Tips Mengatasi Diare pada Saat Sedang Hamil yang Aman

By On Wednesday, March 29th, 2017 Categories : Tips

Tips mengatasi diare pada saat hamil bisa dengan menggunakan bahan yang alami sehingga aman. Hampir kebanyakan wanita yang sedang hamil mengalami diare, maka perlu tips-tips untuk mengatasinya, namun harus aman untuk ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Banyak hal yang menjadi penyebab diare pada saat hamil, seperti perubahan hormon, perubahan asupan, perubahan kepekaan terhadap makanan. Perubahan hormon pada ibu hamil bisa menyebabkan konstipasi dan juga bisa mempercepat sisitem pencernaan yang membuat diare. Perubahan hormon pasti akan dirasakan pada setiap wanita yang sedang hamil.

Diare bisa menguras banyak cairan pada tubuh akibat seringnya buang air besar, sehingga dapat memicu terjadinya masalah dehidrasi. Jika tidak segera ditangani dengan baik, kondisi ini bisa berdampak serius bahkan mematikan. Untuk mengatasinya, bisa dengan melakukan tips mengatasi diare yang benar dan efektif sehingga aman. Tips tersebut dapat dilakukan dengan cara menggunakan bahan alami untuk mengurangi resiko pada kehamilan dan janin yang ada didalam kandungan.

tips mengatasi diare pada saat hamil

tips mengatasi diare pada saat sedang hamil yang aman

Obat diare untuk ibu hamil yang aman

Ada beberapa obat diare untuk ibu hamil yang dapat digunakan. Untuk menghindari resiko terhadap kehamilan dan janinnya, maka obat diare untuk ibu hamil bisa menggunakan bahan yang alami sehingga aman. Berikut ini ada beberapa bahan alami untuk mengobati diare pada ibu hamil yang dapat digunakan, yaitu :

  1. Minum air putih

Pada saat hamil dan mengalami diare, maka rentan mengalmi dehidrasi karena banyak cairan yang dikeluarkan pada saat diare. Maka untuk mengatasinya perbanyaklah minum air putih untuk menghindari resiko dehidrasi. Usahakan minum air putih yang dikemas higienis sehingga tidak mengandung bakteri yang menyebabkan diare bertambah parah.

  1. Sup kaldu ayam

Ketika diare pada saat hamil maka akan membutuhkan asupan protein yang tinggi. Protein dapat membantu melawan gerakan bakteri yang menyebabkan diare. Maka cobalah makan sup kaldu ayam, karena sup kaldu ayam mengandung protein yang cukup tinggi dan membantu perut menjadi lebih tenang.

  1. Mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat putih dapat membantu mengatasi diare pada saat hamil. Kombinasikan makanan yang mengandung karbohidrat putih yang tinggi, seperti pisang, apel, nasi putih, dan roti. Selain dapat mengatasi masalah diare pada saat hamil, makanan ini juga dapat memenuhi gizi pada ibu hamil.

  1. Makan yogurt

Jika diare yang diderita pada saat hamil sangat parah, maka konsumsilah yogurt. Yogurt yang tidak mengandung pengawet, bahan pemanis, dan perasa buatan sangat baik untuk mengatasi diare. Didalam yogurt mengandung lactobacillus acidophilus yang membantu membersihkan saluran pencernaan dan melawan bakteri yang menyebabkan diare.

Bahan alami di atas bisa digunakan untuk mengobati diare, selain aman juga mudah didapatkan. Selain bahan di atas, bisa juga dengan mengkonsumsi teh jahe, madu dan air hangat, makan kentang rebus atau sup kentang dan sup wortel. Bisa juga dengan mengkonsumsi buah dan sayur.

Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang dapat membantu mengobati diare, yaitu jenis bauh dan sayuran yang mengandung serat tinggi. Seperti pisang, apel, blueberry, wortel, kentang, seledri dan masih banyak lagi. Manfaat buah jika dikonsumsi pada ibu hamil yang sedang diare bukan hanya untuk membantu mengobati saja, juga baik untuk kesehatan. Begitu juga manfaat sayuran untuk obat diare dan memenuhi kebutuhan kesehatan.

Tips mengatasi diare untuk ibu hamil

Selain dengan cara mengobati di atas, untuk mengatasi diare pada ibu hamil juga bisa dengan melakukan pencegahan, seperti jangan sembarangan mengkonsumsi sesuatu, termasuk obat-obatan. Jadi, hindari mengkonsumsi obat-obatan diare yang dijual bebas tanpa resep dari dokter.

Sebelum konsultasi ke dokter sebaiknya jangan menggunakan obat-obatan diare yang dijual sembarangan, meggunakan obat alami yang tanpa efek samping bisa digunakan. Dokter juga akan melakukan tes fisik dan mungkin tes darah untuk mengetahui penyebabnya jika konsultasi terlebih dahulu. Setelah penyebab diare pada saat ibu hamil diketahui, maka dokter akan memberikan resep dan obatnya.

Kebanyakan diare juga dapat berkurang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Namun, selama menderita diare pastikan tubuh tidak kekurangan banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. Minumlah banyak air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Bisa juga dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Jika diare pada ibu hamil tak kunjung membaik dan sembuh setelah diobati, maka segera kunjungi dokter.

Baca juga : makanan untuk penderita penyakit diare

Makanan dan minuman yang perlu dihindari

Selama menderita diare, sebaiknya ibu hamil perlu waspada dalam memilih makanan maupun minuman yang akan dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari selama ibu hamil mengalami diare, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Hindari makanan pedas
  • Hindari makanan yang digoreng
  • Hindari rempah-rempah
  • Hindari daging merah
  • Jangan minum jus buah
  • Berhenti minum susu
  • Hindari makanan yang mengandung pemanis dan coklat

Itulah beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari untuk mencegah resiko bertamabah parahnya diare pada saat hamil. Cara lain untuk mencegahnya bisa dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, ini juga bisa mengurangi resiko kelahiran prematur. Akan tetapi, jika sudah diobati dan melakukan pencegahan masih belum membaik dan sembuh, bahkan bertambah parah disertai dengan demam, sakit perut, mulut kering, dan pusing, maka untuk segera pergi ke dokter.

Tips Mengatasi Diare pada Saat Sedang Hamil yang Aman | admin | 4.5