Tips Menghilangkan Bau Mulut dengan Daun Mint pada Saat Puasa

By On Wednesday, March 22nd, 2017 Categories : Tips

Tips menghilangkan bau mulut dengan daun mint pada saat puasa dapat digunakan karena daun mint memiliki aroma yang dapat memberikan ketenangan dan segar. Daun mint selain digunakan untuk penambah aroma dalam masakan, juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah bau mulut.

Daun mint memiliki beberapa kandungan yang baik untuk tubuh seperti antioksidan, vitamin, mineral, kalsium dan fosfor. Maka dari itu, manfaat daun mint untuk kesehatan tidak diragukan lagi bahkan dapat digunakan untuk pengobatan, seperti dapat mengatasi masalah bau mulut. Selain itu juga, daun mint memiliki manfaat lain seperti digunakan untuk bahan alat kosmetik dan kecantikan.

Pada saat menjalankan ibadah puasa, tentunya masalah yang berkaitan dengan bau mulut akan terjadi, ini karena kondisi perut yang kosong dan mulut kering. Selain itu juga, banyak kekurangan cairan karena menahan haus dan lapar. Dalam islam sendiri sebenarnya masalah bau mulut pada saat menjalankan ibadah puasa wajar saja, namun bagi sebagian orang akan merasa terganggu. Maka dari itu, untuk menjaga kesegaran mulut pada saat berpuasa bisa memanfaatkan daun mint untuk mengatasi masalah bau mulut yang terjadi.

tips menghilangkan bau mulut dengan daun mint

tips menghilangkan bau mulut dengan daun mint pada saat puasa

Cara menghilangkan bau mulut menggunakan daun mint

Daun mint yang memiliki sensasi segar dapat mengatasi masalah bau mulut. Kandungan yang ada dalam daun mint seperti mengandung zat anti bacterial dan anti inflamasi juga baik untuk menjaga dan merawat kesehatan dalam mulut.

Untuk mengatasi masalah bau mulut, maka ketahui dulu penyebabnya. Biasanya mulut akan timbul bau karena terdapat bakteri yang bersarang pada mulut atau gigi. Ini dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan dalam mulut, sehingga bakteri akan bersarang pada mulut. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh makanan, minuman, dan penyakit.

Cara menghilangkan bau mulut yang efektif dapat menggunakan daun mint, caranya sangat mudah dan efektif. Namun, pada saat sedang menjalankan ibadah puasa sebaiknya dilakukan pada waktu sehabis buka puasa atau sebelum sahur. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau mulut, yaitu :

  1. Mengunyah daun mint

Kunyahlah daun mint ketika mengalami masalah bau mulut, tetapi ketika sedang menjalankan ibadah puasa maka dilakukan sehabis buka puasa atau sehabis makan sahur. Dengan mengunyah langsung daun mint, maka mulut akan merasa segar dan nafas tidak bau lagi. Bakteri juga akan mati dengan mengunyah daun mint, karena kandungan dalam daun mint mampu membunuh bakteri dalam mulut dan juga dapat memberikan sensasi segar.

  1. Menggosok gigi

Rawatlah kesehatan gigi juga, gosok gigi sehari dua kali. Namun pada saat menjalankan ibadah puasa, menggosok gigi sebaiknya dilakukan pada saat sehabis makan buka puasa dan sahur. Gosok gigi lah dengan pasta yang mengandung mint, karena akan memberikan sensasi segar dan akan membunuh bakteri penyebab bau mulut yang terdapat dalam mulut dan gigi.

  1. Berkumur

Pada saat puasa mengalami masalah bau mulut, maka sering-sering untuk berkumur. Didalam islam, berkumur tidak akan membatalkan puasa. Namun jika ragu-ragu, maka berkumur dilakukan pada saat sehabis makan buka puasa dan sahur. Bisa juga berkumur dengan menggunakan obat kumur yang mengandung daun mint. Berkumur dapat menghilangkan sisa makanan yang menempel pada gigi yang menyebabkan tumbuhnya bakteri dan menyebabkan bau mulut.

  1. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung mint

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung mint akan memberikan sensasi segar dan menenangkan. Kandungan yang ada dalam daun mint jika dicampur kedalam masakan atau minuman akan memberikan rasa segar dan berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut. Namun, mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung mint pada saat sedang berpuasa sebaiknya dilakukan ketika makan buaka puasa dan sahur.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan masalah bau mulut pada saat puasa dengan memanfaatkan daun mint. Selain di atas, bisa juga dengan tips mengatasi bau mulut saat puasa dengan menggunakan bahan herbal lainnya.

Ada beberapa bahan herbal yang dapat mengatasi masalah bau mulut seperti mengkonsumsi buah-buahan, mengunyah beras, susu kental manis, teh hijau, kopi hitam, kayu manis, kencur dan masih banyak lagi bahan herbal untuk mengatasi masalah bau mulut. Tetapi jika sedang menjalankan ibadah puasa, jangan lupa untuk melakukannya pada saat sehabis buka puasa dan di waktu sahur.

Baca juga : akibat bau mulut saat puasa

Penyebab bau mulut

Perlu diketahui sebelum mengatasi masalah bau mulut, yaitu dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab bau mulut. Apa saja penyebabnya, yaitu sebagai berikut :

  • Bakteri
  • Penyakit
  • Obat-obatan
  • Kurang merawat kebersihan gigi dan mulut
  • Kekurangan cairan dalam tubuh
  • Makanan dan minuman

Beberapa faktor di atas merupakan penyebab dari masalah bau mulut. Maka dari itu, sebaiknya untuk terhindar dari masalah bau mulut yang membuat tidak nyaman, baik membuat tidak nyaman diri sendiri maupun orang lain, maka rajin-rajinlah menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Namun, untuk kasus masalah bau mulut yang disebabkan oleh suatu jenis penyakit tertentu, maka sebaiknya untuk mengobati terlebih dahulu penyakit tersebut. Gosok gigilah sehari dua kali dan untuk selalu menjaga kebersihan didalam mulut, sehingga masalah yang berkaitan dengan bau mulut tidak akan terjadi terkecuali sedang menderita penyakit tertentu yang menyebabkan bau mulut.

Tips Menghilangkan Bau Mulut dengan Daun Mint pada Saat Puasa | admin | 4.5