Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa yang Efektif

By On Thursday, June 9th, 2016 Categories : Tips

Menghilangkan bau mulut saat puasa bisa dilakukan pada saat sahur dan buka puasa dengan tips yang yang mudah dan efektif, yaitu dengan cara selalu menjaga kondisi kebersihan mulut, rajin menggosok gigi pada saat sehabis makan sahur dan buka puasa.

Saat bulan Ramadhan tiba, seluruh umat islam di dunia menjalankan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan. Pada saat sedang berpuasa, masalah yang muncul seperti bau mulut umum dirasakan oleh setiap orang. Bau mulut terjadi karena disebabkan oleh keadaan perut yang kosong, menahan haus dan lapar pada saat menjalankan ibadah puasa. Maka dari itu, kondisi mulut juga kering karena kurang cairan dan menimbulkan bau.

Penyebab bau mulut lainnya karena kurang menjaga kebersihan kondidi dalam mulut, malas menggosok gigi, dan lain sebagainya. Semua itu bisa diatasi dengan melakukan tips mengatasi bau mulut saat puasa, seperti selalu menjaga kebersihan mulut dan menggosok gigi pada saat sehabis makan sahur dan buka puasa. Tips tersebut akan membantu mencegah timbulnya bau mulut saat sedang berpuasa. Namun, ada bau mulut yang disebabkan karena suatu jenis penyakit, maka cara mengatasinya yaitu dengan mengobati penyakit tersebut.

tips menghilangkan bau mulut saat puasa

tips menghilangkan bau mulut saat puasa yang efektif

Cara menghilangkan bau mulut yang efektif saat puasa

Dengan mengetahui penyebabnya, maka untuk mengatasi masalah bau mulut saat puasa dapat dilakukan. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut yang efektif pada saat sedang menjalankan ibadah puasa, yaitu sebagai berikut :

  1. Menggosok gigi pada saat sahur dan buka puasa

Menggosok gigi seperti biasanya dilakuakan sehari dua kali, yaitu pada saat sehabis makan sahur dan pada saat buka puasa. Dengan menggosok gigi pada saat habis makan sahur dan buka puasa maka kondisi mulut akan selalu bersih dan terjaga dari bau mulut ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

  1. Berkumur sehabis sahur dan buka puasa

Pada saat habis makan sahur sebelum waktu imsak, sebaiknya berkumur terlebih dahulu. Dengan berkumur akan menghilangkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Bisa juga berkumur menggunakan obat kumur agar nafas selalu segar pada saat menjalankan ibadah puasa.

  1. Banyak minum air putih

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa minum air memang membatalkan puasa kita. Namun, kita dianjurkan banyak minum air putih ketika waktu sahur sebelum menjalankan ibadah puasa di pagi hari. Dengan minum cukup air putih, pada saat menjalankan ibadah puasa tidak akan banyak kekurangan cairan didalam tubuh, sehingga mulut juga tidak akan bau dan nafas tetap segar. Minum air putih juga dilakukan ketika sudah buka puasa.

  1. Mengkonsumsi teh hijau

Konsumsilah teh hijau pada saat sahur dan buka puasa. Teh hijau mengandung zat aktif yang dapat membunuh bakteri didalam mulut, dan menghapus gula dari plak sehingga dapat menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

  1. Bersiwak

Umat islam di seluruh dunia pastinya mengenal siwak. Siwak digunakan untuk membersihkan gigi dan lidah. Fungsinya untuk membersihkan juga memperkuat gigi kita. Juga dapat menghilangkan bau mulut. Gunakan siwak pada saat sahur dan buka puasa, juga pada saat menjalankan ibadah puasa. Karena bersiwak tidak membatalkan puasa.

Cara menghilangkan bau mulut secara alami

Ada juga cara untuk menghilangkan masalah bau mulut, yaitu dengan cara alami. Cara menghilangkan bau mulut secara alami dapat dilakukan dengan bahan herbal dan alami. Berikut ini ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan, yaitu :

  • Menjaga mulut tetap lembab

Menjaga kelembaban mulut akan mencegah terjadinya bau mulut. Caranya dengan selalu minum air, karena air dapat meningkatkan kadar air liur didalam mulut. Sehingga mulut akan terjaga kelembabanny dan terbebas dari bau mulut.

  • Mengunyah beras

Ternyata beras dapat menghilangkan bau mulut. Caranya mudah, cukup dengan mengunyahnya maka bau mulut yang disebabkan karena habis memakan makanan yang memicu bau mulut akan hilang. Kunyahlah beras kemudian berkumur dengan air bersih, maka bau mulut akan hilang.

  • Kopi hitam

Kopi hitam dipercaya dapat mengatasi bau mulut. Caranya cukup dengan sedikit kopi hitam bubuk yang baru ditumbuk, kemudian kita makan dan kunyah. Setelah itu bisa berkumur untuk menghilangkan ampas kopinya. Walau rasanya pahit, tapi ampuh mengatasi bau mulut.

  • Mengkonsumsi buah-buahan

Buah yang mengandung vitamin dan kadar air dapat membantu mulut kita terhindar dari bau mulut. Seperti mengkonsumsi jeruk yang kaya akan vitamin C, vitamin C yang terkandung didalam jeruk mampu memenuhi kebutuhan vitamin didalam tubuh kita, sehingga tubuh tidak akan kekurangan cairan. Nanas juga bisa kita gunakan dengan cara di jus. Mengkonsumsi jus jeruk dan nanas sebelum tidur, pada saat bangun tidur akan membuat bangun tidur dengan napas yang segar dan terhindar dari bau mulut.

  • Minum susu kental manis

Susu selain tinggi kalsium, ternyata mampu menghilangkan bau mulut. Caranya mudah sekali, cukup dengan menyeduh susu kental manis dengan segelas air hangat, kemudian kita minum. Maka bau mulut akan hilang setelah meminum susu kental manis.

Baca juga : akibat bau mulut saat puasa

Itulah beberapa tips untuk mengatasi bau mulut saat puasa yang bisa dilakukan. Dengan cara tersebut, maka kita akan terhindar dari bau mulut ketika sedang berpuasa. Bau mulut saat puasa dapat dicegah, kecuali bau mulut yang disebabkan oleh suatu jenis penyakit tertentu.

Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa yang Efektif | admin | 4.5