Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa yang Mudah Dilakukan

By On Tuesday, June 7th, 2016 Categories : Tips

Tips mengatasi bau mulut saat puasa bisa dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan mulut sebelum menjalankan ibadah puasa. Pada saat sahur maupun buka puasa sebaiknya menggosok gigi dan berkumur untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel pada gigi.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu oleh semua umat Islam di seluruh dunia. Umat Islam menuanikan kewajiban puasa di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan. Saat menjalankan puasa, umat Islam tidak makan dan minum seharian, sehingga orang yang sedang menjalankan puasa di bulan Ramadhan akan muncul keluhan masalah bau mulut. Untuk itu, perlu adanya solusi guna mengatasi bau mulut tersebut.

Menjalankan ibadah puasa dari terbitnya matahari sampai terbenam tidak makan dan minum akan membuat produksi air liur didalam mulut berkurang, sehingga menimbulkan masalah bau mulut. Namun, meski dalam menjalankan ibadah puasa bukan berarti kita tidak menjaga kebersihan mulut. Bau mulut saat sedang puasa mungkin memang wajar, tetapi juga perlu memperhatikan kebersihan didalam mulut pada saat sedang puasa. Caranya bisa dilakukan ketika sudah buka puasa sampai sehabis makan sahur.

tips mengatasi bau mulut saat puasa

tips mengatasi bau mulut saat puasa yang mudah dilakukan

Tips mengatasi bau mulut ketika sedang berpuasa

Ada beberapa cara untuk menjaga nafas tetap segar dan tidak bau pada saat sedang berpuasa. Namun, cara ini juga tanpa harus melanggar aturan berpuasa dan tidak membatalkan puasa. Berikut ini adalah cara-cara mengatasi bau mulut ketika sedang berpuasa, yaitu :

  1. Menggosok gigi

Menggosok gigi seperti biasanya dilakuakan sehari dua kali, yaitu pada saat sehabis makan sahur dan pada saat buka puasa. Dengan menggosok gigi pada saat habis makan sahur dan buka puasa maka kondisi mulut akan selalu bersih dan terjaga dari bau mulut ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

  1. Berkumur

Pada saat habis makan sahur sebelum waktu imsak, sebaiknya berkumur terlebih dahulu. Dengan berkumur akan menghilangkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Bisa juga berkumur menggunakan obat kumur agar nafas selalu segar pada saat menjalankan ibadah puasa.

  1. Banyak minum air putih

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa minum air memang membatalkan puasa kita. Namun, kita dianjurkan banyak minum air putih ketika waktu sahur sebelum menjalankan ibadah puasa di pagi hari. Dengan minum cukup air putih, pada saat menjalankan ibadah puasa tidak akan banyak kekurangan cairan didalam tubuh, sehingga mulut juga tidak akan bau dan nafas tetap segar. Minum air putih juga dilakukan ketika sudah buka puasa.

  1. Teh hijau

Konsumsilah teh hijau pada saat sahur dan buka puasa. Teh hijau mengandung zat aktif yang dapat membunuh bakteri didalam mulut, dan menghapus gula dari plak sehingga dapat menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

  1. Siwak

Umat islam di seluruh dunia pastinya mengenal siwak. Siwak digunakan untuk membersihkan gigi dan lidah. Fungsinya untuk membersihkan juga memperkuat gigi kita. Juga dapat menghilangkan bau mulut. Gunakan siwak pada saat sahur dan buka puasa, juga pada saat menjalankan ibadah puasa. Karena bersiwak tidak membatalkan puasa.

Cara diatas bisa kita lakukan selama menjalankan puasa, baik saat sehabis makan sahur maupun pada saat buka puasa. Untuk yang memiliki penyakit perut seperti asam lambung, sakit maag, biasanya bau mulut susah dihilangkan. Untuk mencegah terjadinya bau mulut bagi yang memiliki penyakit, sebaiknya sembuhkan dulu penyakit tersebut.

Akibat bau mulut saat puasa

Mengetahui akibat bau mulut saat puasa juga merupakan cara untuk dapat mencegah dari masalah timbulnya bau mulut. Pada saat menjalankan ibadah puasa, bau mulut merupakan hal yang umum terjadi pada orang yang sedang berpuasa, namun perlu diketahui penyebabnya. Berikut ini ada beberapa penyebab bau mulut ketika sedang puasa, yaitu :

  • Kurang menjaga kebersihan mulut
  • Malas gosok gigi pada saat sahur dan buka puasa
  • Pada saat sahur, makan makanan yang menyebabkan bau mulut
  • Kurang mengkonsumsi air putih
  • Penyakit kronis
  • Mengkonsumsi obat

Melewatkan sahur juga dapat memicu terjadinya bau mulut, karena kondisi perut akan sangat kosong. Sahur tidak hanya penting pada saat menjalankan ibadah puasa, juga dapat menambah tenaga selama menjalankan ibadah puasa. Jika melewatkan sahur, maka akan cepat merasa lapar dan tubuh akan lemas. Ini menyebabkan timbulnya bau mulut jika perut merasa lapar.

Dengan kita melewatkan sahur, perut cepat merasa lapar, maka kondisi mulut akan kering. Sehingga produksi air liur akan berkurang dan menyebabkan bau mulut. Sahur pada saat menjalankan ibadah puasa sangatlah penting. Baik bagi tubuh kita maupun perut, karena dengan kita tidak melewatkan sahur, maka pada saat menjalankan ibadah puasa akan terhindar dari bau mulut. Tenaga kita juga kuat untuk menjalankan ibadah puasa dari terbitnya matahari sampai terbenam.

Baca juga : tips menghilangkan bau mulut saat puasa

Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi umat islam dan yang mampu menjalankannya. Walaupun kita sedang menjalankan kewajiban puasa Ramadhan, kita juga tidak harus melupakan kebersihan. Seperti kebersihan mulut juga harus dijaga. Dengan terjaganya kebersihan mulut ketika sedang menjalankan ibadah puasa, maka nafas akan selalu segar dan terhindar dari bau mulut.

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa yang Mudah Dilakukan | admin | 4.5