan anak juga perlu diperhatikan kebersihannya. Makanan yang akan dikonsumsi juga perlu diperhatikan kebersihannya.

Pencegahan terhadap penyakit diare sangatlah penting dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan maupun mencegah resiko anak terserang diare lagi. Selain itu juga, untuk mencegah resiko menyebar dan menularnya penyakit diare tersebut. Karena penyakit diare merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan kemungkinan besar bakteri penyebab diare dapat menyebar dan berkembang biak pada tempat yang kotor.

Jenis bakteri yang menyebabkan diare sendiri ada banyak jenisnya, namun yang umum menyebabkan masalah diare yaitu jenis bakteri seperti Campylobacter, Salmonella, Shigella dan E. Coli. Selain bakteri, ada juga penyebab penyakit diare pada anak, seperti virus dan parasit. Umumnya bakteri, virus dan parasit yang menyebabkan penyakit diare ini dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan lingkungan, sehingga bakteri, virus dan parasit akan bersarang dan berkembang biak ditempat yang kotor.

tips mencegah diare pada anak yang efektif

tips mencegah diare pada anak dengan cara yang efektif dan mudah

Cara mencegah diare pada anak yang efektif

Karena diare merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan parasit yang masuk lewat makanan yang kebersihannya diragukan, juga jenis penyakit yang beresiko menyebar dan menular. Maka untuk mencegah penyakit diare pada anak yaitu dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1. Selalu mencuci tangan anak Anda dengan sabun sesudah dan sebelum makan
  2. Menjaga kebersihan peralatan makanan dan minuman anak Anda sehabis digunakan
  3. Simpanlah peralatan makanan dan minuman anak Anda pada wadah yang bersih
  4. Menjaga kebersihan anak Anda termasuk diri Anda maupun keluarga Anda
  5. Selalu membersihkan dan mencuci mainan anak Anda setelah digunakan
  6. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal Anda dan sekitarnya
  7. Selalu menjaga kebersihan kamar mandi dan juga toilet Anda
  8. Memperhatikan kebersihan makanan dan minuman untuk anak Anda
  9. Menguras dan membersihkan bak mandi yang digunakan anak Anda

Itulah beberapa cara pencegahan terhadap diare yang dapat Anda lakukan di rumah. Setelah melakukan tindakan pencegahan, jika anak Anda masih menderita diare berkepanjangan, maka segera melakukan tindakan untuk segera membawa anak Anda ke dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cara mengobati diare pada anak

Setelah mengetahui tanda-tanda dan gejala diare pada anak Anda, maka segeralah melakukan tindakan pengobatan selain melakukan pencegahan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati diare pada anak, yaitu sebagai berikut :

  • Menggunakan oralit

Ketika anak Anda menderita diare maka pemberian oralit dapat mengurangi resiko dehidrasi, karena anak yang menderita diare dapat beresiko terkena dehidrasi. Seringnya buang air besar dengan kondisi tinja yang encer akan menguras cairan tubuh, sehingga beresiko dehidrasi.

  • Memberikan antibiotik

Antibiotik juga dapat diberikan kepada anak Anda ketika menderita diare, namun jangan terlalu sering karena antibiotik biasanya diberikan untuk yang sedang menderita penyakit disentri.

  • Memberikan cairan dan elektrolit

Penggantian cairan dan elektrolit ketika anak Anda sedang menderita diare juga akan mencegah resiko terjadinya dehidrasi. Ini dikarenakan banyak cairan dan elektrolit yang hilang pada saat anak diare.

  • Memberikan obat diare

Bagi anak Anda yang memiliki aktifitas bepergian jauh, maka pemberian obat diare sangat penting. Pemberian obat diare untuk mengurangi resiko seringnya buang air besar. Dengan memberikan obat diare pada saat perjalanan jauh, maka buang air besar akan dapat diatasi.

Ada beberapa penderita diare yang biasanya dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari tanpa melakukan pengobatan. Namun, sebaiknya bagi anak Anda yang mengalami diare untuk segera ditangani karena untuk mencegah resiko dehidrasi dan bertambah parah juga berkelanjutan.

Baca juga : diare berkepanjangan pada balita dan anak

Cara alami mengobati diare pada anak

Selain menggunakan beberapa cara untuk mengobati diare pada anak di atas, dapat juga menggunakan bahan alami untuk mengobati diare pada anak. Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu mengobati diare pada anak, yaitu sebagai berikut :

  • Menggunakan daun jambu biji

Daun jambu biji sudah dikenal masyarakat sebagai obat alami untuk diare. Selain untuk mengobati diare pada orang dewasa, ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati diare pada anak. Karena sifat anti diare pada daun jambu biji sudah terbukti mampu mengatasi diare. Inilah manfaat dari daun jambu biji untuk obat diare yang alami, bisa untuk balita, anak-anak dan orang dewasa.

  • Menggunakan daun kayu putih

Selain digunakan untuk membuat minyak kayu putih, ternyata daun kayu putih juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati diare. Daun kayu putih yang telah dikeringkan kemudian direbus dan air rebusannya diminum untuk mengobati diare pada anak.

  • Menggunakan buah sirsak

Buah yang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan digunakan juga untuk pengobatan suatu jenis penyakit, ternyata buah sirsak dapat dimanfaatkan untuk mengobati diare pada anak. Buah sirsak yang sudah matang kemudian peras airnya dan diberikan pada anak Anda yang menderita diare setiap hari sampai diare anak Anda sembuh.

  • Menggunakan buah pisang

Kandungan zat potasium dalam buah pisang yang tinggi dapat menggantikan cairan elektrolit yang banyak berkurang pada saat anak Anda menderita  diare. Mengkonsumsi buah pisang selain membantu menyembuhkan diare, juga baik untuk memulihkan kondisi kesehatana anak Anda yang menderita diare.

Itulah tips mencegah dan beberapa cara untuk mengobati penyakit diare pada anak. Namun, jika menderita diare yang tak kunjung sembuh dan berkelanjutan setelah beberapa hari melakukan pengobatan, maka segera bawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan lebih lanjut. Dengan selalu menjaga kondisi kebersihan diri maupun lingkungan sekitar, senantiasa kita akan terhindar dari resiko terserang penyakit diare maupun jenis penyakit yang lainnya.

Tips Mencegah Diare pada Anak dengan Cara yang Efektif dan Mudah | admin | 4.5