Tips Bagaimana Cara Mengatasi Diare yang Benar dan Efektif

By On Tuesday, March 7th, 2017 Categories : Tips

Tips mengatasi diare yang benar bisa dilakuakan dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, sehingga akan sangat efektif. Penyebab dari penyakit diare sendiri yaitu disebabkan oleh adanya bakteri yang masuk kedalam perut dan menginfeksi saluran pencernaan seperti usus.

Diare merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja, baik balita, anak-anak maupun orang dewasa. Namun, penyebab penyakit diare pada orang dewasa berbeda dengan balita dan anak-anak. Diare juga penyakit yang umum dimasyarakat biasanya sering ditemukan pada daerah pemukiman yang kotor dan kumuh. Lingkungan yang kotor dan kumuh akan menjadi sarang bakteri, virus maupun parasit yang menyebabkan penyakit diare.

Penyebab penyakit diare yang utama memang disebabkan oleh adanya bakteri, virus dan parasit yang menginfeksi saluran pencernaan melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jika sudah demikian, maka gejala yang akan ditimbulkan jika menderita diare ditandai dengan sakit perut, mual dan muntah, nafsu makan menjadi berkurang, mengalami demam tinggi, sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer terkadang juga disertai dengan darah pada tinja atau fases.

tips mengatasi diare yang benar

tips bagaimana cara mengatasi diare yang benar dan efektif

Cara mengatasi diare dilihat dari penyebab dan gejalanya

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari penyakit diare dan juga gejala yang ditimbulkannya, langkah selanjutnya yaitu untuk segera mengobatinya. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit diare, yaitu :

  1. Oralit

Cara mengatasi diare menggunakan oralit untuk meredakan atau mengurangi cairan dalam fases atau tinja pada saat menderita diare dan mencegah terjadinya dehidrasi. Oralit yaitu cairan yang terdiri dari berbagai macam campuran Natrium klorida, Kalium klorida, Glukosa anhidrat dan Natrium bikarbonat. Oralit bisa didapatkan dengan membeli di Apotik atau Puskesmas.

  1. Yogurt

Untuk mengatasi diare selanjutnya bisa dengan makan yogurt, karena yogurt dapat membunuh bakteri jahat yang menyebabkan diare. Bakteri baik yang ada dalam yogurt akan membunuh bakteri jahat dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi yogurt diare akan dapat disembuhkan.

  1. Daun jambu biji

Berikutnya bisa menggunakan daun jambu biji untuk mengatasi diare. Daun jambu biji bisa dikonsumsi dengan cara direbus kemudian minum air rebusannya. Daun jambu biji mengandung flavonoid yang dapat mengatasi diare, cairan dalam fases atau tinja dapat dikurangi sedikit demi sedikit oleh zat flavonoid yang terkandung didalam daun jambu biji. Manfaat daun jambu biji untuk obat diare memang sudah sejak dulu digunakan.

  1. Sereal

Selanjutnya bisa dengan mengkonsumsi sereal untuk mengatasi diare. Sereal yang terbuat dari tepung tapioka memiliki manfaat untuk mengatasi diare, karena serat dalam tepung tapioka dapat memadatkan fases atau tinja yang encer pada saat diare.

  1. Pisang

Mengatasi diare yang berikutnya bisa dengan mengkonsumsi pisang. Pisang merupakan buah yang mengandung potasium, potasium tersebut dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang pada saat menderita diare. Pisang juga merupakan buah yang memiliki tekstur lembut, sehingga mudah dicerna dan memberikan rasa nyaman pada perut.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi penyakit diare yang dapat dilakukan. Selain itu juga bisa dengan minum obat diare, namun jika penyakit diare yang diderita tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari dan sudah melakukan pengobatan, maka segera pergi ke dokter guna mendapatkan penananganan dan pengobatan lebih lanjut.

Selain cara mengatasi penyakit diare, ada juga langkah yang tidak kalah penting dari mengobati yaitu dengan melakukan pencegahan. Pencegahan terhadap penyakit diare baik untuk menyembuhkan maupun untuk menghindari dari resiko terserang penyakit diare, karena diare merupakan jenis penyakit yang beresiko menular dan menyebar.

Baca juga : jenis bakteri yang menyebabkan diare

Cara pencegahan terhadap penyakit diare

Pada dasarnya untuk mencegah penyakit diare tergantung pada bagaimana seseorang tersebut dalam menjaga kebersihan makanan dan minuman. Perhatian khusus pada cara dalam mengelola makanan dan minuman dari cara memasak sampai proses penyimpanannya.

Dengan demikian maka akan dapat terhindar dari berkembangnya mikroorganisme, seperti bakteri yang dapat menyebabkan penyakit diare. Maka dari itu, semakin tinggi standar menjaga kebersihan maka semakin kecil pula resiko terserang penyakit diare. Berikut ini ada beberapa langkah pencegahan terhadap penyakit diare yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Selalu mencuci tangan denagn sabun sebelum dan sesudah makan
  • Jauhi atau hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang kebersihannya diragukan
  • Jangan minum air yang belum dimasak atau air mentah atau air keran
  • Usahakan selalu menjaga kebersihan dapur dan kamar mandi
  • Pisahkan makanan yang mentah dengan yang matang
  • Usahakan memilih bahan makanan yang masih segar
  • Simpanlah makanan dan minuman yang terhindar dari paparan sinar matahari
  • Jika makanan dan minuman sudah kadarluasa maka segeralah dibuang
  • Menjaga kebersihan diri Anda sendiri dan lingkungan tempat tinggal Anda

Demikianlah cara mengatasi dan langkah untuk mencegah penyakit diare yang dapat dilakukan. Namun, jika menderita diare berkepanjangan tidak kunjung membaik setelah beberapa hari melakukan pengobatan, maka segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Itulah tips untuk mengatasi dan cara pencegahan terhadap penyakit diare yang dapat dilakukan. Penyakit memang tidak disangka kapan datangnya dan akan menyerang siapa, namun sebaiknya untuk selalu menjaga kondisi kesehatan agar terhindar dari penyakit diare maupun jenis penyakit yang lainnya. Dengan menjaga pola makan yang sehat dan rutin berolahraga senantiasa tubuh akan selalu sehat.

Tips Bagaimana Cara Mengatasi Diare yang Benar dan Efektif | admin | 4.5